Me Time untuk Ibu Rumah Tangga

by - May 17, 2017

Blog dr.Dini - Menjadi ibu rumah tangga, apalagi yang tetap ingin berkarir untuk dapat berkarya dan menunjang perekonomian keluarga, tentu tidaklah mudah. Padatnya waktu untuk melakukan berbagai hal yang ditujukan untuk keluarga dan pekerjaan membuat Saya sulit untuk menemukan waktu untuk diri sendiri.

me time ibu rumah tangga, me time herbadrink sari temulawak


Padahal mempunyai jadwal Me Time sangat penting untuk pikiran kita agar tetap balance dan 'waras'. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa banyak ibu rumah tangga, baik yang berkarir ataupun yang tidak, mengalami stres atau gangguan jiwa akibat tidak punya Me Time.

Begitu banyaknya peran dan tanggung jawab ibu rumah tangga dalam mengurus suami, anak-anak, orang tua, mertua, keluarga besar, komunitas, kantor, ataupun bisnis milik sendiri, menjadikan ibu rumah tangga rentan terhadap stres atau gangguan jiwa.

Sadar sepenuhnya mengenai pentingnya Me Time untuk kesehatan jiwa ibu rumah tangga, apalagi yang juga bekerja, maka Saya pun bertekad untuk harus punya Me Time minimal 2 jam setiap hari.

Mengapa Me Time begitu penting untuk kesehatan jiwa ibu rumah tangga?

Me Time adalah waktu yang harus diluangkan untuk memanjakan diri sendiri terlepas dari semua aktivitas yang harus kita lakukan untuk orang lain. 

Me time sebenarnya adalah sebagian kecil dari fungsi rekreasi yang bisa kita berikan untuk jiwa yang lelah karena sibuk mengurusi hal ini dan itu sebagai ibu rumah tangga. 

Me Time menjadi begitu penting karena pada hakikatnya di samping bersifat sosial, manusia juga bersifat individual. Jadi, kita tetap memerlukan waktu untuk bisa mengurus diri sendiri, tanpa rasa bersalah terhadap orang-orang yang kita cintai, dalam hal ini suami ataupun anak-anak.

Jadi, kita harus menemukan Me Time di sela-sela kewajiban kita sebagai ibu rumah tangga tanpa memaksakan waktu dengan mengabaikan pekerjaan wajib kita.

Me Time yang benar-benar efektif harusnya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari yang harus kita lakukan untuk keluarga dan pekerjaan kantor. Me Time harus kita temukan tanpa rasa bersalah karena mengesampingkan urusan wajib yang harus kita kerjakan.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa banyak wanita yang merasa kurang bahagia akan dirinya padahal dari kacamata luar, ia memiliki keluarga yang mapan dan karir yang bagus. Ternyata, hal ini disebabkan karena kebanyakan wanita tersebut tidak punya Me Time untuk melepaskan 'tekanan' dalam jiwanya. 

Karenanya, Me Time sangat penting untuk memberikan ruang sendiri untuk ibu rumah tangga di luar peranan dan kewajibannya yang beragam, sehingga kita bisa melepaskan, meredakan, sampai menghilangkan beban dalam hati guna meningkatkan kualitas diri sebagai wanita yang lebih baik lagi.

Tanpa Me Time, ibu rumah tangga bisa saja sedang merasakan depresi yang terpendam dalam dirinya, yang sewaktu-waktu bisa 'meledak' menjadi bentuk kemarahan terhadap problematika rumah tangga sekecil apapun.

Ibu rumah tangga yang cukup Me Time, akan merasa lebih bahagia karena tetap mampu mengurus diri sendiri. Perasaan bahagia yang terjaga sangat baik untuk kesehatan jiwa. 

Ibu rumah tangga yang cukup Me Time seperti mendapatkan energi yang baru untuk bisa kembali menjalani rutinitas sehari-hari.

Bayangkan jika Anda harus terus menerus melakukan pekerjaan tanpa bisa mengurus diri sendiri, tentu kita akan mudah merasa jenuh, lelah, bosan, dan mudah stres, bukan?

Ditambah lagi, saat Anda melihat diri dalam cermin, saat rambut berantakan, wajah kusam, penampilan tak karu-karuan, tentu saja stres kita akan bertambah. Dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan jiwa Anda.

Jangan sampai, Anda mengalami depresi karena setumpuk beban sebagai ibu rumah tangga yang harus Anda pikul sendiri karena Anda tidak mampu menyediakan waktu luang untuk diri sendiri. 

Anda bisa saja merasakan seperti telah kehilangan diri sendiri yang berujung pada ketidakpuasan dalam hidup. Ketidakpuasan yang Anda pendam dapat berujung pada kemarahan dalam diri yang tentu dapat berefek negatif dalam proses mendidik anak-anak Anda.

