Bahaya Alat Masak Alumunium

by - May 20, 2017

Blog dr.Dini - Di negara kita, Indonesia, masyarakat kita masih menggunakan alat masak yang terbuat dari alumunium. Karena Alat masak berbahan dasar alumunium sangat murah, mudah didapat, tidak pecah, tidak mengelupas, cepat panas, dan tahan lama.

bahaya alat masak alumunium

 Padahal beberapa negara lain sudah melarang penggunaan alumunium sebagai alat memasak terkait dengan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh logam ini. Di antaranya adalah negara Jerman, Perancis, Belgia, Switzerland,  Hungaria, Brazil, dan lain-lain.
                           

Inilah bahaya alat masak yang terbuat dari alumunium  :



1. Alumunium dapat bercampur dengan makanan saat dimasak.


Partikel Alumunium mudah lepas terutama saat dipanaskan atau saat bersentuhan dengan makanan asam seperti tomat, jeruk nipis. Tidak bisa kita bayangkan, bahwa kita bukan hanya makan makanannya saja, tetapi kita juga makan logam alumunium yang tercampur di dalamnya.


2. Tubuh sulit untuk mengeluarkan alumunium.


Telah diteliti bahwa masa eliminasi alumunium dari otak manusia adalah 7 tahun lamanya. Maka dapat dibayangkan bila kita terekspos dengan alumunium setial hari, berapa lama waktu yang dibutuhkan alumunium itu sampai seluruhnya dieleminasi tubuh kita. Sebaliknya, malah alumunium itu akan terakumulasi sepanjang hidup kita.

3. Alumunium menghambat kerja organ pencernaan.


Dalam sistem pencernaan alumunium sangat mudah diserap oleh usus terlebih lagi bila kita memakan makanan yang mengandung asam lemak. Alumunium menghambat kerja enzim-enzim pencernaan dan merusak lambung dan organ sistem pencernaan lainnya.

4. Alumunium mempengaruhi sistem hematopoesis (pembentukan sel darah merah) .


Mekanismenya adalah alumunium tersebut menyebabkan sintesis sel darah merah menjadi berkurang dan meningkatkan pemecahan sel darah merah (hemolysis) Akumulasi alumunium dalam tubuh manusia bisa menyebabkan anemia mikrositik.

5. Alumunium merusak sistem saraf.


Sebuah penelitian di italia ^Aluminium Involvement in Neurotoxicity^ menyimpulkan terdapatnya hubungan antara multipel sklerosis dan pemaparan terhadap alumunium.

Dikatakan juga bahwa pemaparan alumunium secara langsung pada tubuh dalam jangka waktu yang belum pasti, dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Begitulah bahaya alat masak yang terbuat dari alumunium, diperkirakan masih ada beberapa efek lain yang dapat disebabkan oleh alumunium.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.