Penyebab Gagal Ginjal Yang Paling Sering

by - April 09, 2017

Blog dr.Dini -  Gagal ginjal kronik merupakan kondisi klinis akibat kerusakan ginjal yang progresif dan tidak dapat disembuhkan (irreversibel). Perjalanan gagal ginjal hingga mencapai tahap terminal End Stage Renal Disease,dapat bervariasi dari 2-3 bulan hingga 30-40 tahun.

 
 
Stadium akhir dari kerusakan ginjal ini memerlukan penanganan berupa cuci darah dan transplantasi ginjal.

Meskipun penanganan gagal ginjal ini telah maju, namun angka kematian masih tinggi karena prevalensi penyakit diabetes dan  kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Dengan mengetahui penyebab gagal ginjal yang paling sering, Anda dapat menjalankan pola hidup sehat dan menghindari penyebab gagal ginjal tersebut agar Anda bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.

 


Apa saja penyebab gagal ginjal yang paling sering?

 


Inilah penyebab gagal ginjal yang paling sering.

 

1. Penyebab Gagal Ginjal Yang Paling Sering : Diabetes (34%) 


Nefropati Diabetika adalah penyakit ginjal pada pasien diabetes. Nefropati diabetika merupakan penyebab kematian terpenting pada diabetes yang lama.


Lebih dari 1/3 penderita diabetes yang baru menyadari mereka mempunyai diabetes melitus dan baru akan menjalani pengobatan diabetes,ternyata sudah mengalami gangguan pada ginjal mereka.Telah diperkirakan bahwa sekitar 35%-40% Diabetes

Tipe 1 akan berkembang menjadi gagal ginjal kronik dalam waktu 15-25 tahun setelah gejala diabetes muncul. Diabetes type 2 lebih sedikit berkembang menjadi gagal ginjal kronik yaitu 10%-20% .

Penderita diabetes mellitus perlu menerapkan perilaku hidup sehat dan teratur minum obat agar tidak berlanjut menjadi nefropati diabetika atau komplikasi lainnya. 

2. Penyebab Gagal Ginjal Yang Paling Sering : Hipertensi (21%)

 

Hipertensi dan gagal ginjal memiliki kaitan erat. Jika hipertensi merupakan penyakit primer dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. 


Sebaliknya, penyakit ginjal kronik dapat menyebabkan hipertensi. 

Hipertensi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan penebalan pada dinding pembuluh darah (sklerosis), dan bila sklerosis terjadi pada pembuluh darah yang melalui ginjal, ginjal dapat mengalami kerusakan, yang pada akhirnya dapat timbul gagal ginjal
 

3. Penyebab Gagal Ginjal Yang Paling Sering : Glomerulonefritis (17%)

 

Glomerulonefritis adalah penyakit peradangan pada kedua ginjal (bilateral). Pada glomerulonefritis, unit fungsional dari ginjal yaitu nefron, dapat rusak seluruhnya pada stadium akhir, dan dapat menimbulkan gagal ginjal. 


Gejala klinis dari glomerulonefritis ini dapat berupa hematuria (terdapatnya darah dalam urin), proteinuria (terdapatnya protein dalam darah), hipertensi, oedema (seluruh tubuh bengkak) akibat cairan, dan akhirnya menimbulkan kematian akibat uremia.

4.  Penyebab Gagal Ginjal Yang Paling Sering : Penyakit polikistik ginjal (3,5%)

 

Penyakit polikistik ginjal ditandai dengan kista-kista yang banyak yang berkembang terus, yang lambat laun akan mengganggu fungsi ginjal kemudian merusak ginjal akibat penekanan. 


Penyakit ini adalah penyakit bawaan dan diturunkan secara dominan autosomal herediter. Ginjal dapat membesar, misalnya sebesar sepatu bola, dan terisi oleh banyak kista yang menyerupai anggur. 

Kista itu dapat terisi cairan jernih atau darah (hemoragik), dan mudah mengalami komplikasi seperti infeksi saluran kemih berulang, hematuria (terdapatnya darah dalam urin), poliuria (jumlah urin lebih banyak dari normal), dan ginjal mudah membesar/menonjol. Sering terjadi hipertensi. 

Penurunan fungsi ginjal yang progresif biasa terjadi pada penderita polikistik ginjal yang menyebabkan 50% gagal ginjal pada usia 60 tahun.
  
Penyebab gagal ginjal yang lainnya relatif tidak sering terjadi. Meskipun penyebab gagal ginjal bervariasi dan gejala penyakit ginjal stadium dini berbeda-beda, namun pada stadium akhir gejala klinik gagal ginjal hampir sama.





You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.