Awas ! Jamur Aflatoksin dalam Kacang Tanah

by - May 22, 2017

Blog dr.Dini - Kacang Tanah adalah salah satu cemilan kegemaran keluarga. Kacang bisa direbus, digoreng, dijadikan bahan dasar selai kacang, kue kering, dan beragam jenis cemilan lainnya.

jamur kacang tanah

Kandungan nutrisi kacang tanah yang cukup banyak menjadikan kacang tanah sebagai cemilan yang bermutu tinggi, di antaranya kacang tanah mengurangi gejala penyakit hemofilia, keputihan, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Namun tahukah Anda bahwa sebagian kacang tanah ada yang mengandung zat yang dapat memicu kanker hati?                                                    

Kacang Tanah dapat mengandung jamur aflatoksin yang sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh, yaitu dapat memicu terjadinya kanker hati.

Kacang tanah yang dapat mengandung jamur aflatoksin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Kacang tanah terlihat sudah berjamur
2. Kacang tanah yang busuk
3. Kacang tanah yang memiliki rasa aneh.

Tentu saja dengan mudah sekali kita mengetahuinya bila kita mengolah sendiri makanan yang berbahan dasar kacang tanah ini.

Namun bila kita membeli kue atau jenis makanan lain yang berbahan dasar dari kacang tanah ini, kita tidak tahu apakah kacang tanah yang digunakan masih baik kualitasnya.

Efek jangka pendek akibat jamur aflatoksin ini tidak langsung diketahui, namun efeknya berakibat buruk setelah beberapa tahun kemudian.

Kanker hati adalah penyakit yang sukar disembuhkan. Jadi, kita tetap harus waspada walaupun ketika kita sedang menikmati cemilan..

 

You May Also Like

1 komentar

  1. Biasanya ciri-ciri kacang tanah yang mengandung zat tersebut sering saya jumpai pada kacang kulit panggang yang dijual di tempat tinggal saya, kadang ada yang rasanya sudah pait dan berjamur.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.