Keluhan TBC Paru yang paling sering

by - April 19, 2017

Blog dr.Dini - TahukahAnda  bahwa keluhan TBC paru yang dirasakan dapat bermacam-macam bahkan ada penderita TBC paru yang tidak mempunyai keluhan sama sekali ?

keluhan tbc, tbc paru

Penderita tanpa keluhan TBC paru ini biasanya terjadi pada kasus TBC paru dini atau pada awal terjadinya penyakit TBC.

Tanpa keluhan, penderita TBC paru rentan mengalami keterlambatan pengobatan yang bisa saja saat didiagnosa TBC paru, sudah muncul komplikasi, yang tentu saja butuh penanganan yang lebih intensif.

Keluhan TBC paru yang paling sering adalah sbb :


1. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : DEMAM


Demam yang dialami penderita TBC paru tidak terlalu tinggi atau subfebris. Seseorang hanya akan merasa dirinya terserang influenza, badan meriang, hangat-hangat tidak terlalu panas.

Perasaan terserang influenza ini bagi penderita tidak kunjung selesai. Ia akan merasa terus menerus meriang dengan suhu badan yang tidak terlalu demam, yang tidak kunjung sembuh.

Tapi bagi sebagian orang yang menderita TBC paru , dapat mengalami demam tinggi 40-41 derajat celcius.


Hal ini berhubungan dengan daya tahan tubuh seseorang dan berat ringannya infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang masuk ke dalam tubuh.

2. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : BATUK


Keluhan TBC paru yang sering disadari oleh penderita adalah batuk berdahak. Batuk berdahak ini tidak kunjung sembuh meskipun telah berobat ke Dokter dan mendapat obat antibiotika selama 2 minggu atau lebih.


Keluhan batuk terjadi karena adanya iritasi pada saluran pernapasan bronkus. Batuk ini diperlukan untuk membuang produk-produk radang keluar. Saat ini, seseorang sudah dapat tertular jika terpapar dengan droplet (percikan ludah) penderita, saat penderita batuk tanpa menutup mulut.

Terlibatnya saluran pernapasan bronkus pada setiap penyakit TBC paru tidaklah sama. Karena itu, mungkin saja batuk baru saja muncul padahal penyakit TBC parunya sudah berkembang dalam paru setelah berbulan-bulan saat peradangan dimulai.

Sifat batuk awalnya non produktif (batuk kering), lalu kemudian setelah timbul peradangan paru menjadi batuk produktif (berdahak).

Biasanya Dokter akan menyarankan untuk melakukan tes diagnostik selanjutnya misalnya pemeriksaan dahak untuk melihat kuman BTA dan pemeriksaan radiologis/rontgen thorax (dada).

 3. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : BATUK DARAH


Kebanyakan penderita baru menyadari bahwa 'influenza' yang dialaminya bukan 'influenza' biasa adalah setelah timbul keluhan TBC paru berupa batuk darah ini.

Timbulnya batuk darah akibat proses peradangan paru yang berlangsung lama yang mengakibatkan pembuluh darah pecah.


Kebanyakan keluhan batuk darah terjadi pada penderita TBC paru dengan hasil rontgen thorax terdapat kavitas, atau dalam bahasa awam paru-paru bolong, atau bisa juga batuk darah disebabkan dari luka di dinding saluran pernapasan bronkus.


4. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : SESAK NAPAS


Pada penyakit TBC paru yang baru terjadi tidak timbul sesak napas. Keluhan sesak napas biasanya dirasakan saat proses penyakitnya sudah lanjut saat proses infiltrasi sudah mencakup setengah bagian paru-paru.

Pada foto rontgen, biasanya terlihat bahwa infiltrat (bercak-bercak atau bintik-bintik putih) sudah meliputi setengah bagian paru-paru penderita.

5. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : NYERI DADA


Keluhan nyeri dada biasanya timbul jika sudah timbul komplikasi TBC paru dini seperti pleuritis (radang selaput pleura) atau efusi pleura (adanya cairan di rongga antara selaput pleura dan selaput paru-paru).


Keadaan ini yang dalam bahasa awam disebut paru-paru basah.

Terjadinya nyeri dada pada paru-paru basah disebabkan karena adanya gesekan antara kedua lapisan pleura bagian luar dan lapisan pleura yang menempel pada paru-paru, saat bernapas.

6. Keluhan TBC Paru Yang Paling Sering : LEMAS/MALAISE


Keluhan malaise yang sering ditemukan adalah tidak adanya nafsu makan, berat badan semakin lama semakin berkurang, sehingga penderita TBC paru makin lama tampak makin kurus, sakit kepala, nyeri otot, keringat malam.


Keluhan malaise ini makin lama makin berat jika penyakit TBC parunya tidak segera mendapat pengobatan.

Inilah enam keluhan TBC paru yang paling sering dirasakan oleh penderitanya.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.