Tanda Anda Terserang Penyakit Demam Berdarah Dengue

by - May 28, 2017

Blog dr.Dini - Sesuai namanya, penyakit demam berdarah dengue, pastinya setiap orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami demam. Tapi, pertanyaannya adalah bisakah gejala demam
dijadikan patokan sebagai tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue?


demam, demam berdarah dengue

Saat Anda mengalami demam yang tidak segera turun setelah beberapa hari meskipun Anda sudahmeminum obat penurun panas, mungkin saja Anda akan berpikir bahwa demam yang Anda alami adalah bukan demam biasa.

Demam yang tak kunjung hilang selama beberapa hari sering dihubungkan dengan penyakit demam berdarah dengue atau demam tifoid, meskipun bukan hanya penyakit demam berdarah dengue dan penyakit tifoid saja yang bisa menimbulkan keluhan demam.

Demam adalah suatu reaksi kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang mengganggu kesehatan, bisa karena infeksi, ketidakseimbangan hormon, trauma, radang, atau tumor/keganasan. Demam juga bisa dikaitkan dengan reaksi tubuh terhadap obat-obatan, misalnya antibiotika.

Jadi, demam itu sendiri bukanlah suatu penyakit. Demam seperti sebuah alarm tubuh yang menandakan bahwa sedang terjadi sesuatu di dalam tubuh kita.

Lalu, jika demam bukanlah suatu tanda utama dari penyakit demam berdarah dengue dan tidak bisa dijadikan patokan diagnosa penyakit demam berdarah dengue, bagaimana cara agar Anda mengetahui tanda-tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue?

Inilah tanda-tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue yang patut Anda ketahui.

 

Tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue adalah demam yang Anda alami terjadi dan semakin meningkat secara tiba-tiba. Demam yang meningkat begitu saja disertai dengan nyeri kepala yang hebat terutama di area sekitar mata.

Tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue juga bisa diketahui saat Anda tiba-tiba mudah sekali mengalami perdarahan seperti gusi berdarah, bercak bintik-bintik merah bawah kulit, buang air besar berdarah, mimisan, dan muntah yang disertai darah.

Selain itu, gejala nyeri otot, nyeri perut, diare, yang menyertai demam dan tanda perdarahan, juga bisa merupakan tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue.

Dasar kelainan Demam Berdarah Dengue adalah reaksi Antigen-Antibodi yang mengakibatkan vaskulopati, trombositopenia, koagulopati, dan perubahan imunitas humoral dan seluler.

Trombositopenia adalah keadaan di mana jumlah trombosit dalam darah Anda kurang dari normal. Trombositopenia juga merupakan salah satu tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue.

Cara untuk mengetahui trombositopenia yaitu Anda harus melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengecek keadaan darah lengkap, namanya cek darah lengkap atau DL. .

Saat Anda terserang penyakit demam berdarah dengue, Anda juga akan mengalami mata merah (injeksi konjungtiva), mata sering berair (lakrimasi), dan tiba-tiba Anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau merasa silau ketika melihat ke luar rumah (fotopobia).

Berikut adalah daftar tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue.

Ini adalah tanda klinis yang penting pada Demam Berdarah Dengue.
  1. Injeksi konjungtiva, lakrimasi, fotopobia,
  2. Nyeri tekan pada otot-otot,
  3. Eksantema pada kulit (initial and terminal Rash),
  4. Kurva suhu bifasik- saddle back fever ( Suhu tubuh tinggi selama 3-7 hari, setelah itu demam hilang beberapa jam sampai 2 hari, lalu demam kembali),
  5. Lidah kotor,
  6. Perdarahan kulit (petekia, purpura, ekimosis),
  7. Perdarahan saluran hidung mimisan/epistaksis, melena, hematemesis,
  8. Hepatomegali (pembesaran hati) yang bisa teraba di bagian perut kanan atas, dan
  9. Tanda-tanda syok (tensi rendah dan nadi cepat).
Dari banyak tanda Anda terserang demam berdarah dengue, terdapat gambaran demam berdarah dengue derajat yang mana yang Anda alami. Karena demam berdarah dengue itu mempunyai derajat penyakit.

Inilah derajat demam berdarah dengue yang bisa Anda ketahui dari keluhan yang dirasakan.

