Periksakan Profil Lemak Tubuh Anda

by - April 19, 2017



Blog dr.Dini - Kadar kolesterol darah yang tinggi melebihi nilai normal sebenarnya adalah suatu keadaan yang disebut Dislipidemia.

cek darah, blood test

 Dislipidemia adalah suatu keadaan yang ditandai dengan peningkatan abnormal kadar lemak dalam darah.

Kadar lemak yang meningkat dalam darah dapat diukur dengan pemeriksaan profil lipid darah. Di antaranya profil lemak yang diukur adalah kadar kolesterol total, trigliserida, LDL, dan HDL.

Dislipidemia biasanya berhubungan erat dengan angka kejadian aterosklerosis atau penyakit jantung koroner, dan kadang juga disertai dengan penyakit lain seperti xanthomatosis dan pankreatitis.

Dalam keadaan normal, peranan lemak sangat penting untuk berfungsinya sel dan digunakan sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, pembentukan sel regenerasi baru, dan sintesis hormon steroid.


Anda perlu periksakan profil lemak tubuh Anda jika :



 

1. MEMPUNYAI KETURUNAN

Seseorang dengan riwayat orang tua yang menderita kolesterol tinggi, maka akan mempunyai risiko dislipidemia lebih besar dibandingkan dengan seseorang tanpa riwayat keluarga dislipidemia.

2. XANTHOMATOSIS

Bila seseorang mempunyai semacam 'penimbunan lemak' yang berwarna kuning, yang dapat muncul di bagian tubuh mana pun yang tampak dari luar.

Biasanya penimbunan lemak terdapat pada kelopak mata bagi seorang yang mempunyai kadar lemak darah tinggi.

3. DIABETES MELITUS

Seorang diabetes melitus yang tidak terkontrol akan mempengaruhi kadar lemak darah dan terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis).

4. OBESE

Orang yang gemuk, yang memiliki Body Mass Index (BMI) 30, mempunyai risiko yang tinggi untuk terjadinya dislipidemia. Oleh karena itu, memiliki berat badan ideal adalah satu-satunya cara agar terhindar dari penyakit yang terkait dengan kegemukan.

5.OBAT KONTRASEPSI

Obat kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen dan gestagen memicu terjadinya dislipidemia.

Selain 5 hal tersebut di atas, dislipidemia dapat juga terjadi pada seseorang di bawah ini, sehingga memerlukan pula pemeriksaan profil lipid darah, yaitu :

6. Penyakit pembuluh darah jantung/perifer
7. Orang yang kurang gerak
8. Merokok
9. Penyakit asam urat (gout)
10. Gagal ginjal
11. Sindrom nefrotik
12. Hipotiroid
13. Kolestatis (Batu Empedu), dan
14. Pankreatitis Akut.

Bukan berarti bahwa jika tidak ada indikasi, pemeriksaan lipid darah tidak usah dilakukan, mengingat sering sekali dislipidemia ditemukan secara kebetulan sewaktu seseorang melakukan general check up.

                                                                                              

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.