Makanan Awet Muda

by - September 05, 2017

DokterDini.com - Sahabats, kita sering mendengar kalau untuk bisa awet muda, kita harus bisa mengontrol hati dan pikiran kita. Hati dan pikiran yang jauh dari stres akan membuat kita awet muda.


Image Source : www.pixabay.com

Awet muda memang bersumber dari hati dan pikiran kita sendiri. Awet muda adalah tentang bagaimana kita bisa mengontrol emosi dan mengendalikan pikiran kita saat kita menghadapi segala permasalahan yang ada.

Menjadi awet muda adalah bagaimana kita bisa mengembangkan persepsi kita dari kekhawatiran terhadap suatu problem menjadi suatu optimisme. Dan, memang! Punya pikiran yang positif itu bisa membuat kita awet muda.

Mengapa?

Karena saat kita mempunyai pikiran yang positif terhadap problem seberat apapun, kita sedang meredakan stres pada hati dan pikiran kita. Stres inilah yang bisa mempercepat proses penuaan dan memicu timbulnya penuaan dini.

Akan tetapi, hati dan pikiran kita bukanlah satu-satunya faktor yang bisa membuat kita awet muda. Mempunyai hati dan pikiran yang tenang jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, tidaklah cukup untuk membuat kita awet muda.

Gaya hidup sehat yang bisa membuat awet muda, yang paling utama adalah tentang makanan yang sehat.

You are what you eat!

Saya setuju sekali dengan ungkapan tersebut, bahwa Anda adalah apa yang Anda makan.
Jika Anda mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh Anda akan mampu mengurangi stres internal dan stres eksternal.

Stres internal adalah apa yang ada dalam diri Anda seperti keadaan stres saat perubahan hormon, termasuk saat Anda tidak mampu untuk mengendalikan hati dan pikiran ketika problematika datang.

Sedangkan stres eksternal adalah apa yang ada di luar diri Anda yang ternyata mampu menimbulkan stres pada diri Anda, baik disadari atau tidak disadari.

Faktor stres eksternal yang bisa mempercepat penuaan adalah sinar matahari, polusi, paparan zat kimia, paparan kosmetik, dan makanan yang tidak sehat.

Sekarang, cobalah kita mulai dari hal yang paling mudah dan mendasar terlebih dahulu jika ingin awet muda, yaitu tentang makanan yang Anda makan sehari-hari.

Apakah Anda sudah memilih makanan yang tepat untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari?

Ingat! Makanan yang mampu menunjang aktivitas Anda sehari-hari belum tentu bisa menunjang kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Bagaimana bisa awet muda jika makanan yang Anda makan tidak bisa memelihara kesehatan tubuh dan jiwa Anda.

Lalu, makanan apa yang bisa membuat awet muda?


Saat ini, banyak praktisi yang mengklaim makanan awet muda yang bisa memperlambat proses penuaan. Tetapi, pada dasarnya, makanan awet muda adalah makanan sehat.

Dokter Hiromi Shinya, seorang Dokter asal negara Jepang, memiliki teori bahwa rahasia kesehatan tubuh manusia bersumber dari makanannya.

Jadi, tidak akan maksimal hasil yang didapat, saat Anda melakukan berbagai macam treatment untuk merawat kesehatan dan kecantikan agar awet muda, jika Anda tidak membenahi apa yang paling mendasar, yaitu makanan.

Anda boleh saja melakukan berbagai perawatan kecantikan agar terlihat awet muda seperti facial, dermaroller, mikrodermasi, peeling, atau metode perawatan kecantikan lain yang harganya aduhai seperti laser, tetapi lupa untuk memilih makanan awet muda yang bisa membantu Anda dari dalam.

Jika Anda, mengkonsumsi makanan awet muda, maka bukan hanya penampilan Anda saja yang terbantu tetapi kesehatan tubuh dan jiwa Anda juga akan terbantu.

Dengan mengkonsumsi makanan awet muda, diharapkan Anda bisa hidup sehat, cantik, awet muda, dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Meskipun, umur itu adalah rahasia Tuhan, tetapi kita sebagai manusia patut melakukan hal terbaik, terutama terhadap diri sendiri.

Jadi, mulailah beralih dari makanan yang tidak sehat ke makanan awet muda!


Makanan junkfood sekarang merajalela, di mana-mana. Semakin banyak orang yang mengkonsumsi makanan junkfood, semakin banyak pula orang yang meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Memang, bukan hanya makanan junkfood saja yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit kanker, tetapi makanan adalah faktor risiko penyakit kanker yang sering kita tidak sadari.

Seiring dengan gaya hidup metropolitan yang sarat akan kesibukan, maka makanan junkfood pun seolah sulit untuk dihindari.

Padahal, coba Anda bayangkan, makanan yang telah lama diolah dan dibumbui sedemikian rupa dengan penyedap rasa buatan, dan mampu untuk bertahan lama untuk disimpan dalam lemari es , lalu kita makan lagi, apakah nilai gizinya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Mungkin, benar, jika makanan seperti itu masih bisa memenuhi kebutuhan energi kita untuk bekerja, tapi untuk menjadi sehat dan awet muda, makanan junkfood is big No No.

Anda bisa membawa bekal makanan awet muda dari rumah atau memesan katering makanan sehat, untuk beralih dari makanan yang tidak sehat ke makanan awet muda.

Seperti apa sih, makanan awet muda itu?


Makanan awet muda adalah makanan sehat yang benar-benar organik, segar, berasal dari tanah dan bukan hasil pengolahan pabrik, banyak mengandung serat, yang mampu memenuhi kebutuhan enzim dalam tubuh kita.

