Menjaga Kesehatan Wanita Usia 40 Tahun Ke Atas

by - August 13, 2016

usia 40 tahun

Blog dr.Dini - Apakah Anda akan segera memasuki usia 40 tahun ? Kalau begitu, di usia Anda yang 40 tahun, Anda harus lebih menjaga kesehatan Anda dengan lebih intensif lagi, karena usia 40 tahun adalah usia yang istimewa.


 Mengapa usia 40 tahun begitu istimewa sampai-sampai ada ungkapan Life begins at Forty ? Sebenarnya usia 40 tahun termasuk ke dalam usia peralihan seorang wanita dari masa reproduktif aktif menuju masa menopause.

Di mana pada masa peralihan ini terjadi penurunan hormon kewanitaan secara terus menerus sampai akhirnya produksi hormon kewanitaan tersebut berhenti pada masa menopause. Masa peralihan ini disebut juga masa perimenopause.

Masa perimenopause setiap wanita tidak bisa dipastikan kapan akan terjadi. Namun dikatakan oleh para Ahli bahwa masa perimenopause akan berlangsung selama 2-8 tahun ditambah 1 tahun sebelum siklus haid benar-benar berhenti pada masa menopause.

Mengingat masa menopause biasanya terjadi pada usia 50 tahun ke atas, maka diperkirakan masa perimenopause terjadi sekitar usia 40 tahun ke atas atau lebih, meskipun kadang masa menopause bisa terjadi sebelum usia 50 tahun.

Sebenarnya penurunan hormon kewanitaan sudah terjadi sejak usia 37 tahun pada beberapa wanita yang mungkin saja bisa menimbulkan gejala perimenopause seperti pada wanita berusia 40 tahun ke atas.

Gejala masa perimenopause yang bisa dirasakan seorang wanita adalah siklus haid yang mulai tidak teratur, ketidakstabilan emosi, kehilangan gairah/libido, perasaan menjadi lebih sensitif, sering terjadi infeksi saluran kemih, perasaan panas pada wajah, leher, punggung, dada atau yang biasa disebut hot flashes.

Yang dapat menjadi masalah dalam rumah tangga jika tidak dikomunikasikan dengan baik bersama pasangan adalah rasa kesakitan wanita usia 40 tahun ke atas saat berhubungan intim. Ini terkait dengan produksi cairan vagina yang berkurang sehingga menimbulkan nyeri.

Selain itu, masa perimenopause akan mengubah fisik seorang wanita usia 40 tahun ke atas terkait dengan perubahan hormon. Penurunan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron pada wanita sangat berpengaruh pada perubahan fisik wanita usia 40 tahun ke atas.

Perubahan fisik yang dapat terjadi pada wanita usia 40 tahun ke atas adalah berupa :

1. Kondisi fisik yang mulai menurun sehingga tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit terutama penyakit yang terkait dengan metabolisme seperti Diabetes Melitus Tipe 2 dan hipertensi.

2. Penurunan metabolisme tubuh yang juga memicu timbulnya penimbunan lemak terutama di rongga perut.

3. Penurunan kepadatan tulang dimana memicu timbulnya pengeroposan tulang atau osteoporosis terutama saat masa menopause tiba.

4. Penurunan keleluasaan sendi-sendi sehingga wanita usia 40 tahun ke atas bisa terserang pengapuran sendi atau osteoartritis.

5. Penurunan fungsi otak sehingga jika wanita usia 40 tahun ke atas tidak mengasah tingkat intelegensia nya maka akan mudah terserang penyakit kepikunan atau Al Zheimer.

Melakukan aktivitas sosial yang positif, membaca buku, dan belajar bahasa baru dapat meningkatkan intelegensia dan mencegah kepikunan.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan wanita usia 40 tahun ke atas ?

Sebenarnya faktor yang paling penting diingat untuk menjaga kesehatan wanita usia 40 tahun ke atas ada 3 poin. 3 poin yang paling penting untuk menjaga kesehatan wanita usia 40 tahun ke atas adalah :

1. Kelola Stres Dengan Positif

Setiap manusia memiliki tingkat stres yang berbeda-beda. Masalah yang sama bisa bernilai berbeda-beda pada setiap orang. Ada beberapa orang yang menilai masalah itu berat. Namun, ada juga beberapa orang yang menanggulangi masalah yang sama dengan ringan.

Mengapa bisa begitu ?

