Makan Udang Dengan Kulitnya Bisa Bikin Awet Muda

by - February 14, 2017

awet muda dengan kulit udang, chitosan, chitin, kulit udang chitosan

Blog dr.Dini - Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan chitosan yang terdapat dalam kulit udang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

Pengetahuan ini setidaknya membuat Saya tidak membuang kulit udang saat memasak udang. Namun, apakah benar dengan makan udang dengan kulitnya bisa bikin awet muda?

Seperti kita ketahui, sudah banyak suplemen chitosan beredar, dan proses pembuatan suplemen tersebut pun memerlukan beberapa proses untuk bisa mengekstraksi chitosan dari kulit udang.

Lalu, apakah kita masih dapat merasakan manfaat chitosan jika memakan kulit udang secara langsung?

Menurut seminar Anti Aging Perhimpunan Dokter Akupunktur Indonesia (PDAI) yang saya ikuti di Hotel Balairung (Jakarta, 2016), memakan kulit udang bersifat anti aging sehingga jika kita makan udang dengan kulitnya bisa bikin awet muda. Jadi, kita tetap masih bisa mendapatkan manfaat dari chitosan ini jika memakan kulit udang secara langsung.

Hanya saja, kita harus berhati-hati dalam memakan kulit udang, karena kulit udang yang tebal dari udang yang berukuran besar, biasanya agak tajam dan sulit untuk dikunyah, sehingga dapat saja melukai kerongkongan saat kita menelannya.

Lebih baik mengelola makanan udang ini dengan dipanggang sehingga kulit udang ini sangat crispy sehingga lebih mudah untuk memakannya.

Atau kita bisa memilih udang dengan ukuran lebih kecil, sehingga kulit udang dapat dikunyah dan dicerna tubuh dengan lebih mudah meskipun kulit udang diolah dengan cara direbus.

Sebenarnya apa itu CHITOSAN ?

Chitosan adalah produk alami dari chitin, polisakarida dari eksoskeleton (kulit luar yang kuat seperti 'tulang') udang dan rajungan. Jadi bahan dasar chitosan adalah kulit udang atau cangkang kepiting.

Chitosan adalah selulosa hewan terbesar kedua di bumi.

Chitosan banyak memiliki manfaat untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, saat ini banyak suplemen chitosan yang sudah beredar.

Untuk mengekstraksi chitosan dari kulit udang atau cangkang rajungan membutuhkan beberapa proses sehingga bisa dimanfaatkan sebagai suplemen chitosan.

Inilah cara mengekstraksi chitosan dari kulit udang atau cangkang kepiting.

1. Proses Deproteinasi

Limbah kulit udang dan cangkang rajungan direndam dalam cairan yang bersifat basa, NaOH. Kemudian dipanaskan dengan suhu panas 90 derajat celcius lalu didinginkan.

Setelah itu dibilas dengan air sampai PH netral lalu dikeringkan.

2.Proses Demineralisasi

Hasil limbah kulit udang atau cangkang kepiting yang sudah melalui proses deproteinasi, direndam dalam larutan asam, HCl, lalu dipanaskan 90 derajat celcius kemudian didinginkan.

Setelah itu dibilas dengan air sampai PH netral lalu dikeringkan. Tahapan ini menghasilkan chitin.



3. Proses Deasetilasi Chitin menjadi Chitosan

Chitin dimasukan dalam cairan basa, NaOH, dipanaskan 140 derajat celcius lalu didinginkan. Lalu dicuci dengan air sampai PH netral kemudian dikeringkan. Tahapan ini menghasilkan chitosan.



Baiklah, mari kita simak apa saja manfaat chitosan sehingga jika kita makan udang dengan kulitnya bisa bikin awet muda.

Makan udang dengan kulitnya bisa bikin awet muda terkait dengan manfaat chitosan sbb.


1. Menurunkan Kolesterol

Chitosan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat seperti LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik yaitu HDL.

Chitosan akan menghambat penyerapan lemak jahat dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi, stroke, diabetes, penyakit jantung, dan kegemukan (obesitas).

Chitosan juga menimbulkan efek kenyang yang bertahan lama, karena chitosan adalah serat yang besar (selulosa hewani terbesar kedua) sehingga chitosan tentu membantu untuk menurunkan berat badan.

ketahuilah, penyakit kolesterol atau dislipidemia dan kegemukan adalah penyakit degeneratif yang dapat mempercepat proses penuaan.

Sehingga dengan makan udang dengan kulitnya bisa bikin awet muda karena kandungan chitosan didalamnya dapat menurunkan kolesterol jahat.

2. Menyembuhkan Luka

Chitosan bisa menyembuhkan luka relatif lebih cepat karena chitosan bersifat anti bakteri. Chitosan juga membantu menghentikan perdarahan pada luka dan bersifat hipoalergenik.

Chitosan juga sudah diaplikasikan untuk membantu menghilangkan bekas luka, menyembuhkan luka, membalut luka, bahkan digunakan pada operasi bedah tulang untuk mempercepat penyembuhannya.

3. Mencegah Kanker

Chitosan membantu mencegah pertumbuhan tumor/kanker dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi flora usus.

4. Manfaat Lainnya

Manfaat chitosan lainnya adalah mencegah pembentukan karang gigi, mengontrol tekanan darah, menjaga fungsi organ pencernaan, menjaga kekuatan tulang dengan meningkatkan kadar kalsium, mengurangi kadar asam urat yang tinggi, dan memelihara kecantikan.

Sifat anti aging chitosan memang terbukti untuk memelihara kecantikan dan membuat awet muda sehingga saat ini chitosan sudah banyak digunakan sebagai bahan aktif produk-produk kecantikan seperti pada produk perawatan kulit dan rambut.

Chitosan adalah makanan anti aging yang bersumber dari kulit udang dan cangkang rajungan, yang biasanya kita buang. Kulit udang dapat kita makan secara langsung namun bagaimana dengan cangkang rajungan?

Kita bisa memanfaatkan alat masak panci presto untuk bisa mengkonsumsi kulit udang atau cangkang rajungan yang keras.

Inilah artikel Makan Udang Dengan Kulitnya Bisa Bikin Awet Muda. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.😃

Referensi :

Seminar Anti Aging PDAI Jakarta 2016
Health Benefit of Chitosan or Eating Shrimp Shells
Bio Chitosan Indonesia
Pic : Wikipedia











You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.