Kapan sebaiknya kita punya Me Time?

Janganlah Anda beranggapan bahwa Me Time itu harus pergi ke spa, belanja di mall, arisan dengan kerabat, atau aktivitas di luar rumah yang bisa menyita banyak waktu Anda sehingga Anda akan sulit untuk meluangkan waktunya.

Me Time bisa Anda lakukan di rumah, misalnya ketika suami sedang bekerja di kantor, anak-anak sekolah. Atau jika Anda ibu rumah tangga yang bekerja, Anda bisa melakukan Me Time sepulang kantor setelah anak-anak tertidur.

Lakukanlah apa yang ingin Anda lakukan terhadap diri Anda pada waktu Me Time ini. Anda bisa memakai masker wajah, luluran, atau mandi susu. Dengan melakukan hal ini, Anda akan merasa rileks dan bonusnya Anda akan bertambah cantik.

Atau Anda dapat mandengarkan musik, menonton acara televisi kesukaan Anda, membaca buku, atau berdoa untuk mengisi saat Me Time Anda. Gunakanlah Me Time untuk membuat Anda rileks untuk kemudian bisa melanjutkan aktivitas lagi dengan penuh semangat dan perasaan bahagia.

Perasaan bahagia akan memancar dan berefek positif bukan hanya untuk Anda, tapi juga untuk keluarga dan lingkungan di sekitar Anda. 

Saya selalu memprioritaskan waktu untuk bisa menikmati Me Time agar bisa meredam stres dan tekanan dalam diri. Supaya urusan Me Time ini dapat terus Saya nikmati, Saya biasa membuat catatan To-Do-List.

Catatan To-Do-List mengingatkan Saya  untuk bisa mengerjakan beberapa tugas rumah tangga dan pekerjaan tanpa ada satu pun yang terlewatkan sehingga Saya tidak kehilangan Me Time setiap harinya.

Apa saja yang akan Saya lakukan untuk Me Time?

Untuk Me Time, Saya sempatkan terapi akupunktur untuk menenangkan diri sendiri dari kepenatan beraktivitas. Lelahnya bekerja seharian akan terobati setelah Saya melakukan terapi akupuntur ini.

Terapi akupunktur akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin mempunyai efek memberikan perasaan bahagia secara alami.

Terapi akupunktur juga sangat baik untuk menghilangkan nyeri. Jadi, rasa penat dan sakit kepala setelah seharian beraktivitas, langsung hilang setelah terapi akupunktur. 

Beruntung sekali, Saya pernah mengikuti pelatihan akupunktur medik berkompetensi dari RSCM, sehingga Saya dapat memberikan terapi untuk diri sendiri.

Anda dapat mencari terapis akupunktur atau Dokter Spesialis Akupunktur Medik untuk bisa merasakan manfaat dari akupunktur ini. Terapi akupunktur tidak memakan waktu yang lama, hanya 15-30 menit.

Selain melakukan terapi akupunktur, saat Me Time saya selalu meng-update blog. Blogger sejati selalu mencari waktu untuk dapat update blog mereka, dan inilah yang Saya lakukan ketika Me Time.

Sambil membaca, Saya dapat sekaligus menuangkan ide pada blog. Menulis blog adalah sarana menuangkan pikiran agar tidak 'menumpuk' dalam otak Saya.

Menulis blog hampir selalu Saya lakukan saat Saya menikmati Me Time.

Setelah Me Time, Saya merasa lebih berenergi, lebih rileks, dan lebih 'sehat' untuk kembali melakukan aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga dan ibu bekerja.

Rasa lelah setelah seharian beraktivitas, terasa terbayarkan, setelah Me Time.

Saat Me Time, Saya memilih teman yang pas dibawa santai dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, yaitu minuman Herbadrink Sari Temulawak. Jadi saat Me Time, Saya bisa me-recharge kesehatan fisik dan kesehatan jiwa Saya. 

Selain bisa memperbaiki mood Saya karena rasanya yang sangat menyegarkan, Herbadrink Sari Temulawak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bagaimana tidak? Sari temulawak yang terkandung dalam minuman Herbadrink Sari Temulawak mengandung berbagai zat seperti zat kalagoga, glikosida, flavonoid, xanthorrizhol, minyak atsiri, dan kurkumin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Sari Temulawak mempunyai manfaat untuk memelihara kesehatan hati, mengurangi radang sendi, menjaga fungsi lambung, menurunkan lemak darah, dan berfungsi sebagai antioksidan.

Cukup dengan melarutkan satu sachet Herbadrink Sari Temulawak ke dalam 150 mL air dingin, Saya bisa menikmati Me Time sekaligus menjaga kesehatan.

Bersama Herbadrink Sari Temulawak, Me Time Saya terasa begitu sempurna.

Inilah cara Me Time Saya, bagaimana dengan Anda?
Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.