Operasi Caesar dan Gangguan Pernapasan Bayi Baru Lahir

by - June 23, 2016

Blog dr.Dini - Ternyata persalinan secara operasi caesar itu tidak hanya memberikan pengaruh terhadap ibu namun juga terhadap bayi. Salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami bayi baru lahir melalui operasi caesar adalah masalah pernapasan.

gangguan pernapasan dan caesar
Menurut penelitian, adanya gangguan pernapasan yang lebih banyak terjadi pada bayi baru lahir melalui operasi caesar berhubungan dengan usia kehamilan saat dilakukannya operasi caesar. Dalam kondisi tertentu, operasi caesar dilakukan antara usia kehamilan 38 sampai 39 minggu.

Semakin muda usia kehamilan ibu saat dilakukannya operasi caesar, semakin tinggi risiko bayi baru lahir mengalami gangguan pernapasan. Hal ini berhubungan dengan proses pematangan paru janin yang belum sempurna saat harus dilahirkan melalui operasi caesar.

Pada persalinan normal, bayi akan dilahirkan melalui proses alami di mana saat itu proses pematangan paru janin sudah sempurna, yaitu pada usia kehamilan 40 minggu. Paru-paru janin yang sudah 'matang' akan berhasil mengembang dengan baik saat ia dilahirkan yang ditandai dengan tangisan kuat.

Selain itu, pada persalinan normal terjadi stimulasi pada janin saat ia melalui jalan lahir bunda, sehingga paru-paru bayi lebih 'siap' untuk mengembang saat terpapar oksigen ketika ia dilahirkan.

Dikatakan pada beberapa penelitian bahwa stimulasi yang didapatkan bayi pada persalinan normal ini tidak didapatkan pada bayi yang dilahirkan secara operasi caesar. Sehingga saat ia dilahirkan secara operasi caesar, paru-paru bayi tidak terlalu 'siap' untuk mengembang ketika terpapar oksigen.

Presentase kejadian bayi baru lahir yang mengalami gangguan pernapasan lebih banyak terjadi pada bayi yang dilahirkan secara operasi caesar.

Gangguan kesehatan bayi baru lahir ini bisa segera diketahui seketika setelah bayi dilahirkan dengan menilai APGAR SCORE.

Nilai 1/10 - 3/10 artinya bayi tidak sehat
         4/10 - 6/10 artinya bayi mengalami sedikit gangguan kesehatan
         7/10 - 9/10 artinya bayi sangat sehat.

Adapun yang dinilai dalam Apgar Score ini adalah warna kulit, denyut jantung, respons refleks, tonus otot, dan pernapasan.

Operasi caesar dan gangguan pernapasan bayi baru lahir sangat berhubungan. Hal ini disebabkan karena proses pematangan paru bayi yang belum sempurna saat dilakukan operasi caesar dan tidak adanya stimulasi pada janin seperti yang terjadi pada persalinan normal.

Inilah hubungan antara persalinan caesar dan gangguan pernapasan bayi baru lahir.

Semoga bermanfaat. 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.