Pentingnya Pakai Sunblock di Dalam Rumah

by - March 14, 2017

Blog dr.Dini - Pentingnya pakai sunblock di dalam rumah untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari janganlah diabaikan. Sinar UV diketahui dapat menembus bebatuan sehingga tetap bisa memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan kulit.

sunblock dan UVA UVB

Sinar UV yang kita kenal adalah sinar UVA dan sinar UVB. Sinar UVA memberikan efek negatif berupa 'Aging' pada kulit, yaitu sebagai salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit.

Tanda-tanda penuaan dini akibat sinar UVA bisa berupa tidak meratanya warna kulit (skin discoloration), garis halus (fine lines), kerutan (wrinkles), bintik hitam (black spots), dan flek hitam (melasma).

Sedangkan sinar UVB memberikan efek negatif berupa 'Burning' pada kulit, yaitu menjadikan kulit mudah terbakar sinar matahari dan menggelapkan warna kulit.

Tanda-tanda terbakarnya kulit akibat sinar UVB bisa berupa efek tanning yaitu warna kulit menjadi lebih gelap dari sebelum terpapar sinar matahari.

Sinar UVB tidak menyebabkan kulit menjadi gelap jika Anda tidak terpapar di bawah sinar matahari. Tapi, tidak demikian halnya dengan sinar UVA.

Meskipun Anda berada dalam rumah dengan cuaca yang berawan sekalipun, sinar UVA tetap bisa mempengaruhi kulit dengan menimbulkan efek 'Aging'.

Efek 'Aging' yang ditimbulkan sinar UVA dapat diminimalisir dengan melindungi kulit dari efek buruk yang dipengaruhi olehnya, misalnya dengan pakai sunblock.

Pentingnya pakai sunblock di dalam rumah terkait dengan efek buruk sinar UVA terhadap penuaan dini pada kulit, karena meskipun di dalam rumah, sinar UVA tetap bisa menembus tembok rumah dan mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

Jadi, pakailah sunblock meskipun Anda berada di dalam rumah. Ulangilah pemakaian sunblock setiap 2 jam untuk mendapat perlindungan maksimal terhadap efek buruk sinar UVA.

Bagi Anda yang tidak cocok memakai sunblock, misalnya jika tipe kulit Anda hipersensitif atau bahkan sangat berminyak yang cenderung mudah untuk timbulnya jerawat, Anda dapat memakai tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA.

Tabir surya atau sunscreen yang kita kenal ditandai oleh adanya Sun Protection Factor (SPF). Nilai SPF yang disarankan untuk kita adalah SPF 30 atau SPF 50.

Tabir surya dengan SPF 30 dapat melindungi kulit dari sinar UV selama 300 menit, sedangkan pada SPF 50 mampu melindungi kulit dari sinar UV selama 500 menit.

Efektivitas tabir surya atau sunscreen SPF 30 dan SPF 50 sama saja, bedanya hanya pada SPF 50 dapat memberikan perlindungan kulit terhadap sinar UV, dengan lebih lama.

Tapi, perlu diingat, semakin tinggi nilai SPF suatu produk tabir surya atau sunscreen, semakin tinggi pula potensi tabir surya tersebut dapat menimbulkan komedo atau acne. Jadi, untuk tipe kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat sebaiknya memilih tabir surya SPF 30 saja.

Demikian pentingnya pakai sunblock di dalam rumah, sehingga Anda tidak boleh men-skip pemakaian produk ini agar proses penuaan dini pada kulit dapat dicegah dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Inilah artikel tentang Pentingnya Pakai Sunblock di Dalam Rumah. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.