Karena tubuh manusia memerlukan berbagai macam enzim untuk bisa memperbaiki diri dari berbagai faktor internal dan eksternal yang merusak tubuh dan mempercepat proses penuaan, maka kita perlu mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung enzim.

Kekurangan enzim dalam makanan bisa membuat proses metabolisme tubuh kita tidak berfungsi secara optimal. Dan saat, sistem organ tubuh kita tidak bekerja sebagaimana mestinya, kita jadi gampang jatuh sakit.

Disamping bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, kekurangan enzim dalam makanan juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan, seperti rasa mual dan  kehilangan nafsu makan.

Jika pencernaan sudah terganggu, biasanya akan muncul problem pada kulit kita, seperti kulit menjadi kering, kusam, berjerawat, mudah timbul kerutan, dan flek hitam.

Selain itu, ada beberapa gangguan kesehatan lainnya yang bisa kita alami saat tubuh kita kekurangan enzim.

Gangguan kesehatan yang bisa kita alami saat tubuh kita kekurangan enzim dari makanan sehat adalah sbb.
  1. Gangguan pencernaan lain seperti sembelit, diare, kembung, sering bersendawa, nafsu makan berkurang, perut sering berbunyi seperti kelaparan, sering buang angin,
  2. Gangguan psikologis seperti mudas cemas (anxietas), murung, mudah sedih, mudah marah, mudah stres,
  3. Gangguan saraf dan otot seperti nyeri pada otot, tubuh mudah letis, lemas, dan
  4.  lain-lain.
Semua gangguan kesehatan dan penyakit sangat erat hubungannya dengan makanan apa yang kita makan. Jadi, tetaplah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak enzim untuk bisa tetap sehat dan awet muda.

Begitu banyak makanan sehat yang banyak mengandung enzim yang bisa Anda konsumsi, mengapa memilih makanan yang seharusnya tidak Anda makan. 

Perlu Anda ketahui, jika Anda hanya mengkonsumsi makanan awet muda yang banyak mengandung enzim, yaitu makanan sehat yang organik, segar, berserat, berasal dari tanah, dan tanpa pengolahan pabrik, maka bukan hanya kesehatan saja yang kita dapatkan, tetapi wajah bersih, halus, cantik, dan awet muda juga bisa kita miliki.

Saat Anda mengkonsumsi makanan berenzim, Anda dapat menjaga kesehatan, kecantikan, dan akan tetap awet muda, meski usia Anda bertambah, dengan catatan, Anda harus bisa mengendalikan hati dan pikiran Anda untuk tetap jauh dari stres.

Apa saja makanan awet muda yang banyak mengandung enzim?


Makanan awet muda yang paling banyak mengandung enzim adalah buah dan sayur. Makanan berenzim selain buah dan sayur adalah ikan dan daging, tetapi tidak sebanyak enzim yang terdapat dalam buah dan sayur.

Konsumsilah buah dan sayur setiap hari secara rutin.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari secara rutin, kesehatan Anda akan terjaga, penampilan akan awet muda, serta harapan hidup memanjang.

Buah dan sayur adalah makanan awet muda yang paling banyak mengandung enzim dikarenakan dalam buah dan sayur terdapat berbagai zat antioksidan yang bisa melawan bahaya dari radikal bebas.

Radikal bebas bisa terbentuk dari tubuh kita sendiri akibat proses metabolisme tubuh atau dari lingkungan seperti polusi udara, dll.

Radikal bebas bisa merusak sistem kekebalan tubuh, menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, penyakit, mempercepat penuaan, dan mempercepat kematian sel-sel tubuh.

Oleh karena itu, kita sangat memerlukan zat antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayur. Antioksidan terbanyak yang terdapat dalam buah dan sayur adalah vitamin C, vitamin E, Selenium, dan Beta-karoten.

Buah dan sayur seperti apa yang termasuk makanan awet muda?


Dr.Hiromi Shinya menyarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur sebagai makanan awet muda, dengan kriteria sbb.

1. Pilihlah buah dan sayur yang tumbuh di tanah yang subur,
2. Buah dan sayur ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia (organik), dan
3. Buah dan sayur segera dikonsumsi setelah dipanen.

Jadi, lebih baik buah dan sayur segera dikonsumsi setelah dipetik. Karena, semakin segar buah dan sayur, akan semakin banyak enzim yang dikandungnya.

Buah dan sayur yang tidak langsung dikonsumsi atau dibiarkan selama beberapa hari setelah dipetik akan semakin berkurang enzimnya, karena buah dan sayur yang tidak segera dimakan akan mengalami proses oksidasi.

Singkatnya, proses oksidasi ini terjadi ketika suatu zat bersinggungan dengan oksigen. Makanan yang sudah teroksidasi akan membentuk radikal bebas yang ikut termakan dengan buah dan sayur yang kita makan.

Alih-alih makan buah dan sayur agar tetap sehat dan awet muda, malah radikal bebas yang ikut termakan.

Jika jumlah radikal bebas dalam tubuh ini semakin banyak, sel tubuh akan rusak, Anda gampang sakit, dan harapan hidup memendek.

Jadi, buah dan sayur juga tidak bisa lama-lama disimpan dalam kulkas ya, Sahabats. Sebaiknya setelah kita beli, langsung kita konsumsi saja.

Pilihlah buah dan sayur yang segar. Lebih baik belanja buah dan sayur di pasar tradisional atau membelinya langsung dari penanamnya.

Segini dulu ya, Sahabats, bahasan kita tentang makanan awet muda. Next, Saya posting lagi tentang makanan awet muda apa saja yang mudah kita temukan.

Inilah artikel tentang Makanan Awet Muda. Terima kasih atas kunjungan Anda..

Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :













You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.