Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

by - September 13, 2016



Blog dr.Dini - Makanan dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria ini bisa dibuktikan dengan berbagai macam penelitian yang memfokuskan adanya hubungan erat antara makanan sehat dengan tingkat kesuburan seseorang.

Makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan rendah lemak, tinggi protein, dan rendah gula, dikatakan oleh tim kesehatan dari Harvard School of Public Health, yang melakukan penelitian selama 8 tahun ini, dapat meminimalkan gangguan kesuburan hingga 69%.

Memang makanan yang kurang sehat seperti makanan tinggi lemak dan rendah serat ini sangat mudah menyebabkan kegemukan. Kegemukan misalnya pada seorang wanita dapat menyebabkan ia sulit mengalami kehamilan.

Sebab, keadaan gemuk atau obesitas dapat membuat indung telur tidak dapat mengeluarkan sel telur dan meskipun jika pembuahan sudah terjadi, proses untuk menuju kehamilan itu akan sulit karena jalan embrio hasil pembuahan bisa saja tertutup oleh lemak.

Karena itu, makanan sehat tentu sangat berperan untuk dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Makanan yang meningkatkan kesuburan wanita dan pria adalah sebagai berikut.

Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan Wanita


Makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita adalah ;

1. SEREAL

Yang dimaksud dengan sereal di sini adalah makanan yang mengandung zat gizi karbohidrat kompleks seperti oat meal, beras merah, roti gandum, dan tepung jagung.

Karbohidrat kompleks tidak menimbulkan efek buruk akibat peningkatan gula darah berlebihan seperti pada makanan sumber karbohidrat lainnya misalnya nasi.

Nasi atau beras putih jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan kegemukan karena nilai indeks glikemiknya tinggi. Dan kegemukan itu sendiri dapat menghambat kesuburan.

2. BUAH BERRY

Buah berry seperti strawberry, blackberry, rasberry, blueberry sangat kaya akan antioksidan yang dapat melawan racun perusak kesehatan kita.

Kesuburan juga dapat terganggu akibat radikal bebas, polusi udara, dan lingkungan yang tidak sehat. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan racun akibat radikal bebas dan polusi udara yang dapat mengganggu kesuburan.

Bahkan saat seorang wanita sudah mengalami kehamilan, dampak buruk lingkungan seperti radikal bebas dan polusi udara dapat mengganggu pertumbuhan janin. Antioksidan yang terdapat dalam buah berry dapat mencegah hal itu terjadi.

3. SUSU RENDAH LEMAK

Susu rendah lemak dapat membantu asupan nutrisi ibu yang akan merencakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan tanpa khawatir akan kegemukan.

Selain mudah terjadi kegemukan, konsumsi asupan makanan tinggi lemak juga dapat menyebabkan kadar kolesterol darah meningkat atau disebut hiperkolesterolemia.

Kadar kolesterol darah yang lebih tinggi dari normal dapat mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh yang berpotensi menghambat proses kehamilan.

Keadaan hiperkolesterolemia itu sendiri dapat menurunkan kesuburan.

4. IKAN SALMON

Ikan salmon mengandung protein yang sangat baik untuk kesuburan. Protein yang terdapat dalam ikan salmon juga membantu meningkatkan kualitas sel telur agar dapat menciptakan embrio hasil pembuahan yang lebih baik.

Asam lemak esensial dalam ikan salmon membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kesuburan.

5. BROKOLI

Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin, mencegah bayi lahir cacat, mencegah timbulnya blighted ovum (kehamilan terjadi namun hanya berupa kantong kehamilan saja, hormon HCG positif, namun tidak terdapat janin dalam kantong kehamilan), dan membantu meningkatkan kesuburan.

Brokoli mengandung asam folat yang tinggi.

Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan Pria


Makanan yang meningkatkan kesuburan pria adalah ;

1. IKAN SALMON

Di samping dapat meningkatkan kesuburan pada wanita, ikan salmon dapat meningkatkan kesuburan pria juga. Selenium adalah mineral yang terkandung dalam ikan salmon yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

Mineral selenium akan membantu melindungi sperma dari radikal bebas karena mineral selenium termasuk dalam antioksidan.

Beberapa penelitian juga telah menyimpulkan bahwa mineral selenium dapat meningkatkan kualitas sperma sehingga meningkatkan kesuburan.

2. WORTEL

Pada wortel terdapat zat beta-karoten yang dapat meningkatkan kemampuan gerak sperma pada saat akan membuahi sel telur dalam tuba falopii (saluran telur). Dan zat likopen yang terdapat dalam wortel juga dapat membuat bentuk sperma menjadi sempurna sehingga dapat membuahi sel telur.

Selain wortel, makanan yang meningkatkan kesuburan pria dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma adalah ubi dan melon.

3. PISANG

Pisang mengandung vitamin A, B1, C, asam amino L-Arginin, L-Carnitin serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan produksi sperma.

Zat-zat yang terkandung dalam pisang inilah yang meningkatkan kesuburan pada pria.

4. AVOKAD

Lemak baik yang terdapat dalam buah avokad dapat membantu hormon insulin dalam tubuh pria berfungsi dengan benar sehingga dapat menyeimbangkan hormon reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

5. SEMANGKA

Buah semangka banyak mengandung antioksidan dan likopen yang dapat meningkatkan kesuburan pria serta mencegah terjadinya kanker prostat.

6. IKAN MAKAREL

Ikan makarel adalah ikan laut yang mengandung asam lemak esensial, yang penting untuk sistem reproduksi pria. Ikan makarel dapat membantu proses pematangan sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Namun, sayangnya saat ini banyak ikan laut yang sudah tercemar logam berat merkuri termasuk juga ikan makarel. Ikan laut yang juga sering terkontaminasi merkuri antara lain adalah ikan tuna sirip biru, ikan hiu, dan ikan marlin.

Jika kita mengkonsumsi ikan laut yang tercemar bahan berbahaya seperti logam berat merkuri, bukannya baik untuk kesuburan tapi justru akan merusak kesehatan dan menghambat kesuburan.

7. DAUN KATUK

Sayuran daun katuk identik dengan manfaatnya yang dapat meningkatkan produksi ASI. Ternyata, daun katuk juga dapat memperbaiki mutu sperma yang kurang baik, loh. 

Sayuran yang dapat meningkatkan kesuburan pria selain daun katuk adalah bayam. Bayam dapat memperbaiki kualitas sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.


8. TOGE

Sayuran toge atau kecambah mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan vitalitas pria dan meningkatkan kualitas sperma.

9. KACANG TANAH

Kacang tanah mengandung protein nabati, vitamin, dan mineral yang baik untuk memperbaiki kesuburan pria. Kacang tanah dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

10. JERUK

Buah jeruk dapat meningkatkan kesehatan dan kesuburan pria karena buah jeruk mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Dalam buah jeruk juga terdapat asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma dan menjaga kualitas sperma agar tetap baik dan mampu untuk membuahi sel telur.

Hubungan makanan sehat dengan adanya kesuburan atau peluang untuk hamil sangatlah relatif tergantung pada kondisi kesehatan seseorang.

Jika seorang wanita ingin hamil sedangkan ia tengah mengalami penyakit yang dapat menghambat kehamilan seperti misalnya mioma uteri yang besar atau kelainan hormonal, maka pengaturan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, tidaklah cukup tanpa adanya pengobatan terkait penyakit tersebut.

Namun, tetap saja pengaturan menu makanan sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan termasuk dalam hal kesuburan.

Demikianlah, artikel tentang Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.