Penyebab Mimisan pada Anak

by - April 25, 2017



Blog dr.Dini - Anak anda pernah mengalami mimisan? Pasti Anda panik bukan main, ketika mendapati anak Anda mimisan.

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab mimisan pada anak? Yuk kita cari tahu.


Mimisan atau dalam bahasa medis disebut sebagai epistaxis adalah suatu keadaan di mana terdapat darah yang keluar dari hidung, baik secara tiba-tiba atau akibat hidung terbentur sesuatu.

mimisan anak

 Perdarahan hidung saat mimisan dapat berupa aliran darah yang banyak atau sedikit.

Mimisan pada anak biasanya tidak berbahaya selama anak Anda masih terlihat sehat, aktif bergerak, dan tanpa disertai gejala penyakit lainnya seperti misalnya demam.


Mimisan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal baik yang tidak berbahaya sampai yang bisa mengancam nyawa seperti penyakit demam berdarah dengue.

Apa saja yang bisa menjadi penyebab mimisan pada anak Anda?

 

Inilah penyebab mimisan pada anak.


1.Penyebab Mimisan pada Anak : Selaput Lendir dan Pembuluh Darah Tipis

Mimisan pada anak Anda bisa terjadi karena selaput lendir hidung dan pembuluh darah anak masih tipis dan sensitif sehingga jika ada faktor pencetus yang ringan saja seperti mengorek hidung, jatuh, atau terpukul, anak Anda bisa dengan mudahnya mengalami mimisan.

Bahkan udara yang sangat dingin ataupun panas bisa menyebabkan anak Anda mimisan.

Pada saat udara sangat dingin atau sangat panas, selaput lendir hidung anak menjadi sangat kering, keras, dan retak, sehingga pembuluh darah lebih mudah pecah dan akhirnya mimisan pada anak pun terjadi.

Biasanya mimisan pada anak terjadi spontan, ringan, dan mudah berhenti.

2.Penyebab Mimisan pada Anak : Alergi

Anak usia di bawah lima tahun cenderung lebih mudah mengalami alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, sering terserang pilek, batuk, dan bau napas tidak baik.

Bersin dan pilek bisa menjadi penyebab mimisan pada anak.

Jika anak Anda memiliki riwayat alergi, maka Anda perlu mencari faktor pencetus apa saja yang bisa menstimulasi timbulnya alergi pada anak Anda, sehingga mimisan dapat dihindari.

3.Penyebab Mimisan pada Anak : Infeksi

Adanya infeksi pada hidung dapat menjadi penyebab mimisan pada anak, misalnya infeksi pada sinus yang menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga dinding pembuluh darah hidung menipis dan akhirnya mudah pecah.

Pada sinusitis, pecahnya pembuluh darah dalam hidung terkadang mengalirkan darah ke tenggorokan, tidak selalu keluar lewat hidung (mimisan).

4.Penyebab Mimisan pada Anak : Perubahan Suhu yang Ekstrim

Perubahan suhu yang ekstrim juga bisa menyebabkan mimisan pada anak. 

Misalnya jika rumah Anda terbiasa dengan AC (Air Conditioner) lalu tiba-tiba anak mengunjungi suatu daerah dengan suhu yang sangat panas, hal ini bisa menyebabkan mimisan pada anak Anda. 

5.Penyebab Mimisan pada Anak : Tumor

Mimisan pada anak juga dapat terjadi jika anak menderita tumor di rongga hidung yang biasa dikenal sebagai angiofibroma.

Tumor angiofibroma biasa ditemukan pada anak-anak usia kecil atau dewasa muda.

Tumor angiofibroma biasa terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di dalam rongga hidung.

6.Penyebab Mimisan pada Anak : Demam Berdarah Dengue

Dalam keadaan infeksi seperti infeksi demam berdarah, mimisan juga dapat terjadi pada anak. Biasanya jika sudah terjadi mimisan pada anak yang terserang demam berdarah dengue, ini bisa jadi pertanda penyakit tersebut memasuki tahap yang serius.

Baca juga : Demam Berdarah Dengue

Anak dengan demam berdarah dengue yang mimisan biasanya harus mendapat perawatan rumah sakit yang intensif.

Pada keadaan demam berdarah dengue, mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan pada demam berdarah dengue dapat dengan mudah dibedakan dengan mimisan karena penyebab lain.

7.Penyebab Lain Mimisan pada Anak 

Mimisan pada anak dapat terjadi pada penggunaan spray hidung untuk mengatasi pilek alergi dan non alergi.

Mimisan pada anak juga dapat terjadi akibat anak menghisap zat kimia tertentu.

Bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak?


Cara mengatasi mimisan pada anak adalah sbb.


1. Dudukkan anak agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan biarkan anak tidur terlentang sebab aliran darah ke hidung dapat bertambah deras dan dapat tertelan masuk ke kerongkongan anak.

2. Bungkukkan badan anak sedikit ke arah depan, lalu berikan instruksi pada anak untuk bernapas melalui mulut untuk sementara jika mimisan masih terus berlangsung.

3. Tekan cuping hidung anak selama kurang lebih 5 menit. Jangan lupa minta anak untuk tetap bernapas melalui mulut.

4. Pada hidung anak dapat diberikan kompres dingin untuk memperlambat aliran darah ke hidung.

5. Bila setelah 5 mimisan pada anak belum juga teratasi, tekan lagi cuping hidung anak selama 10 menit.

6. Jangan lupa, tindakan penekanan cuping hidung anak adalah hanya sebagai tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan pada anak. Segeralah berkonsultasi pada Dokter terkait kondisi kesehatan anak Anda.

7. Bila mimisan pada anak belum juga berhenti, sumbat hidung anak dengan kain kasa atau sapu tangan yang bersih, lalu segeralah membawa anak Anda ke Dokter. Selama dalam perjalanan, usahakan agar anak selalu dalam posisi duduk menyandar.

8. Dokter akan mencari sumber perdarahan dengan bantuan alat pengisap untuk membersihkan hidung dari bekuan darah. Kemudian hidung anak disumbat dengan tampon khusus selama 3-5 menit. Dengan cara ini, Dokter dapat mengetahui apakah perdarahan berasal dari bagian depan rongga hidung atau bagian belakang.

Cara mengatasi mimisan pada anak bukan dengan menengadahkan kepala anak ke atas.


Jangan biarkan anak menengadahkan kepala sewaktu mimisan. Menengadahkan kepala ke atas dan membaringkan tubuh anak justru akan membuat komplikasi lebih lanjut karena posisi ini dapat mengalirkan darah ke kerongkongan anak.

Darah yang mengalir ke kerongkongan anak bisa saja membuat anak tersedak karena darah masuk ke saluran pernapasan.

Selain bisa masuk ke saluran pernapasan, darah juga bisa tertelan dan menyebabkan iritasi pada lambung anak Anda.

Jangan abaikan mimisan pada anak. Segeralah kunjungi Dokter untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya mimisan pada anak Anda.

Inilah artikel tentang Penyebab Mimisan pada Anak. Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

1 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.