Produk Kecantikan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

by - November 12, 2016


ibu hamil boleh pakai whitening


Blog dr.Dini - Proses kehamilan kadang bisa menimbulkan masalah tersendiri pada kulit terkait dengan perubahan hormon yang terjadi.

Hiperpigmentasi atau pembentukan flek hitam pada kulit terjadi pada hampir semua ibu hamil. Perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam kehamilan diketahui mempunyai peran dalam pembentukan flek hitam pada ibu hamil.

Di samping peranan hormon estrogen dan progesteron dalam pembentukan flek, atau yang biasa disebut melanogenesis dalam bahasa kedokteran, peningkatan kadar serum melanocyte stimulating hormone (MSH) pada trimester kedua kehamilan juga dikatakan dapat bekaitan dengan pembentukan flek.

Selain hiperpigmentasi, masalah kulit wajah yang sering terjadi pada kehamilan adalah jerawat atau disebut juga acne vulgaris. 

Keluhan kulit wajah pada ibu hamil ini tentu dapat membuat ibu hamil kebingungan untuk merawat wajahnya karena produk skincare yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah selama kehamilan juga terbatas terkait dengan tingkat keamanan produk skincare tersebut terhadap janin

Lalu bagaimanakah caranya untuk memilih produk skincare yang aman untuk ibu hamil?

Langkah awal untuk memilih produk skincare yang aman untuk ibu hamil adalah berkonsultasi pada Dokter ObGyn Anda. Tanyakan pada Dokter ObGyn Anda perihal produk skincare yang Anda pakai.

Biasanya produk skincare tertentu dapat mengandung bahan-bahan kimiawi yang bisa berbahaya terhadap janin Anda.

Berhati-hatilah dalam memilih produk skincare yang aman untuk ibu hamil. Sebaiknya Anda menghindari kosmetik-kosmetik di bawah ini selama kehamilan karena bisa saja mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi janin Anda.

Produk skincare yang berfungsi memutihkan kulit wajah atau menghilangkan flek wajah terkadang bisa mengandung bahan berbahaya yang sudah tidak memiliki izin edar di beberapa negara.

Penggunaan bahan whitening tersebut penggunaannya dapat sangat terbatas dan harus dalam pengawasan Dokter. Namun, ternyata produk pemutih wajah yang mengandung bahan whitening tersebut masih banyak beredar di pasaran dan dijualbebas.

Berhati-hatilah terhadap produk skincare whitening yang belum jelas kandungannya dan belum terdaftar dalam BPOM karena bisa jadi produk skincare tersebut mengandung bahan aktif whitening yang berbahaya terutama terhadap janin.

Meskipun belum dapat disimpulkan efek samping berbahaya produk skincare whitening ini terhadap manusia secara langsung, namun beberapa penelitian terhadap hewan yang hamil bisa menjadi 'perwakilan' atas efek samping produk skincare whitening ini selama kehamilan.

Penggunaan produk skincare whitening dengan bahan-bahan aktif tertentu bisa menyebabkan kelahiran mati, cacat bawaan, dan berat badan lahir yang lebih rendah dari normal pada hewan.

Meskipun belum dapat disimpulkan efek sampingnya terhadap manusia, lebih baik jika kita tidak mengambil kemungkinan yang demikian berisiko untuk sekedar memakai produk skincare whitening.

Jangan khawatirkan flek hitam yang muncul pada kehamilan. Karena flek hitam tersebut dapat hilang dan memudar dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Hindarilah pemaparan sinar matahari selama kehamilan jika memungkinkan untuk meminimalisir pembentukan flek hitam dan gunakanlah tabir surya atau sunblock yang berbahan dasar alami.

Untuk beberapa keadaan, flek hitam ini dapat menetap dan bertambah meskipun setelah melahirkan, misalnya jika ibu menggunakan kontrasepsi hormonal seperti KB suntik dan pil KB.

Namun, selama menyusui juga tidak dianjurkan untuk memakai produk skincare whitening yang bisa berbahaya dan terserap melalui ASI.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan Dokter ObGyn Anda jika ingin memilih produk skincare whitening selama kehamilan dan juga berkonsultasi dengan Dokter Anak Anda jika ingin memakai produk skincare whitening selama masa menyusui.

Inilah artikel tentang Produk Skincare Yang Aman Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

produk kecantikan yang aman, ibu hamil

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.