Perawatan Wajah Usia 30 Tahun Ke Atas

by - March 13, 2017

Blog dr.Dini - Saat usia 20 tahun, kulit kita tidak terlalu memerlukan banyak perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tampak bercahaya. Namun, kondisi kulit akan berbeda ketika kita mulai menginjak usia 30 tahun.

skincare 30, age 30 skincare, perawatan wajah 30 tahun

Saat usia 30 tahun, mungkin sudah akan tampak garis halus, kerutan, kekeringan, noda hitam akibat perubahan hormon ataupun efek buruk sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan lainnya pada kulit wajah.

Du usia 30 tahun, kita akan mulai memerlukan produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang diformulasikan khusus untuk melawan proses penuaan dini , yang sesuai dengan kondisi kulit kita agar kerusakan yang terjadi pada kulit wajah dapat diminimalisir atau dicegah sampai selama mungkin.

Apa saja produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang kita perlukan untuk melawan proses penuaan?

Ini dia produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang wajib Anda pakai.

1. Moisturizer (Pelembab)

Jangan lupa untuk memakai pelembab wajah setiap hari, ketika usia Anda menginjak usia 30 tahun. Pelembab adalah produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang wajib Anda pakai untuk melawan proses penuaan dini.

Di usia 30 tahun, wajah Anda akan sangat mudah kering terkait kulit mulai kurang terhidrasi dengan baik. Kerutan atau garis halus cenderung mudah timbul pada kulit wajah yang kering.

Oleh karena itu, pelembab harus dipakai setiap hari, untuk menjaga kelembaban kulit dan tetap terhidrasi agar tetap terlihat kenyal dan awet muda.

Ada banyak pilihan pelembab wajah yang sedang booming beberapa tahun terakhir ini, salah satunya adalah pelembab yang dapat melawan penuaan dari bahan yang berasal dari plasenta. Kenali terlebih dahulu mengenai produk perawatan wajah yang mengandung plasenta sebelum memutuskan untuk memakainya.

Pelembab yang juga bisa dijadikan rekomendasi untuk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas adalah pelembab yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, misalnya pelembab yang mengandung vitamin C atau teh hijau.


2. Tabir Surya (Sunscreen) atau Sunblock

Tabir surya (sunscreen) atau sunblock adalah produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang wajib dipakai untuk melawan efek buruk sinar matahari terhadap proses penuaan dini. 

Kenali terlebih dahulu perbedaan antara tabir surya (sunscreen) atau sunblock.

Setelah Anda mengetahui perbedaannya, Anda tidak akan bingung untuk memilih produk yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV ini.

Sinar UV yang kita kenal adalah sinar UVA dan UVB, di mana sinar UVA berperan merusak kulit dan menyebabkan efek 'aging' atau penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam. Sedangkan sinar UVB menimbulkan efek 'burning' yang menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Mungkin kita bisa menghindari sinar UVB jika kita tidak terpajan matahari secara langsung, misalnya ketika berada dalam rumah, tapi tidak demikian halnya dengan sinar UVA.

Sinar UVA tetap dapat mempengaruhi kesehatan kulit dengan menimbulkan efek 'aging' pada kulit meskipun di dalam rumah. Jadi, untuk melawan proses penuaan dini pada usia 30 tahun ke atas, Anda wajib menggunakan tabir surya (sunscreen) atau sunblock setiap hari meskipun Anda tidak berada di bawah sinar matahari.

Untuk area mata, gunakanlah krim anti aging khusus untuk daerah lingkar mata untuk mencegah kerutan pada lingkar mata, lingkaran hitam (mata panda), dan kantung mata (eye bag).

Daerah lingkar mata ini juga sangat penting, karena problem pada kulit sekitar mata, juga dapat memberi kesan penuaan.


3. Krim Malam

Manfaat memakai krim malam untuk melawan proses penuaan sudah tidak diragukan lagi. Krim malam mempunyai andil yang cukup besar untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, kulit kusam, atau flek hitam.

Hal ini karena krim malam digunakan saat kulit sedang beristirahat dan beregenerasi sehingga krim malam sangat efektif bekerja pada kulit wajah.

Produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas berupa krim malam, biasanya mengandung turunan vitamin A untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Turunan vitamin A dalam krim malam berfungsi untuk menstimulasi kulit agar mengeksfoliasi kulit mati dan meregenerasi sel kulit yang baru, sehingga wajah terbebas dari kulit kusam akibat penumpukan keratin atau sel kulit mati.

Selain itu, krim malam yang mengandung turunan vitamin A juga dapat menghaluskan kulit, menyamarkan garis halus dan kerutan, menstimulasi kolagen kulit, sehingga kulit wajah tampak halus dan kencang.

Ada beberapa krim malam yang mengandung turunan vitamin A yang baru dapat digunakan jika telah diresepkan oleh Dokter. Karena beberapa krim malam tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit sehingga tidak dapat dijual bebas dan penggunaannya harus di bawah pengawasan Dokter.


4. Peeling (Scrubbing)

Peeling atau Scrubbing adalah penggunaan cairan/krim peeling atau butiran scrub yang bertujuan untuk membantu kulit dalam mengelupas sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

Peeling atau Scrubbing sangat diperlukan untuk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas.

Anda bisa ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan peeling atau scrubbing dari tenaga profesional.
Biasanya tindakan scrubbing dilakukan bersamaan dengan perawatan kecantikan facial di klinik kecantikan. Sedangkan tindakan peeling biasanya dilakukan oleh tenaga profesional dengan menggunakan cairan asam glikolat untuk melepaskan sel-sel kulit mati secara kimiawi.

Anda juga dapat melakukan peeling atau scrubbing di rumah karena sekarang sudah terdapat banyak produk home peeling atau scrub yang bisa diaplikasikan sendiri.  

Home peeling biasanya mengandung asam glikolat yang lebih rendah konsentrasinya jika dibandingkan dengan larutan peeling yang digunakan oleh tenaga profesional di klinik kecantikan.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter tentang perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, terutama untuk pemilihan dan penggunaan krim malam, mengingat setiap individu memiliki jenis kulit, faktor hormon, dan problem yang berbeda meskipun sama-sama berusia 30 tahun ke atas.

Dengan berkonsultasi dengan Dokter, faktor kesalahan dalam memilih produk perawatan wajah usia 30 tahun ke atas yang tidak sesuai dengan Anda, dapat dicegah.

Semoga bermanfaat.







You May Also Like

1 komentar

  1. mulai usia 30 tahunan biasanya sebagaian wanita mulai terlihat keriput ada flek hitam, tapi kalau rajin perawatan ga akan begitu terlihat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.