Manfaat Memakai Krim Malam

by - February 25, 2017

krim malam, night cream, skin care


Blog dr.Dini - Banyaknya manfaat memakai krim malam untuk kesehatan dan kecantikan kulit menjadikan pemakaian krim malam menjadi produk yang sangat penting dan bisa dikatakan sebagai produk wajib yang harus dimiliki oleh wanita yang ingin merawat kecantikannya.

Manfaat memakai krim malam biasanya akan mulai dirasakan setelah pemakaian 2 minggu. Semakin rutin kita memakai krim malam semakin terasa manfaat memakai krim malam pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah kita.

Manfaat memakai krim malam tidak bisa dan tidak boleh kita rasakan secara instan. Misalnya, kita memakai krim malam yang bersifat whitening atau memutihkan kulit wajah, jika hasil pencerahan kulit wajah dapat terlihat dalam sekali dua kali pemakaian krim malam, maka kita patut curiga, jangan-jangan krim malam tersebut mengandung zat-zat berbahaya seperti Mercury.



Krim malam yang mengandung mercury memang berefek instan untuk memutihkan wajah namun mercury sangat merusak kulit wajah dan kerusakan kulit yang timbul akibat produk krim malam yang mengandung mercury ini bersifat permanen.

Berhati-hatilah dalam memilih produk krim malam. Jangan tergiur dengan sponsor produk krim malam yang menjanjikan hasil pencerahan yang instan. 

Krim malam yang mengandung bahan yang aman dan berguna bagi kulit wajah akan memerlukan proses dalam pencerahan kulit, bukan instan.

Jadi untuk bisa mendapatkan manfaat memakai krim malam, kita harus rutin memakai krim malam setiap hari sebelum tidur.

Sebenarnya, seberapa banyak manfaat memakai krim malam pada wajah kita itu sangat tergantung dari kandungan zat apa yang terdapat dalam krim malam tersebut. Semakin banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam krim malam, semakin banyak pula manfaatnya.

Namun, Lebih baik jika kita memakai krim malam sesuai dengan problem kulit kita. Karena pada malam hari, kulit kita akan beregenerasi, mengganti kulit yang rusak menjadi kulit yang baru, yang tentunya proses regenerasi kulit ini akan sangat terbantu dengan adanya nutrisi dan zat aktif yang terdapat dalam krim malam.

Sehingga problem kulit wajah kita cepat teratasi dengan memakai krim malam.

Inilah Manfaat Memakai Krim Malam Secara Rutin.

1. Manfaat Memakai Krim Malam : Facial Rejuvenation

Facial rejuvenation atau peremajaan kulit wajah adalah salah satu manfaat memakai krim malam yang paling banyak dijanjikan oleh produk-produk anti aging.

Manfaat memakai krim malam yang bersifat anti aging yaitu 
  1. meningkatkan elastisitas kulit, 
  2. meningkatkan warna kulit sehingga kulit tampak lebih cerah, 
  3. menyamarkan garis halus (fine lines) dan kerutan (wrinkle)
  4. menghilangkan flek wajah akibat efek buruk sinar matahari,dan
  5. membantu dalam mempercepat pergantian sel kulit yang baru sehingga kulit tampak lebih muda.
Pemakaian krim malam untuk peremajaan kulit biasanya dilakukan oleh wanita di atas usia 30 tahun, di mana proses penuaan di mulai ketika kita berusia 30 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan tanda-tanda  penuaan dini sudah muncul pada usia sebelum 30 tahun.

Manfaat memakai krim malam untuk peremajaan kulit juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini terutama bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari, merokok, kurang makan buah dan sayur, kurang berolahraga, sering terpapar AC, dan sering berada di lingkungan yang berpolusi.

Manfaat memakai krim malam yang bertujuan untuk peremajaan kulit atau bersifat anti aging ini berkaitan erat dengan komposisi yang terkandung di dalamnya.

Biasanya manfaat memakai krim malam anti aging yang premium dengan kualitas baik dapat dirasakan karena mengandung asam retinoat yang sangat efektif mencegah penuaan.

Asam retinoat adalah turunan vitamin A, yang sering direkomendasikan oleh Dokter Spesialis Kulit untuk mengatasi kerutan dan flek hitam akibat proses penuaan.

Efek anti aging asam retinoat disebabkan karena daya kerja asam retinoat sbb.

·         Asam retinoat mempercepat proses pergantian kulit baru di permukaan kulit sehingga kulit mati lebih cepat terkelupas dan diganti dengan kulit yang baru.
·         Asam retinoat menghambat terjadinya pemecahan kolagen bawah kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.
·         Asam retinoat mempertebal lapisan terdalam kulit sehingga kerutan kulit wajah menjadi sulit untuk terbentuk.

