Turunkan Berat Badan Anda dengan Akupunktur

by - January 09, 2017


akupunktur untuk obesitas


Blog dr.Dini - Kegemukan atau obesitas adalah suatu keadaan tubuh di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebihan dalam jaringan adiposa.

Selain masalah estetika, kegemukan akibat penumpukan lemak yang berlebihan dalam jaringan adiposa ini akan menjadi sumber beberapa penyakit yang didasari oleh kegemukan, seperti misalnya ;
  1. Diabetes Melitus, 
  2. Dislipidemia (penyakit kolesterol darah yang berlebihan), 
  3. Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), dan 
  4. Aterosklerosis (penumpukan lemak dalam dinding pembuluh darah, yang jika menyumbat pembuluh darah di jantung akan mengakibatkan penyakit jantung).
Mengatasi masalah kelebihan berat badan bukanlah perkara mudah, meskipun banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satu cara untuk mengobati kegemukan atau menurunkan berat badan dengan cara yang aman adalah dengan terapi akupunktur.

Pada dasarnya, prinsip pengobatan kegemukan bukan hanya menurunkan berat badan saja, tetapi bagaimana cara kita mempertahankan berat badan yang sudah mengalami penurunan.

Dengan mempertahankan berat badan agar tetap normal setelah penurunan berat badan berhasil dilakukan, maka risiko terjadinya berbagai penyakit akibat berat badan berlebihan tentu saja dapat dicegah.

Banyak orang yang sukses dalam menurunkan berat badan dengan cepat, namun sangat sedikit yang dapat mempertahankan penurunan berat badan tersebut untuk jangka waktu yang lama (1 tahun atau lebih)(Sepsen, 2015).
  
Turunkan Berat Badan Anda dengan Akupunktur !

Mengapa akupunktur dapat menjadi pilihan pengobatan untuk mengatasi berat badan berlebihan atau obesitas ?


Beberapa mekanisme kerja akupunktur terhadap penurunan berat badan berlebihan adalah sbb :

1. Akupunktur dapat mengaktivasi pusat kenyang di otak (hipothalamus).

Akupunktur dapat mengaktivasi pusat kenyang di hipothalamus melalui peredaran darah dan perangsangan saraf sehingga dengan terapi akupunktur, Anda akan lebih cepat merasa kenyang.

Cara ini akan lebih cepat membantu tubuh untuk membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh saat tubuh memerlukan energi.

2. Akupunktur meningkatkan kadar hormon penghancur lemak.

Akupunktur dapat meningkatkan kadar hormon-hormon alami dalam tubuh yang dapat menghancurkan lemak, seperti hormon endorfin, serotonin, dan encepalin. Sehingga dengan terapi akupunktur secara rutin, tubuh kita dapat menghancurkan sendiri lemak-lemak yang berlebihan.

3. Akupunktur dapat menekan nafsu makan.

Terdapat beberapa titik akupunktur di telinga yang dapat menekan nafsu makan dengan cara mengaktivasi pusat kenyang, menekan pusat lapar di hipothalamus, dan merangsang saraf (N.Vagus cabang auricular) untuk meningkatkan tonus otot lambung dan memperlambat pengosongan lambung, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama pada lambung.

Mekanisme kerja akupunktur terhadap penurunan berat badan melibatkan berbagai proses kimiawi dalam tubuh yang berhubungan dengan terjadinya kegemukan sehingga akupunktur bekerja secara kompleks dalam tubuh saat dilakukan penusukan jarum pada titik-titik akupunktur tertentu.

Prinsip penurunan berat badan dengan akupunktur yaitu tercapainya penurunan berat badan, mempertahankan berat badan setelah penurunan, dan mengurangi risiko akibat kegemukan.

Banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan terapi akupunktur secara rutin dan hasilnya akan lebih relatif memuaskan jika dilakukan bersamaan dengan diet rendah kalori, olahraga, dan perubahan perilaku (perubahan gaya hidup), meskipun dilakukan tanpa obat ataupun pembedahan.

Menurunkan berat badan dengan akupunktur ini sudah dibuktikan berdasarkan evidence based medicine. Sudah tak terhitung banyaknya penelitian medis yang sudah dilakukan di dunia untuk membuktikan apakah akupunktur benar-benar dapat menurunkan berat badan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Zhao dkk pada tahun 2012, terapi akupunktur secara rutin 2 x seminggu selama 6 minggu, yaitu sebanyak 12 kali terapi akupunktur yang dilakukan bersama dengan diet rendah kalori, bukan saja hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol total, menurunkan kadar trigliserida darah, dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, akupunktur juga dapat mengurangi risiko akibat kegemukan.

Inilah artikel tentang Turunkan Berat Badan Anda dengan Akupunktur. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.