Sayuran Ini Bisa Membuat Anda Awet Muda

by - September 29, 2017

Blog dr.Dini - Siapa sih yang tidak mau menjadi awet muda? Pasti Sahabat juga mau kan ya untuk tetap awet muda. Awet muda dalam artian bukan hanya tentang penampilan luar saja yang tampak cantik dan prima, namun juga tentang kesehatan yang tetap terjaga baik walaupun usia sudah menuju senja.

sayuran anti aging, anti aging vegetables


Memang menjadi selamanya awet muda adalah impian belaka yang mungkin tidak akan dapat terwujud. Namun, kita bisa kok mewujudkan impian kita untuk memperlambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Timbulnya kerutan kulit, fungsi organ yang menurun, timbulnya uban, bisa kita perlambat atau kita minimalisir dengan pola hidup sehat, terutama mengenai pilihan Anda terhadap makanan apa yang akan Anda makan.

Makanan yang bisa membuat Anda awet muda adalah jenis makanan yang banyak mengandung enzim yang diperlukan tubuh seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi buah dan sayur dengan segera setelah dipetik dari pohonnya dalam keadaan mentah.

Makan sayur-sayuran mentah tanpa dimasak terlebih dahulu ternyata lebih baik karena enzim yang terdapat dalam sayuran mentah tetap utuh.

Apa saja sayuran mentah yang bisa membuat Anda awet muda?

Inilah sayuran yang bisa membuat Anda awet muda.


1. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda : Bit


Bit (beet roots) adalah jenis umbi-umbian yang berwarna merah keungu-unguan. Warna merah keunguan ini berasal dari pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin.

Khasiat bit untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Bit mengandung senyawa folat dan kalium yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Meskipun bit adalah sejenis umbi-umbian, tapi bit sering dimasak sebagai sayur. Namun, jika Anda ingin mendapat enzim secara utuh dari bit, lebih baik makan bit secara mentah karena sebenarnya bit jika terkena suhu panas, nutrisinya akan hilang sebanyak 30%.

Memang bit rasanya kurang enak jika dimakan secara mentah. Tapi Anda bisa menyiasati rasanya dengan mengolah bit mentah menjadi jus, campuran rujak, atau campuran salad.

2. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Brokoli


Brokoli tentu sudah tidak asing bagi Sahabat. Brokoli mengandung protein, kalsium, kalium, vitamin C, dan Sulforaphane.

Dengan beberapa nutrisi yang terkandung dalam brokoli tersebut, brokoli memiliki manfaat memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kanker, dan melawan penuaan dini.

Dalam jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry dikatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi brokoli mentah mampu menyerap senyawa Sulforaphane lebih banyak dan lebih cepat ketimbang memasaknya terlebih dahulu.

3. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Bawang Bombay


Mengerikan mungkin saat kita membayangkan makan bawang bombay mentah? Tapi makan bawang bombay mentah sepertinya boleh juga kita coba mengingat manfaatnya yang besar.

Bawang bombay mentah mengandung senyawa alicin yang bermanfaat mencegah kanker, mencegah tekanan darah tinggi, dan meningkatkan fungsi jantung.

Bawang bombay mentah juga bisa ditambahkan dalam menu makanan jika Anda sedang menjalani program diet karena bawang bombay mentah mampu menekan rasa lapar.

Cara mengkonsumsi bawang bombay mentah adalah dengan mengirisnya tipis-tipis dan mencampurkannya dengan salad atau lalapan.

4. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Bawang putih


Selain bawang bombay, bawang putih juga mempunyai sifat anti aging yang bisa memperlambat proses penuaan dini.

Bawang putih juga lebih baik dikonsumsi secara mentah karena kandungan alicin yang terkandung di dalamnya masih tetap utuh jika dibandingkan dengan memasaknya terlebih dahulu.

Saat memakan bawang putih mentah, kandungan alicinnya juga lebih banyak, dan berfungsi untuk melawan efek radikal bebas yang bisa memicu terjadinya penyakit kanker.

Selain fungsinya sebagai anti kanker, makan bawang putih mentah bermanfaat juga untuk meredakan penyakit batuk, sakit tenggorokan, dan penyakit hiperkolesterolemia.

5. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Kubis


Kubis mengandung nutrisi penting pencegah kanker. Kubis mengandung zat antioksidan dan enzim yang sangat tinggi apabila dikonsumsi secara mentah. Kubis memiliki rasa yang enak sehingga biasa disajikan secara mentah sebagai lalapan.

Kubis mentah juga berfungsi menghilangkan gas berlebihan dalam lambung. Bila Anda menyukai lalapan, maka makan kubis mentah menjadi sangat mengasyikan di samping menyehatkan dan membuat awet muda.

Kubis ungu lebih baik daripada kubis putih karena mengandung lebih banyak antioksidan.

6. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Seledri


Sahabat, seledri bukan hanya digunakan sebagai pelengkap ketika kita membuat sup atau mie goreng, ternyata seledri sangat baik juga dikonsumsi secara langsung baik dijus atau dimakan begitu saja, mentah-mentah.

Seledri mudah dicerna karena seledri memiliki kandungan air dan mineral yang cukup banyak. Seledri juga sangat baik untuk fungsi pencernaan. Sayang sekali jika melewatkan seledri sebagai sayuran yang bisa membuat awet muda.

7. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Selada


Kandungan vitamin A dalam selada membuat selada dapat mempercantik kulit dan mencegah penuaan. Bonusnya lagi, selada bisa meningkatkan kesuburan. Bagi Sahabat yang ingin segera memiliki momongan lagi, selada boleh juga dimasukkan dalam menu.

Selada biasanya disajikan sebagai hiasan masakan atau bisa juga dimakan sebagai lalapan. Rasanya yang enak membuat selada sangat dinantikan ketika kita akan mengkonsumsi salad sayur.

8. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Mentimun


Sayuran satu ini sangat mudah dijumpai di mana saja di Indonesia. Mentimun sering dijadikan lalapan, salad, acar, rujak, dan penghias makanan di restoran. Karena selain penampakannya yang cantik, mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Mentimun bisa membuat awet muda karena mentimun mengandung beberapa senyawa seperti flavonoid, beta-karoten, vitamin C, quercetin, luteolin, apegenin, dan kaempferol.

Karena kandungan tersebut mentimun bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker, pencegah penyakit jantung, dan mempercantik wajah.

9. Sayuran yang bisa membuat Anda awet muda: Paprika Merah


Paprika merah mengandung banyak vitamin C, vitamin E, vitamin B6, magnesium, dan antioksidan. Sayangnya, jika paprika merah dimasak, berbagai kandungan menakjubkan tadi akan rusak. Oleh karena itu, lebih baik kita mengkonsumsi paprika merah secara mentah.

Sahabat, memang mengkonsumsi sayuran mentah itu lebih baik daripada sayuran matang karena seluruh kandungan nutrisi dan enzim yang terdapat dalam sayuran masih utuh secara menyeluruh.

Tetapi, faktor kebersihan sayuran juga harus benar-benar diperhatikan sebelum memakannya secara mentah. Cuci bersih sayuran secara teliti dan perlahan agar pestisida yang ada dalam sayur bisa luntur seluruhnya.

Inilah 5 Sayuran ini Bisa Membuat Anda Awet Muda . Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda boleh berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.