Benarkah Proses Penuaan Mulai Terjadi pada Anda? Kenali Tanda-Tanda penuaan Berikut Ini

by - October 08, 2017

Blog dr.Dini - Setelah usia 30 tahun, kondisi tubuh kita akan semakin menurun secara fisik dan psikis. Kondisi fisik yang menurun terkait penurunan fungsi beberapa organ seperti fungsi organ penglihatan, penciuman, pendengaran, pengecap, dan peraba, termasuk gigi, mulut, kaku, tangan, dan rambut.



Sedangkan kondisi psikis yang menurun setelah usia kita 30 tahun terkait dengan kondisi yang melibatkan hati dan pikiran.

Namun, meskipun usia 30 tahun sering disebut-sebut sebagai usia di mana proses penuaan mulai terjadi, nyatanya semakin banyak orang yang mulai mengalami proses penuaan ketika menginjak usia 25 tahun. Hal ini berkaitan dengan tingkat stres yang dialami individu tersebut.

Menjadi tua adalah akumulasi dari hilangnya atau berkurangnya kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. Menjadi tua juga berarti bahwa sistem kekebalan tubuh menurun sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Karena proses penuaan tidak berlangsung secara tiba-tiba, kita bisa melakukan berbagai usaha untuk menghambat proses penuaan, meskipun kita tidak bisa menghentikannya secara total.

Secara garis besar, terdapat 3 fase proses penuaan.

Apa saja 3 fase proses penuaan tersebut?

Proses penuaan terbagi menjadi 3 fase sebagai berikut.


1. Fase Subklinik Proses Penuaan


Fase subklinik proses penuaan ini mulai terjadi pada saat kita berusia 25 tahun sampai 35 tahun. Saat mencapai usia ini, produksi berbagai hormon seperti hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi (hormon testosteron dan hormon estrogen) mulai berkurang sebesar 14%.

Hal ini akan memicu timbulnya kerusakan DNA sel-sel tubuh akibat terakumulasinya radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas bisa berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, tingkat stres yang tinggi, dan polusi udara.

Dengan terakumulasinya radikal bebas dalam tubuh, penurunan kinerja organ tubuh juga menurun. Namun, proses penuaan yang terjadi pada fase subklinik ini belum berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

2. Fase Transisi Proses Penuaan


Fase transisi mulai terjadi pada usia 35-45 tahun. Pada fase transisi, produksi hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi berkurang sebanyak 25% sehingga gejala penuaan mulai terlihat pada tubuh bagian luar.

Gejala penuaan yang mungkin saja terlihat pada usia 35-45 tahun yaitu fungsi organ penglihatan yang mulai menurun sehingga memerlukan kacamata, pendengaran berkurang sampai tuli, rambut beruban, kulit mulai tampak garis-garis halus, dsb.

3. Fase Klinik Proses Penuaan


Fase klinik disebut juga sebagai fase puncak penuaan. Fase klinik proses penuaan ini akan terjadi saat kita mencapai usia 45 tahun ke atas.

Pada fase klinik, hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi hanya tinggal sedikit atau bahkan terhenti sama sekali. Pada saat ini wanita akan mengalami menopause, sedangkan laki-laki mengalami andropause.

Gejala penuaan pada fase klinik sudah tampak dari luar. Gejala penuaan seperti kulit mulai kendur dan keriput, rambut memutih secara merata, gigi mulai ompong, perut membuncit, dsb.

Adapun gejala penuaan dari dalam tubuh adalah tubuh mulai melemah, otot-otot mulai kendur, tulang-tulang menjadi rapuh, dan kinerja otak mulai menurun sehingga menjadi sering lupa.

Selain itu, penyakit degeneratif seperti osteoporosis, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung koroner dapat menyerang sewaktu-waktu.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa penuaan tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan berproses terlebih dahulu. Sehingga kita bisa melakukan berbagai upaya untuk memperlambat proses penuaan sampai selambat-lambatnya dengan memperbaiki gaya hidup sehat.

Karena ternyata penuaan itu terjadi akibat pengaruh gaya hidup sebesar 70%, sedangkan pengaruh genetik hanya sebesar 30%.

Menjadi tua adalah proses alami yang pasti akan dialami semua individu. Menjadi tua hampir sama kepastiannya dengan kematian.