Itulah yang disebut sudut pandang seseorang. Masalah boleh sama namun sudut pandang yang membedakan. Masalah bisa berakibat positif atau negatif, tergantung sudut pandang seseorang. Meskipun demikian, selalu ingatlah bahwa selalu ada hikmah dalam setiap masalah.

Memiliki sudut pandang yang positif terhadap berbagai masalah akan berdampak sehat terutama bagi diri kita sendiri. Karena itu, kelola stres dengan sudut pandang yang positif agar kita selalu sehat dan panjang umur.

2. Nutrisi Tepat Porsi Tepat

Nutrisi tepat namun jika tidak dengan porsi yang tepat tentu akan semakin memperburuk penimbunan lemak perut yang mudah terjadi akibat penurunan hormon estrogen pada wanita usia 40 tahun ke atas.

Asupan sumber protein yang baik untuk wanita usia 40 tahun ke atas adalah bersumber dari ikan atau produk kedelai seperti tahu dan tempe. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung yang banyak terjadi pada usia 40 tahun ke atas.

Sedangkan produk kedelai seperti tahu dan tempe sangat baik dikonsumsi oleh wanita usia 40 tahun ke atas karena kandungan phytoestrogen-nya. Phytoestrogen mampu mengatasi masalah-masalah akibat penurunan kadar hormon estrogen pada masa perimenopause.

Bahkan terdapat suplemen kesehatan untuk wanita perimeopause dan menopause yang komposisinya ya phytoestrogen itu.

Kemudian buah-buahan yang dianjurkan untuk wanita usia 40 tahun ke atas adalah buah berry (strawberry, blueberry, rasberry, cranberry, blackberry) dan anggur merah karena mengandung banyak antioksidan yang mampu mengatasi proses penuaan dini.

Sayur-sayuran seperti brokoli dan wortel juga banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan wanita usia 40 tahun ke atas.

Sumber karbohidrat yang baik untuk wanita usia 40 tahun ke atas adalah beras merah dan oat meal.

Gantilah minyak goreng Anda dengan minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak kedelai. Karena minyak-minyak tersebut adalah minyak tidak jenuh yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Di samping memperhatikan asupan makanan yang masuk, wanita usia 40 tahun ke atas juga dianjurkan untuk menjaga asupan cairan sesuai kebutuhan. Hendaknya asupan cairan ini tidak berlebihan atau tidak kekurangan agar fungsi ginjal tetap terjaga baik.

Kebutuhan cairan usia 40 tahun adalah 30 - 35 ml / Kg berat badan / hari. Jadi jika Anda memiliki berat badan 60 Kg, maka kebutuhan cairan tubuh Anda adalah 1800 - 2100 ml / hari.

3. Olahraga

Jika ingin sehat, kita tidak bisa melepaskan olahraga dalam kehidupan kita. Olahraga yang cocok untuk wanita usia 40 tahun ke atas adalah berenang, menunggang kuda, bersepeda santai, berjalan pagi, atau aerobik air (berjalan atau berlari di dalam kolam renang).

Selain 3 poin di atas, penting untuk segera mengatasi masalah kesehatan yang mungkin sudah terjadi ketika menginjak usia 40 tahun. Masalah kesehatan yang biasanya terjadi pada wanita usia 40 tahun ke atas adalah hipertensi, diabetes melitus, dislipidemia (kolesterol), osteoartritis, osteoporosis, dan tumor payudara.

Usia 40 tahun juga adalah waktu yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mamogram bagi wanita untuk mendeteksi adanya tumor payudara. Jika tumor payudara ditemukan masih dalam stadium dini maka bisa segera disembuhkan.

Usia 40 tahun adalah anugerah di mana di usia ini, seseorang akan tampak tingkat kematangan dirinya. Namun, menjaga kesehatan wanita usia 40 tahun ke atas tidaklah sama dengan menjaga kesehatan wanita saat usia sebelum 40 tahun.

Ulasan dalam artikel ini hanyalah poin-poin singkat saja namun penting yang mungkin bisa terlupakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat selalu.

You May Also Like

1 komentar

  1. Membaca nya membuat saya khawatir karena usia saya saat ini sudah mendekati 40 an. Padahal pada usia segitu biasanya persoalan dalam rumah tangga semakin besar. Yah semoga saja saya bisa melaluinya dengan baik dan melakukan hal sesuai dengan yang anda tulis.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.