Perubahan Kulit pada Proses Penuaan

by - May 02, 2017

Blog dr.Dini - Tidak ada yang pasti dalam kehidupan ini. Namun pepatah mengatakan yang pasti terjadi ada 3 hal, yaitu :

  1. Tua
  2. Sakit, dan
  3. Mati
kulit tua, kulit pada proses penuaan, aging proccess

Tua, jika kita panjang umur, maka kita pasti akan mengalami proses penuaan. Proses penuaan adalah sebuah proses perubahan yang bukan hanya fisik dan psikologis saja yang berubah, namun kehidupan sosial seseorang juga akan berubah.

Proses penuaan itu bersifat multidimensial.

Penuaan bukan merupakan suatu penyakit, namun suatu proses alamiah tubuh yang telah dimulai sejak kita lahir.

Ada beberapa teori aging process, misalnya :
  1. Teori Wear and Tear :Dimana proses penuaan terjadi akibat kerusakan DNA, sebuah proses glikolisasi, efek dari radikal bebas, dan cross linking (gen).
  2. Teori Program : Teori Telomerase, yang disebut sebagai gen yang terkait umur panjang.
  3. Teori Limited Cell Replication : Dimana penuaan terkait proses imun dan neuroendokrin.
Pada saat proses penuaan dimulai, terjadi perubahan setiap organ tubuh kita, termasuk kulit.

Nah, apa saja sih perubahan kulit pada proses penuaan?

 

Inilah perubahan kulit pada proses penuaan.


1. KULIT MENJADI LEBIH TIPIS

Perubahan kulit pada proses penuaan yang paling tampak adalah lapisan kulit menjadi lebih tipis karena lemak subkutan (lemak bawah kulit) berkurang.

2. KULIT MENJADI LEBIH KERING

Pada saat kita tua, kelenjar minyak (glandula sebasea) akan berkurang jumlahnya, demikian juga   kelenjar keringat, sehingga kulit menjadi lebih kering. Pemakaian Lotion akan membantu mengatasi kulit kering ini.

3. KULIT MENJADI KERIPUT/KENDUR

Kulit keriput dan kendur akibat zat kolagen dan elastis pada lapisan dermis kulit berkurang kepadatannya saat tua, padahal adanya zat kolagen dan elastin inilah yang membuat kulit padat, kenyal, dan kuat.

4. KULIT KUSAM

Saat proses penuaan dimulai, perlu waktu lebih lama untuk kulit dapat mengelupas sel-sel kulit mati dengan sendirinya. Sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang mati di lapisan luar kulit. Kulit menjadi terlihat kusam.

Perubahan kemampuan kulit untuk mengelupas sel kulit mati ini akan menyebabkan perabaan kulit menjadi berkurang.

5. TIMBUL BINTIK HITAM

Selain efek buruk sinar matahari terhadap kulit yang tidak dilindungi tabir surya, perubahan kulit pada proses penuaan yang dapat terjadi adalah pembentukan noda bintik hitam akibat pertumbuhan sel pigmen dalam kulit yang menjadi tidak teratur.

Terjadinya perubahan kulit pada proses penuaan akan berlangsung lebih cepat dan progresif pada Anda jika Anda memiliki beberapa faktor-faktor pemicu terjadinya proses penuaan dini seperti :

1. Faktor Genetik (sifat bawaan)

Anda memiliki faktor genetika di mana Anda mudah mengalami proses penuaan jika dibandingkan dengan orang lain. Perubahan kulit pada proses penuaan yang Anda alami dapat terjadi lebih progresif.

2. Gaya Hidup

Jika selama ini gaya hidup Anda jauh dari pola hidup sehat, seperti jarang berolahraga, jarang makan sayur dan buah, sebaliknya sering makan makanan junk food, merokok, atau sering mengkonsumsi alkohol, maka perubahan kulit pada proses penuaan akan lebih cepat terjadi.

3. Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit mati juga dapat mempercepat terjadinya perubahan kulit pada proses penuaan yang terjadi lebih dini dari seharusnya.

4. Kondisi Lingkungan

Jika Anda tinggal di lingkungan yang pernuh polusi udara, baik dari banyaknya kendaraan bermotor atau pun pabrik, seperti misalnya di kota-kota besar, maka Anda berpotensi mengalami perubahan kulit pada proses penuaan dini dibandingkan dengan jika Anda tinggal di lingkungan pegunungan yang sejuk.

Perubahan kulit pada proses penuaan ini dapat terjadi pada setiap orang. Kejadiannya tidak dapat dicegah namun bisa diperlambat sampai selama mungkin.

Jika Anda menerapkan pola hidup sehat, melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung dengan menggunakan sunblock, atau melakukan perawatan kecantikan yang bertujuan untuk meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati menjadi sel-sel kulit yang baru, Anda dapat memperlambat terjadinya perubahan kulit pada proses penuaan.




You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.