Masih Normalkah Nyeri Haid Anda?

by - May 07, 2017

Blog dr.Dini- Apakah Anda sering mengalami nyeri haid? Masih normalkah nyeri haid Anda? Wanita setidaknya pernah mengalami nyeri haid beberapa kali selama 'tamu' bulanan datang. Biasanya nyeri haid dirasakan pada hari pertama sampai hari ketiga periode haid kala haid sedang banyak-banyaknya.


Namun, secara ilmiah, wanita yang telah menikah sudah terpapar zat yang bernama prostaglandin yang terdapat pada sperma. Zat prostaglandin menimbulkan sensasi nyeri pada rahim.

Sensasi nyeri akibat zat prostaglandin ini semakin lama semakin membuat wanita bisa beradaptasi akan berbagai macam nyeri, salah satunya adalah adaptasi terhadap nyeri haid. Sehingga biasanya wanita yang sudah menikah tidak lagi merasakan nyeri haid seperti saat sebelum menikah.

Juga pada wanita yang sudah melahirkan, persalinan membuat wanita terpapar zat prostaglandin dalam jumlah yang sangat sangat banyak, sehingga wanita yang sudah pernah melahirkan sebagian besar sudah tidak merasakan nyeri haid.

Masih normalkah nyeri haid Anda?

Sebenarnya, nyeri haid sifatnya sangat subjektif. Pada beberapa wanita nyeri haid tidak mengganggu aktivitasnya, namun pada beberapa wanita yang lain dapat sangat mengganggu.

Namun, jika nyeri haid yang Anda rasakan tidak biasa seperti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari padahal sebelumnya tidak, nyeri haid yang diikuti oleh perdarahan yang sangat banyak sampai berganti-ganti pembalut berkali-kali dalam jangka waktu kurang dari 4 jam , dan haid lebih dari 7 hari, segeralah berkonsultasi dengan Dokter kandungan.

Nyeri haid yang teramat sangat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari bisa terkait dengan beberapa gangguan organ reproduksi, meskipun nyeri haid ini tidak selalu berkaitan dengan penyakit tertentu.

Gangguan organ reproduksi yang bisa saja terjadi dengan ditandai oleh nyeri haid adalah endometriosis, adenomiosis, kehamilan di luar kandungan, penyakit radang panggul (Pelvic Inflammatory Disease), dan kista ovarium (indung telur).

Terlepas dari masih normalkan nyeri haid Anda atau tidak, ternyata negara Jepang sangat memperhatikan masalah nyeri haid. Jepang adalah negara pertama yang memberlakukan cuti haid bagi pekerja wanita yang sedang menstruasi. Cuti haid sudah mulai berlaku di Jepang sejak tahun 1947.

Wanita muda yang mengalami nyeri haid sebagian besar tidak didasari oleh penyakit, apalagi pada wanita yang belum menikah. Hal tersebut disebabkan karena wanita lajang belum terbiasa terpapar zat Prostaglandin yang dikeluarkan pada saat terjadi menstruasi..

Pada periode menstruasi, zat Prostaglandin ini berguna untuk membuat rahim berkontraksi, meluruhkan dinding rahim, dan mendorong darah haid ke luar. Aktivitas prostaglandin ini menimbulkan sensasi nyeri.

Karena ambang batas nyeri akibat Prostaglandin sudah meningkat pada wanita yang sudah menikah yang sudah terbiasa terpapar zat Prostaglandin, biasanya wanita yang sudah menikah tidak lagi merasakan nyeri haid seperti saat sebelum menikah.

Dan lagi, pada wanita yang sudah melahirkan, nyeri haid biasanya akan berkurang jika dibandingkan ketika wanita tersebut masih lajang, karena pada saat melahirkan, wanita akan terpapar zat Prostaglandin dalam jumlah yang banyak.

Masih normalkah nyeri haid Anda?

Nyeri haid biasanya masih normal jika dirasakan pada :
  1. Wanita dengan berat badan yang kurang,
  2. Menstruasi yang banyak,
  3. Haid tidak teratur,
  4. Usia wanita kurang dari 12 tahun saat pertama kali haid, dan
  5. Kurang olahraga,
Untuk mengatasi nyeri haid yang bukan karena penyakit tertentu, Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri, vitamin E, B1, dan B12 biasanya sangat membantu mengatasi nyeri haid ini.

Beberapa wanita mendapatkan efek positif dari latihan yoga, terapi akupunktur, dan pijat relaksasi untuk mengurangi nyeri haid.

Herbal TCM (Traditional Chinese Medicine) biasa menggunakan bubuk jahe untuk mengurangi nyeri haid.

Bagaimana dengan Anda? Cara apa yang Anda lakukan untuk mengurangi nyeri haid?

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.