Manfaat memakai krim malam untuk peremajaan kulit juga bisa dirasakan jika krim malam mengandung Argireline. Argireline dapat menghilangkan kerutan dengan membatasi pergerakan otot-otot wajah saat berkontraksi.

Argireline sering disebut-sebut memiliki efek seperti suntikan Botox untuk menghilangkan kerutan akibat otot-otot wajah yang berkontraksi misalnya pada kerutan di dahi, di antara kedua alis, atau yang biasa disebut glabellar lines/wrinkles.

Sebuah penelitian oleh Spanish University yang dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa dengan pemakaian Argireline 10% dapat mengurangi kerutan wajah sebanyak 30% selama 30 hari.

Manfaat memakai krim malam untuk peremajaan kulit bisa juga didapatkan karena zat-zat yang terkandung dalam krim malam selain asam retinoat dan argireline, seperti asam hialuronat, plasenta, kolagen, dll.


2.  Manfaat Memakai Krim Malam :  Whitening

Whitening atau memutihkan adalah manfaat memakai krim malam yang paling banyak didambakan oleh wanita. Di Asia, kulit putih adalah impian sebagian besar wanita.

Manfaat memakai krim malam untuk memutihkan dapat dirasakan jika krim malam mengandung zat yang bersifat lightening agent, seperti alpha arbutin, asam kojic, asam azaleat, asam glikolat, licorice, dll.
Untuk mendapatkan manfaat whitening dalam krim malam secara maksimal, harus dibarengi dengan pemakaian sunblock minimal SF 30 pada siang hari. Karena melindungi kulit dari sinar matahari sebenarnya adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Gunakan tabir surya pada pukul 7 pagi, 12 siang, dan pukul 4 sore karena pada pemakaian sunblock SF 30, kulit hanya terlindungi dari sinar matahari selama 4-5 jam saja.

Manfaat memakai krim malam whitening juga baru dirasakan dengan pemakaian yang rutin. Perubahan warna kulit menjadi lebih cerah terjadi secara bertahap.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa warna kulit yang cepat sekali menjadi putih dalam pemakaian krim malam yang singkat, itu tidaklah wajar jika kita memakai krim malam yang terbuat dari bahan yang aman.

Selain mercury, bahan pemutih kulit yang biasa ditambahkan pada krim malam adalah hydroquinone. Pemakaian hydroquinone secara bebas dilarang. Kecuali, pemakaian hydroquinone di bawah pengawasan Dokter sebagai terapi untuk mengatasi flek melasma.

Krim malam yang mengandung hydroquinone ini harus berdasarkan resep Dokter. Pemakaian krim malam yang mengandung hydroquinone ini tidak boleh karena dapat berakibat buruk jika dipakai dengan tata cara yang salah.

pemakaian krim malam yang mengandung hydroquinone ini bisa menimbulkan flek yang dalam dan permanen, disebut Ochronosis, jika digunakan tanpa pengawasan dari Dokter.

Maka berhati-hatilah dalam memilih krim malam. Sebaiknya, kita harus lebih cermat dalam memilih krim malam dengan memerhatikan nomor BPOM, label halal, dll.


3. Manfaat Memakai Krim Malam : Anti Acne

Manfaat memakai krim malam berikutnya adalah untuk pengobatan jerawat (acne).

Krim malam untuk pengobatan jerawat (acne) biasanya mengandung antibiotika di dalamnya. Beberapa formulasi anti acne lainnya harus dipakai pada malam hari karena bersifat fotosensitif sehingga tidak bisa dipakai pada siang hari.

Krim malam anti acne  sangat signifikan dalam penyembuhan jerawat daripada pemakaian produk anti jerawat tanpa krim malam. 

Inilah manfaat memakai krim malam secara spesifik sesuai dengan keluhan Anda yaitu :
  1.  Facial Rejuvenation
  2. Whitening
  3. Anti Acne
Adapun manfaat memakai krim malam secara umum adalah :
  1. Menghaluskan kulit wajah,
  2. Meningkatkan elastisitas/kekenyalan kulit wajah,
  3. Menghambat penghancuran kolagen kulit wajah,
  4. Meningkatkan warna kulit ke tingkat yang lebih cerah,
  5. Menghilangkan garis halus dan kerutan kulit wajah,
  6. Mencegah terjadinya penuaan dini,
  7. Menghilangkan/Menyamarkan flek hitam pada kulit wajah,
  8. Memutihkan,
  9. Mempercepat proses pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru (eksfoliasi),
  10. Mengobati jerawat, dan
  11. Menghilangkan flek bekas jerawat.
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat memakai krim malam. 
Semoga bermanfaat.😉 

 













You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.