Nilai Gizi ASI

by - April 20, 2017

Blog dr.Dini- Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui komposisi ASI. Menurut British report , setiap 100 mL dari ASI pada hari ke-21 (mature breast milk) ibu menyusui mengandung nutrisi sbb.

70 KaloriAir 89,97 GramKarbohidrat 7,4 Gram (paling banyak jenis Laktosa)Lemak 4,2 gramProtein 1,3 gram

    Patut diketahui, bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi komposisi ASI.


Menurut Institute of Medicine, National Academy of Science,1991, di antara produksi ASI selama 24 jam, komposisinya dapat berubah-ubah.


Hal ini yang menyebabkan jumlah kalori dalam pemberian ASI sangat bervariasi, misalnya kandungan lemak dalam ASI dapat berbeda sebanyak 2 gram/Liter dalam 24 jam.


Asupan makanan Anda juga dapat membuat komposisi ASI bervariasi, misalnya dilaporkan bahwa wanita menyusui di India mempunyai ASI yang mengandung lemak 3,4 gram/Liter (Gopalan et al, 2000).


Menurut Institute of Medicine , National Academy of Science, 1991, Di antara seluruh populasi, kandungan lemak dalam ASI bervariasi antara 2 gram/Liter - 5 gram/Liter.


Beberapa jenis lemak dalam ASI sangat membantu pembentukan serabut saraf myelin dalam otak, misalnya DHA, tentu saja DHA sangat berpengaruh pada kecerdasan otak.


Selain DHA, kolesterol juga terdapat dalam ASI, yang berperan untuk memproduksi myelin. Kadar kolesterol yang terdapat dalam ASI mencapai 100-150 mg/L.


Protein yang terdapat dalam ASI berbeda dengan susu formula.


Protein ASI akan tetap berbentuk cairan yang memudahkannya untuk diserap sistem pencernaan sedangkan protein susu formula akan mengental atau menggumpal dalam lambung yang membuat susu formula sulit untuk diserap.


Protein sangat penting untuk pertumbuhan otot dan tulang. Selain itu, Immunoglobulin A (IgA) adalah protein yang melawan virus, bakteri, dan jenis parasit lain dalam saluran pernapasan dan pencernaan.


   Dalam ASI  juga terdapat zat-zat penting sbb.

Kalsium 254-306 mg/LNatrium 140-220 mg/LFosfor 188-262 mg/LVitamin C 50-60 mg/LMagnesium 35mg/LZar besi 0,2-0,9 mg/Lzinc, asam pantotenat, asam nikotinik, iodium, vitamin A, tembaga, vitamin E,K,D, dan B kompleksBeberapa hormon, faktor pertumbuhan, dan agen anti infeksi.

   Komposisi kolostrum, yaitu ASI yang diproduksi beberapa hari pertama setelah melahirkan, berbeda dengan ASI setelah hari ke-21.


Menurut Guthrie,1989, setiap 100 mL kolostrum mengandung sekitar:

58 KaloriKarbohidrat 5,3 gramlemak 2,9 gramProtein 3,7 gram

   Kolostrum berwarna kekuningan karena mengandung beta karoten. Selain itu, kolostrum juga mengandung zat besi dan zinc.


   Kandungan gizi yang terdapat dalam ASI berubah dengan cepat selama 1 minggu, konsentrasi lemak dan laktosa (karbohidrat) meningkat, namun konsentrasi protein, vitamin, dan mineral menurun, tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya.



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.