Pilih Tabir Surya atau Sunblock?

by - March 01, 2017

tabirsurya, sunscreen, sunblock

Blog dr.Dini - Sinar matahari memang menyehatkan dan menjadi sumber vitamin D yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang kita. Namun, sinar matahari di atas jam 8 pagi sangat merusak kesehatan kulit kita. Ini terkait dengan paparan sinar UV.

Banyak sekali kerusakan kulit yang dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Karena sinar UV akan terserap ke dalam kulit dan menyebabkan beberapa kerusakan kulit di antaranya adalah flek hitam, kerutan, sampai terjadinya kanker kulit.

Itulah sebabnya kita memerlukan produk pelindung kulit dari bahaya akibat sinar matahari, seperti tabir surya dan sunblock.

Tabir surya dan sunblock adalah produk yang berbeda meski sama-sama dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.
Pertanyaannya, pilih tabir surya atau sunblock?

Mari kita menelusuri lebih dalam perbedaan tabir surya dan sunblock sehingga Anda tidak akan bingung dalam memilih produk pelindung kulit ini.


Pilih tabir surya atau sunblock? - Mekanisme Kerja

Tabir surya mengandung bahan kimia yang dapat menyerap sinar UV sehingga penyerapan sinar UV oleh kulit jadi berkurang jumlahnya. Jika kita memakai tabir surya, sebagian sinar UV tetap masuk ke dalam kulit.

Sedangkan sunblock mempunyai mekanisme kerja menghalangi penyerapan sinar UV oleh kulit dengan memantulkan sinar matahari. Tekstur sunblock yang tebal secara fisik seolah menyelimuti melindungi kontak kulit oleh matahari.

Tabir surya melindungi kulit dari sinar matahari secara kimiawi sedangkan sunblock melindungi kulit dari sinar matahari.


Pilih tabir surya atau sunblock? - Manfaat Perlindungan Kulit

Manfaat perlindungan kulit yang didapatkan bila kita memakai tabir surya dan sunblock berbeda.

Tabir surya melindungi kulit dari sinar UV yang menimbulkan efek Burning atau disebut sinar UVB. Jadi tabir surya bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari yang dapat menimbulkan warna kulit lebih gelap akibat 'terbakar' sinar matahari.

Tabir surya juga melindungi kulit dari radiasi sinar UVA yang menimbulkan efek Aging seperti flek hitam dan kerutan, namun hanya sebagian saja, Sebagian sinar UVA lainnya tetap bisa masuk ke dalam lapisan kulit.

Tabir surya bekerja saat ia terserap ke dalam kulit kemudian ia menyerap sinar UVB dan sebagian sinar UVA agar tidak dapat mencapai kulit dan merusaknya.

Sedangkan sunblock melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan cara memantulkan radiasi sinar UV. Sunblock bisa melindungi kulit dari efek terbakar dan terjadinya penuaan dini oleh sinar matahari jika kita akan beraktivitas di luar ruangan.


Pilih tabir surya atau sunblock? - Indikator Perlindungan

SPF atau Sun Protection Factor adalah indikator perlindungan untuk tabir surya. SPF adalah indikator lamanya perlindungan tabir surya terhadap kulit akibat radiasi sinar matahari.

Di sarankan untuk memakai tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 untuk mendapatkan perlindungan kulit yang optimal.

SPF 30 artinya kulit Anda akan mendapatkan perlindungan tabir surya selama 300 menit. Selama 300 menit atau 5 jam, tabir surya SPF 30 mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Setelah itu, kulit kita memerlukan pengulangan aplikasi tabir surya untuk mendapatkan perlindungan terhadap radiasi sinar UV.

Untuk sunblock, tidak menggunakan SPF sebagai indikator perlindungannya. Sunblock melindungi kulit dengan cara memantulkan sinar matahari karena mengandung titanium oksida dan zinc oksida.

Tapi saat ini, sudah banyak sunblock yang mengandung tabir surya juga, sehingga dalam produk sunblock, terdapat juga SPF (sun protection factor)
 .

Pilih Tabir Surya atau Sunblock? - Sesuai Jenis Kulit

Bagi jenis kulit yang sangat berminyak dan berjerawat, mungkin akan lebih nyaman memakai tabir surya, karena tabir surya berwarna transparan dan saat dioleskan pada kulit, tabir surya tidak terlihat, sehingga tidak meninggalkan efek mengkilat pada kulit.

Sedangkan tekstur sunblock lebih tebal dari tabir surya, sehingga saat sunblock dioleskan pada kulit, kulit terlihat lebih putih dan lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan tabir surya.

Karena tekstur sunblock lebih tebal, ia berpotensi menutup pori-pori sehingga minyak dapat tersumbat dalam pori-pori dan menimbulkan komedo serta jerawat.

Namun, sebaliknya pada tipe kulit sensitif, biasanya akan lebih nyaman menggunakan sunblock, karena bahan-bahan kimiawi yang terdapat dalam tabir surya dapat mengiritasi kulit yang sensitif.


Pilih tabir surya atau sunblock? - Kebutuhan Anda

Jika Anda beraktivitas dalam ruangan maka Anda dapat memakai tabir surya untuk menghalangi sinar matahari yang dapat memberikan reaksi fotoaging  pada kulit Anda.


Sedangkan jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya Anda memakai sunblock 30 menit sebelum mulai beraktivitas.

Sekarang sudah banyak produk yang menggabungkan fungsi tabir surya dan sunblock sehingga kita bisa terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

Inilah informasi untuk Anda tentang Pilih tabir surya atau sunblock?. 

Semoga bermanfaat.
 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.