Akan tetapi perbedaan antara proses penuaan dan kematian adalah terletak pada waktu. Kematian datang tanpa bisa diketahui waktunya dan kita tidak bisa memperlambatnya. Tetapi menjadi tua itu waktunya bisa diketahui sehingga kita bisa memperlambatnya sebisa mungkin.

Proses penuaan sendiri merupakan suatu tahap alami kehidupan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, tua, hingga lanjut usia.

Meski kita semua tau bahwa akhirnya kita akan mengalami proses penuaan, sebagian dari kita menganggap menjadi tua adalah sesuatu yang menakutkan, khususnya untuk kaum hawa. Karena menjadi tua identik dengan jelek.

Semua hal yang menjauhkan kaum hawa dari kecantikan, sudah pasti membuat kaum hawa menjadi tidak percaya diri. Itulah sebabnya mengapa wanita melakukan berbagai upaya untuk dapat mengantisipasi proses penuaan meskipun kita tidak bisa benar-benar melawan penuaan.

Nah, benarkah proses penuaan mulai terjadi pada Anda?

 

Untuk mengetahui apakah proses penuaan benar-benar sudah mulai terjadi pada Anda, mari kita kenali tanda-tanda penuaan berikut ini, yuk. 


1. Tanda-Tanda Penuaan : Penurunan Fungsi Otak


Pikun adalah ciri khas orang yang sudah mulai menua. Namun, ternyata pada usia yang lebih muda juga bisa saja mengalami sering lupa. Itu artinya proses penuaan bisa saja terjadi pada usia yang lebih muda akibat tingkat stres yang tinggi.

2. Tanda-Tanda Penuaan : Kuku kusam


Meski tidak terlalu diperhatikan, ternyata kuku juga bisa mengalami perubahan ketika kita menua. Kuku akan tampak kusam, berwarna coklat atau kehitaman, dan terasa keras saat akan dipotong.

3. Tanda-Tanda Penuaan : Tulang rapuh

 

Seiring dengan bertambahnya usia, tulang akan mulai mengalami pengeroposan. Tulang akan sangat rapuh dan mudah patah ketika tulang sudah mengalami osteoporosis.

Cairan sendi juga akan berkurang ketika proses penuaan mulai terjadi sehingga persendian akan mudah mengalami nyeri, ngilu, dan sulit untuk bergerak, terutama setelah melakukan banyak aktivitas yang cukup lama.

Tulang belakang juga bisa mengalami osteoporosis dan memperlihatkan gambaran tulang belakang yang membungkuk atau melengkung ke depan.

4. Tanda-Tanda Penuaan : Perubahan Gigi 

 

Perubahan pada gigi bisa juga menjadi salah satu tanda penuaan.

Salah satu tanda penuaan pada gigi adalah terkikisnya email gigi. Keadaan ini disebut juga sebagai gigi sensitif.

Saat gigi Anda terasa ngilu saat mengkonsumsi makanan tertentu, bisa jadi itu disebabkan karena terkikisnya email gigi. Terkikisnya email gigi itu bisa terjadi karena proses penuaan.

Jika email yang terkikis tsb semakin dalam, gigi akan semakin mudah mengalami keropos atau tanggal (ompong).

5. Tanda-tanda penuaan :  Presbiopia


Penurunan fungsi mata juga terjadi saat proses penuaan dimulai. Presbiopia adalah penurunan fungsi mata yang disebabkan karena proses penuaan. Biasanya pada presbiopia, seseorang akan membutuhkan kacamata baca.

6. Tanda-tanda penuaan : Perubahan Kulit


Tanda-tanda penuaan yang paling mudah dikenali adalah kulit yang keriput, kulit kendur, pori-pori kulit membesar, warna kulit berubah menjadi kusam, mulai timbul flek-flek hitam, adanya lingkaran hitam pada mata, dan adanya penumpukan lemak bawah kulit.

7. Tanda-tanda penuaan : Perubahan Rambut


Tanda-tanda penuaan pada rambut yaitu rambut yang mudah rontok, rambut tampak semakin menipis, rambut kering, rambut kusam, rambut kusut dan sulit diatur, rambut kasar, rambut rapuh, dan rambut rusak.

Inilah artikel Benarkah Proses Penuaan Mulai Terjadi pada Anda? Kenali Tanda-Tanda penuaan Berikut Ini.

Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda boleh berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah berarti say udah mulai2 masa2 penuaan nih...
    Btw mbak, kalau pakai krim2 pagi dan malam buat wanita di atas 30 tahun apakah akan membantu ya buat kulit? TFS

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.