1. DERAJAT 1 -DEMAM DENGUE, DENGUE FEVER (RINGAN)
  • Demam 5-7 hari, bifasik,
  • Sefalgia hebat,
  • Nyeri retroorbital,
  • Mialgia,
  • Nyeri tulang/sendi,
  • Mual muntah,
  • Timbul ruam pada awal penyakit (1-2 hari) lalu hilang (hari ke-6 sampai ke-7), terutama di kaki, tangan, atau telapak kaki, telapak tangan,
  • Uji Tourniquet (Rumple Leede) positif,
  • Mungkin ada perdarahan spontan, tetapi tidak ada hemokonsentrasi,
  • Bila tak ada perdarahan spontan, tidak perlu dirawat di RS, cukup diobservasi.

2. DERAJAT II -DENGUE HEMORRAGHIC FEVER, DHF ( SEDANG)
  • Terjadi perdarahan spontan (gusi, saluran cerna, batuk darah),
  • Ada kebocoran plasma sehingga terjadi peningkatan hematokrit, efusi pleura/peritoneum, hipoproteinemia,
  • Hepatomegali,
  • Perlu dirawat di RS.
3. DERAJAT III -DENGUE SHOCK SYNDROME, DSS (BERAT)
  • Terjadi saat suhu menurun antara hari ke-3 dan ke-7.
  • Letargi atau gelisah,
  • Tanda syok,
  • Perlu dirawat di RS.
4.DERAJAT IV -DSS (SANGAT BERAT)
  • Ada tanda syok yang berat seperti nadi tidak teraba, tensi tidak terukur,
  • Perlu dirawat di RS.
Tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue juga bisa diketahui dengan cek darah. Pemeriksaan Laboratorium yang bisa dilakukan untuk menunjang diagnosis demam berdarah dengue adalah sbb :
  1.  Uji komplemen fiksasi (CF test),
  2. Uji hemaglutinasi inhibisi (HI test),
  3. Uji netralisasi (NT test),
  4. IgM ELISA (Mac.ELISA),
  5. IgG ELISA,
  6. Trombositopenia,
  7. Peningkatan Hematokrit.
Penyakit demam berdarah dengue juga bisa menimbulkan komplikasi jika tidak segera ditangani oleh Dokter. Komplikasi penyakit demam berdarah dengue adalah sbb :
  1. Perdarahan spontan,
  2. Syok hipovolemia,
  3. Perdarahan Intravaskuler Menyeluruh,
  4. Efusi pleura.
Jadi jika terdapat tanda-tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue seperti yang telah disebutkan di atas, segeralah Anda berobat ke rumah sakit. Biasanya penyakit demam berdarah dengue memerlukan beberapa pengobatan oleh Dokter.

Berikut ini pengobatan penyakit demam berdarah dengue yang mungkin diberikan oleh Dokter.
  1. Dokter akan memberikan nasehat Edukatif seperti Anda harus banyak minum air agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, istirahat - tirah baring, kompres air hangat, dan makan  makanan yang lunak.
  2. Dokter akan memberikan pengobatan simptomatik yaitu pengobatan sesuai keluhan yang Anda rasakan. Misalnya Dokter akan memberikan obat penurun panas untuk menghilangkan keluhan demam yang Anda rasakan atau obat anti muntah jika Anda muntah.
  3. Medikamentosa.
  4. Biasanya Dokter akan memberikan infus Ringer Laktat, NaCl 0,9%. Atau kombinasi infus Dextrose 5% + NaCl 0,9% (aa) untuk DBD. Pilihan infus untuk DSS : Ringer Laktat, Dextrose 5% + saline , Dextrose 5% + 0,5 saline, Dextrose 5% + 0,5 RL , atau Dextrose 5% + 1/3 saline, pada pasien yang dirawat di rumah sakit.
  5. Transfusi darah pada keadaan tertentu juga bisa dilakukan.
  6. Bila syok tanpa perdarahan, Dokter dapat memberikan infus plasma atau Larutan koloid golongan karbohidrat (dekstran atau hexaethyl starch, HES).
  7. Dokter juga terkadang meresepkan infus albumin pada keadaan jika Anda mengalami kekurangan protein albumin dalam darah.
Jangan tunda pergi ke Dokter jika Anda merasakan keluhan atau tanda-tanda Anda terserang penyakit demam berdarah dengue. Penyakit ini bisa disembuhkan namun jika Anda terlambat untuk berobat, penyakit demam berdarah dengue bisa mengancam nyawa.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.