Kapan Anak Harus Dirawat Inap di Rumah Sakit

by - July 27, 2016

infus, intravenous, rawat inap

Blog dr.Dini - Sangat penting bagi kita untuk mendapatkan acuan tentang kapan anak harus dirawat inap di rumah sakit terkait dengan kondisi kesehatannya.

Kita memang tidak pernah berharap bahwa si kecil harus dirawat inap, namun pada penyakit tertentu perawatan di rumah dengan obat yang diberikan sesuai dengan resep Dokter kadangkala tidak mencukupi.

Misalnya, pada kondisi si kecil yang makin lama makin bertambah buruk meskipun sudah meminum obat atau pada kondisi di mana si kecil tidak bisa menelan obatnya karena gejala muntah-muntah progresif yang ia alami.

Kita harus peka terhadap kondisi si kecil terutama tentang kapan sebaiknya kita memutuskan untuk membawa si kecil untuk segera ke rumah sakit.

Kapan kira-kira anak perlu dirawat inap di rumah sakit ?

Biasanya kapan anak perlu dirawat inap di rumah sakit diketahui saat kita membawa si kecil ke Dokter. Dokter akan menentukan apakah si kecil cukup dirawat jalan saja atau harus dirawat inap.

Namun, jika tanda-tanda anak perlu dirawat inap di rumah sakit ini terjadi pada malam hari atau ketika praktek Dokter Anak telah tutup, maka hal berikut ini bisa menjadi acuan bagi kita.

Kondisi anak yang membutuhkan rawat inap di rumah sakit adalah sbb ;

1. Kondisi memburuk.

Jika kondisi anak bertambah buruk meskipun telah meminum obat dari Dokter,

2. Muntah dan diare yang progresif.

Bila anak muntah-muntah terus sehingga ia tidak bisa menelan obatnya, apalagi jika kondisi muntah-muntah anak disertai dengan gejala diare, jika tidak segera dibawa ke rumah sakit, risiko terbesar yang dapat terjadi adalah dehidrasi.

Pada anak yang masih bayi, kondisi dehidrasi ini lebih cepat terjadi. Jika bayi sudah terlanjur mengalami dehidrasi berat, maka akan sulit untuk melakukan tindakan pemasangan infus untuk memberikan pertolongan berupa cairan untuk mengatasi dehidrasinya.

Karena pada keadaan dehidrasi berat, biasanya diameter pembuluh darah akan mengecil (kolaps) sehingga biasanya sulit bagi petugas kesehatan untuk melakukan pemasangan jarum infus.

3. Berak darah.

Saat si kecil mengalami berak darah yang disertai dengan diare, perut kembung, dan nyeri perut, segera bawa si kecil ke rumah sakit. Meskipun banyak penyebab yang dapat menimbulkan gejala berak darah namun salah satu penyebab berbahaya adalah penyakit Hirschprung yang penanganan definitifnya adalah pembedahan.


4. Sesak napas.

Jika si kecil mempunyai asma bronkiale, maka saat serangan asma timbul dengan gejala sesak napas sampai si kecil terlihat tersengal-sengal, apalagi saat sesak napas tidak membaik setelah diberi terapi inhalasi di rumah, maka saat itu, Anda harus membawa si kecil ke rumah sakit.


5. Kejang.

Jika anak mengalami kejang berulang atau kejang yang disertai dengan penurunan kesadaran.

6. Demam tinggi.

Saat anak mengalami demam tinggi apalagi jika suhu tubuh anak mencapai 41 derajat celcius. Keadaan ini disebut hiperpireksia. Penyebab terbanyak hiperpireksia adalah infeksi, alergi, dan penyakit keganasan.

Demam tinggi yang tidak kunjung turun meskipun telah diberi obat juga perlu diwaspadai apalagi jika demam tinggi tersebut kembali muncul pada hari ke ketiga sampai kelima setelah demam sudah turun pada hari sebelumnya. Gejala demam seperti ini adalah khas milik Demam Berdarah Dengue.


Anak juga mungkin perlu dirawat inap di rumah sakit saat demam tinggi tidak hilang juga setelah mengkonsumsi obat antibiotika yang telah diberikan oleh Dokter selama 2 hari.

Semoga artikel ini bisa menjadi acuan untuk Anda tentang kapan anak harus dirawat inap di rumah sakit jika kondisi-kondisi terkait di atas terjadi saat Anda tidak bisa menghubungi Dokter misalnya pada larut malam atau saat praktek Dokter Anak Anda sudah tutup.

Inilah artikel tentang Kapan Anak Harus Dirawat Inap di Rumah Sakit. Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.