Bercak Putih pada Mulut Bayi

by - June 14, 2017

Blog dr.Dini - Bercak putih pada mulut bayi sering terjadi. Bercak putih pada mulut bayi yang sulit dibersihkan biasanya disebabkan karena jamur Candida Albicans. Selain, bercak putih pada mulut bayi yang sulit dibersihkan, jika penyebab bercak putihnya karena jamur, biasanya terjadi bersamaan dengan sariawan. 

bercak putih mulut bayi, kandidiasis oral, oral thrush
Image Source : wikimedia.org

Keadaan di mana terdapat bercak putih pada mulut bayi dan sariawan (biasanya lebih dari satu) disebut dengan oral thrush, atau karena penyebabnya jamur Candida Albicans, disebut kandidiasis oral.

Oral thrush  adalah infeksi jamur Candida Albicans yang disamping sering terjadi pada mulut bayi, dapat juga terjadi pada area popok bayi, yang dikenal dengan sebutan diaper rash.

Infeksi jamur Candida Albicans juga bisa terjadi di area puting susu akibat ibu menyusui tidak membersihkan dan mengeringkannya setelah menyusui bayinya.

Dan juga infeksi jamur Candida Albicans bisa terjadi juga di organ vital wanita atau area V. Infeksi jamur Candida Albicans yang terjadi pada area V biasanya kita kenal dengan sebutan kandidiasis vagina.

Sebetulnya jamur Candida Albicans secara normal terdapat pada tubuh kita. Dalam jumlah koloni yang normal, jamur Candida Albicans akan terpelihara keseimbangannya dalam tubuh kita dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.
Namun, adakalanya keadaan tubuh kita menyebabkan keseimbangan jamur Candida Albicans terganggu. Akibatnya, jumlah koloni jamur Candida Albicans bisa bertambah sangat banyak melampaui batas normal, sehingga bisa menimbulkan gangguan berupa infeksi jamur Candida Albicans, atau kandidiasis.

Salah satu keadaan yang bisa mengganggu keseimbangan jamur Candida Albicans dalam tubuh kita adalah konsumsi antibiotika yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, penyakit degeneratif kronis seperti diabetes melitus, atau kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik.

Pada bayi, infeksi jamur Candida Albicans yang sering terjadi pada mulut, biasanya dipicu karena kebersihan area mulut bayi yang kurang terjaga. Seperti ketika bayi selesai minum susu, terutama susu formula, sisa susu akan mudah menempel pada dinding mulut, gusi, bibir, dan langitan mulut.

Jika tidak dibersihkan dengan cara memberikan bayi sedikit air putih setelah diberikan susu, maka sisa susu tadi akan mengganggu keseimbangan koloni jamur Candida Albicans dalam mulut. Akhirnya jumlah jamur Candida Albicans bertambah banyak dan menyebabkan kandidiasis oral.

Jadi, jamur Candida Albicans memang normalnya ada dalam tubuh kita. Yang menyebabkan terjadinya infeksi adalah ketidakseimbangannya.
Penyebab kandidiasis oral ini sering terjadi pada mulut bayi, karena  jamur Candida albicans yang merupakan mikroorganisme (flora) yang terdapat pada setiap manusia normal.

Jamur ini terjaga keseimbangannya beserta mikroorganisme yang lain di dalam tubuh kita sehingga tidak menimbulkan gejala, dalam hal ini sariawan yang nyeri dan disertai bercak keputih-putihan.

Dalam suatu keadaan misalnya keadaan dengan kelembaban berlebihan (basah dan kotor), jamur ini dapat membuat populasi jamur ini berlebihan dan keseimbangan flora normal dalam tubuh kita tidak terjaga, sehingga keberadaan jamur Candida albicans ini yang tadinya tidak menimbulkan gejala dalam tubuh kita menjadi bergejala.

Pada bayi, kandidiasis oral ini tidak menular karena infeksi jamur yang terjadi berasal dari dalam dirinya sendiri.

Namun, terjadinya kandidiasis oral pada mulut bayi bisa karena tertular dari area puting susu ibu tidak bersih atau terdapat flora normal yang tidak seimbang, karena ibu tidak membersihkan dan mengeringkannya setiap kali menyusui. Ketika hendak menyusui bayi lagi dalam keadaan yang sudah tersedia jamur Candida albicansnya.

Pada bayi yang meminum susu formula, lebih baik memberikan air putih setelah selesai minum susu. Hal ini berguna untuk mencegah suasana mulut bayi menjadi lengket dan memudahkan flora normal di dalamnya menjadi tidak seimbang.

Sedangkan pada bayi baru lahir, penyebab terjadinya kandidiasis oral itu karena dalam proses melahirkan normal, bayi terpapar dengan jamur tersebut pada saat melalui jalan lahir (vagina), karena pada saat hamil sang ibu mengalami keputihan yang gatal dengan cairan keputih-putihan, yang diabaikan sang ibu (tidak diobati).

Maka, perlu diperhatikan kesehatan organ intim terutama saat hamil. Bila anda merasa ada yang bermasalah dengan organ intim anda, dalam hal ini keputihan yang gatal, berbau, dan bercak keputih-putihan (normal bening), segera konsultasikan hal ini dengan dokter obgyn anda.

Bercak putih pada mulut bayi jangan diremehkan begitu saja tanpa pengobatan. Karena bercak putih pada mulut bayi akibat infeksi jamur Candida Albicans ini bisa sangat tidak nyaman bagi bayi.

Lama kelamaan Kandidiasis oral akan menyebar sampai ke tenggorokan bayi jika tidak segera diobati, dan menyebabkan rasa sakit menelan.

Segera konsultasikan pada Dokter Anak Anda jika Anda melihat bercak putih pada mulut bayi Anda yang sulit untuk dibersihkan agar bayi Anda segera mendapat pengobatan. 

Biasanya Dokter akan meresepkan obat jamur yang diteteskan pada bercak putih pada mulut bayi Anda, akibat terkena jamur. Dokter juga akan memberikan resep obat probiotik untuk mengembalikan keseimbangan jamur Candida Albicans dalam tubuh bayi Anda.

Jangan lupa bersihkan dan sterilkan botol susu atau dot susu bayi Anda dalam rebusan air mendidih agar sisa susu yang menempel pada botol susu atau dot bisa bersih sempurna dan aman dari sisa susu yang bisa menjadi media berkembang biaknya jamur Candida albicans.

Bersihkan juga seluruh mainan bayi dengan air dan sabun mengingat bayi suka sekali memasukan berbagai mainan ke dalam mulutnya.







You May Also Like

1 komentar

  1. Dulu adik saya waktu bayi juga mengalami penyakit ini. Untung bunda langsung sigap ke dokter untuk diobati, jadinya cepet sembuhnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.