Cara Merawat Kecantikan Kulit Usia 30 Tahun ke Atas

by - March 07, 2017

Blog dr.Dini - Cara Merawat Kecantikan kulit usia 30 tahun ke atas tidaklah sama seperti kita berusia 20 tahun. Usia 30 tahun dikatakan sebagai batas usia di mana mulai terjadi proses penuaan.





Di mana saat usia kita 30 tahun, sudah mulai terjadi perubahan pada kulit akibat proses penuaan.

Saat usia kita 30 tahun, terjadi perubahan hormon estrogen yang sangat berpengaruh pada kecantikan kulit, rambut, atau bahkan kuku, di mana pada usia ini terjadi penurunan hormon estrogen jika dibandingkan dengan saat usia 20 tahun.



Pada usia 20 tahun, hormon estrogen berada pada kadar tertinggi dalam tubuh wanita, sehingga pada usia 20 tahunlah, kecantikan kulit berada pada puncaknya.

Seiring dengan penurunan kadar hormon ini, kecantikan kulit pada usia 30 tahun ke atas makin lama makin menurun. Dan jika kecantikan kulit tidak dirawat dengan baik, maka mudah terjadi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus di sekitar mata, dan flek hitam.

Tanda-tanda penuaan dini ini juga terjadi karena pada usia 30 tahun sudah mulai terjadi penurunan kadar kolagen dan elastin dalam lapisan kulit, yang membuat kulit mulai mengendur.

Selain itu, kadar asam hialuronat yang mempertahankan kelembaban kulit juga berkurang, sehingga kulit cenderung kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Keadaan kulit yang kehilangan kelembabannya memicu terjadinya kerutan atau garis halus pada wajah.

Jika Cara Merawat Kecantikan Kulit Usia 30 Tahun Ke Atas tidak sesuai, tanda-tanda penuaan dini akan semakin nyata.

Seperti misalnya, wanita usia 30 tahun ke atas yang berkulit putih, akan lebih mudah terjadi flek atau bintik hitam pada wajahnya. Dan pada ia yang berkulit gelap, akan mulai tampak warna kulit yang tidak merata dan bertambah kusam.

Cara merawat kecantikan kulit usia 30 tahun ke atas wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari terjadinya kulit yang kendur akibat kehilangan elastisitasnya karena kadar kolagen dan elastin dalam kulit sudah mulai berkurang.

Bagaimana cara merawat kecantikan kulit usia 30 tahun ke atas?

Pada usia 20 tahun, kita tidak memerlukan pengelupasan atau eksfoliasi kulit karena kecepatan kulit untuk meregenerasi lapisan kulit yang mati pada usia 20 tahun terbilang cukup.

Pada usia 30 tahun, kemampuan kulit untuk meregenerasi lapisan kulit yang mati menjadi lapisan kulit yang baru sudah melambat, sehingga kita memerlukan proses eksfoliasi tambahan melalui perawatan kulit.

Salah satu perawatan kulit yang bertujuan untuk meng-eksfoliasi lapisan kulit mati adalah dengan memakai krim malam yang mengandung zat yang bisa membantu pengelupasan sel kulit mati ini.

Selain pemakaian krim malam, pengelupasan sel kulit mati juga bisa dilakukan dengan melakukan scrubbing minimal seminggu satu kali.

Atau melakukan perawatan mikrodermabrasi dan dermaroller dengan Dokter, untuk membantu mengelupas sel kulit mati, merangsang produksi kolagen, dan mengecilkan pori-pori yang besar sehingga kulit tampak lebih muda.

Untuk sehari-hari, cara merawat kecantikan kulit usia 30 tahun ke atas adalah sbb.

1. Sabun Pembersih Wajah

Gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung AHA (Alpha Hydroxi Acid) yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah dan halus.

2. Krim Pagi

Gunakan krim pagi yang dapat memberikan perlindungan kulit terhadap sinar UV. Anda dapat memilih antara tabir surya (sunscreen) atau sunblock , sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di usia 30 tahun, lebih baik Anda memilih krim pagi yang juga mengandung pelembab untuk mencegah kekeringan pada kulit, misalnya pelembab yang mengandung asam hialuronat untuk mengembalikan kelembaban kulit Anda.

3. Krim Malam

Krim malam yang mengandung asam retinoat-turunan vitamin A, dapat membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga membantu kecepatan kulit untuk beregenerasi.

Inilah Cara Merawat Kecantikan Kulit Usia 30 Tahun Ke Atas. 

Semoga bermanfaat. 






You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.