Makanan Rendah Kalori Untuk Diet

by - September 14, 2016


Blog dr.Dini -  Makanan rendah kalori untuk diet kebanyakan berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan dan sayur-sayuran ini dapat dimakan sebagai pendamping makan nasi atau bisa juga digunakan sebagai pengganti cemilan.


Saat Anda merasakan 'lapar' di antara waktu makan, misalnya di antara waktu makan pagi dan makan siang, biasanya Anda akan memakan cemilan yang akan mempengaruhi berat badan Anda. Nah, lebih baik Anda memilih makanan rendah kalori sebagai cemilan Anda.

Jika Anda memilih makanan rendah kalori sebagai cemilan maka kebiasaan ngemil Anda juga dapat bermanfaat untuk diet.

Apa saja makanan rendah kalori untuk diet yang dapat dijadikan alternatif cemilan di saat-saat santai Anda bersama keluarga ?
1. Makanan rendah kalori untuk diet - Kol atau Kubis

Kubis bisa dijadikan alternatif cemilan untuk Anda. Anda dapat merebus kubis dan memakannya sebagai lalapan saat Anda merasa lapar padahal belum waktunya untuk makan.

Di samping mempunyai rasa manis dan renyah, kubis juga mengandung berbagai zat gizi vitamin, mineral, serat, dan zat aktif pencegah kanker.

Kubis mengandung glukosinolat yang berperan untuk mendetoksifikasi atau menghilangkan racun dalam tubuh. Kubis juga mengandung sulforapan yang bersifat anti kanker.

Kubis yang berwarna ungu memiliki kandungan antocyanin yang berperan untuk mencegah kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker pada seseorang yang sudah terkena kanker.

Dengan manfaatnya yang sangat bernilai, kubis hanya memiliki nilai kalori sebanyak 22 kalori sebanyak 1 gelas (250 ml).

2. Makanan rendah kalori untuk diet - Buah Berry

Buah Berry misalnya strawberry, blueberry, blackberry, dan rasberry merupakan salah satu makanan rendah kalori untuk diet yang dapat menjadi pilihan Anda sebagai pengganti cemilan.

Buah Berry juga sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, mencegah kanker, dan mencegah penyakit jantung.

Buah berry mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjadikan buah berry sebagai cemilan, bukan hanya dapat mengganjal perut ketika Anda lapar saja, namun manfaat lainnya yang juga dapat Anda rasakan adalah penurunan berat badan, peningkatan daya tahan tubuh, dan pencegahan terjadinya penuaan dini.

10 buah strawberry memiliki nilai kalori tidak sampai 50 kalori. Dengan berbagai manfaat strawberry dan buah berry lainnya untuk kesehatan, maka buah berry dapat dijadikan alternatif cemilan untuk diet.

3. Makanan rendah kalori untuk diet - Alpukat

Buah Alpukat memang masih memiliki nilai kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan rendah kalori lainnya, namun buah alpukat dapat menghancurkan lemak jahat dan mengurangi lingkar perut akibat penumpukkan lemak.

Buah alpukat memiliki rasa yang enak dan mudah menimbulkan rasa kenyang sehingga buah alpukat sangat cocok dijadikan cemilan saat Anda merasa lapar.

Satu buah alpukat memiliki nilai kalori sebanyak 100 kalori. Dengan memakan satu buah alpukat akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

4. Makanan rendah kalori untuk diet - Tomat

Tomat bisa dijus atau dimakan begitu saja sebagai pengganti cemilan Anda. Kandungan vitamin C dalam tomat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak gampang terserang penyakit meskipun sedang diet.

Tomat memiliki nilai kalori yang sangat rendah sekali sehingga jika kita mengkonsumsi tomat untuk makanan diet, nilai kalorinya dapat diabaikan. Sangat menakjubkan.

5. Makanan rendah kalori untuk diet - Apel

Apel memiliki nilai nutrisi yang baik untuk tubuh yaitu vitamin, mineral, dan serat. Buah Apel dapat dijadikan pengganti cemilan Anda karena rasa kenyang yang didapat dari memakan satu buah apel dapat bertahan relatif lama.

1 buah apel mengandung nilai kalori 50 kalori.

6. Makanan rendah kalori untuk diet - Kolang kaling

Kolang kaling dapat dijadikan cemilan karena dapat menurunkan berat badan mengingat kolang kaling banyak mengandung serat sehingga kolang kaling dapat melancarkan pencernaan dan membuang lemak jahat tubuh.

Biasanya kolang kaling ini diolah sebagai manisan atau kolak. Untuk mendapatkan manfaat kolang kaling secara maksimal, olahlah buah kolang kaling dengan tidak terlalu manis.

Nilai kalori 1 buah kolang kaling adalah sebanyak 10 kalori.

7. Makanan rendah kalori untuk diet - Brokoli

Sayuran brokoli dapat dijadikan alternatif cemilan dengan cara direbus lalu dijadikan lalapan atau salad. Sayuran brokoli dapat cepat memberikan rasa kenyang meskipun memiliki nilai kalori yang sangat rendah yaitu 31 kalori sebanyak 100 gram (1 gelas ukuran sedang).

8. Makanan rendah kalori untuk diet - Jeruk Manis

Saat Anda merasa lapar padahal belum saatnya untuk makan, buah jeruk dapat menjadi pilihan untuk cemilan.

Siapa yang tidak mengenal kandungan vitamin C dalam buah jeruk yang dipercaya dapat menghancurkan lemak jahat tubuh.

Makanlah 2 buah jeruk manis saat Bunda ingin ngemil. Dengan memakan 2 buah jeruk, Anda hanya mendapatkan nilai kalori sebanyak 50 kalori saja.

9. Makanan rendah kalori untuk diet - Ketimun

Ketimun dapat dimakan begitu saja atau dibuat sebagai acar sebagai pengganti cemilan Anda. Ketimun dapat menurunkan berat badan karena jika kita memakan 100 gram ketimun hanya memberikan nilai kalori sebanyak 10 kalori saja.

Namun, banyak wanita yang menghindari ketimun ini terkait dengan mitos bahwa jika mengkonsumsi banyak ketimun dapat menyebabkan keputihan.

Padahal faktor pemicu timbulnya keputihan tersebut sangatlah bervariasi dan tidak dapat dikaitkan dengan konsumsi ketimun saja.


10. Makanan rendah kalori untuk diet - Oat Meal

Oat meal adalah sumber karbohidrat kompleks dengan nilai kalori relatif rendah per sendok dan mengandung serat tinggi yang sangat cepat untuk menurunkan berat badan.

Oat meal melawan lemak jahat tubuh sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam oat meal melancarkan pencernaan sehingga memudahkan transportasi lemak dalam saluran pencernaan menuju 'pembuangan'.

Saat Anda memilih oat meal sebagai pengganti cemilan atau bahkan sebagai pengganti nasi sarapan, maka keuntungan yang bisa didapat adalah penurunan kelebihan berat badan secara relatif cepat, fungsi pencernaan yang baik, penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, pencegahan penyakit jantung, dan rasa kenyang yang lebih lama.

Nilai kalori untuk satu sendok makan oat meal adalah hanya 29 kalori saja.

Inilah 10 makanan rendah kalori untuk diet yang dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Semoga bermanfaat.





You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.