Cara Memilih Dokter Anak Yang Sesuai Bagi Anak Anda

by - June 02, 2016


Blog dr.Dini - Anak balita rentan terkena penyakit yang akan membawa buah hati kita mengunjungi Dokter Anak untuk berobat. Bagaimana cara memilih Dokter Anak yang sesuai bagi anak kita? 

Banyak Dokter Anak yang dapat kita jumpai terutama jika Anda tinggal di kota-kota besar. Namun, meskipun profesi Dokter Anak ini banyak dijumpai, memilih Dokter Anak yang sesuai bagi anak tentu tidaklah mudah.

Saat Anda memilih Dokter Anak yang sesuai maka Anda tidak akan berganti-ganti Dokter Anak. Hal ini sangat penting, karena dengan tidak berganti-ganti Dokter Anak, maka Dokter Anak akan mengenal medical record anak kita dengan baik.

Jadi di lain waktu jika anak Anda mengalami masalah kesehatan yang sama dengan yang terjadi di masa lampau, maka Dokter Anak yang sama akan mengetahui riwayat penyakit masa lampau anak Anda, sehingga pemilihan terapi yang tepat sudah pasti dapat diberikan.

Baiklah, inilah cara memilih Dokter Anak yang sesuai bagi anak versi Blog dr.Dini.

1. JARAK

Memilih Dokter Anak yang banyak direkomendasikan kerabat karena kualitasnya baik tentu bisa melahirkan kepercayaan kita terhadap Dokter Anak yang baru akan kita pilih. Namun, tolong perhatikan juga jarak tempat praktek Dokter Anak tersebut.

Saat anak kita sakit, tentu kita ingin agar anak kita segera ditangani. Jangan sampai, kita justru menghabiskan banyak waktu di dalam perjalanan menuju tempat praktek Dokter. Apalagi di kota-kota besar yang tingkat kemacetannya tinggi seperti Jakarta.

Jika jaraknya terlalu jauh, lebih baik kita cari Dokter Anak yang berpraktek yang jaraknya tidak terlalu jauh atau lebih bagus lagi yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal Anda. Tentu saja dengan tetap memperhatikan kualitas Dokter Anak tersebut.

2. KENYAMANAN

Sebenarnya setiap Dokter Anak itu sudah bisa dipastikan kualitasnya. Hanya saja standar 'kualitas' yang dimaksud di sini mungkin yang berhubungan dengan tingkat kenyamanan pasien-pasien Dokter tersebut.

Dokter Anak yang ramah, mau bercerita tentang kondisi kesehatan anak kita, mau mendengarkan cerita kita tentang kondisi kesehatan anak kita, dan mau memberikan saran-saran untuk kita lakukan di rumah terkait kesehatan anak, adalah Dokter Anak yang dapat membuat kita nyaman.

Dokter Anak yang direkomendasikan bukan hanya mampu membuat kita, para orang tua, nyaman. Namun, Dokter Anak yang dapat membuat si Kecil merasa nyaman patut kita pilih.

Bagaimana anak kita merasa nyaman terhadap Dokter Anak tersebut akan terlihat saat pertama kali mengunjunginya. Akan terlihat bahwa anak kita nyaman dengan sikap Dokter yang sedang memeriksa si Kecil.


Sebaiknya pilihlah Dokter Anak yang tidak terlalu tergesa-gesa dalam memeriksa si Kecil sehingga Anda bisa bertanya berbagai hal dan Dokter juga akan menjawab berbagai pertanyaan Anda dengan sejelas-jelasnya.

Karena itu, menurut Saya, pilihlah waktu untuk mengunjungi Dokter Anak saat tidak terlalu ramai pasien, misalnya pagi hari. Kalau bisa, Anda datang ke rumah sakit atau tempat praktek Beliau lebih awal, saat pendaftaran sudah bisa dimulai.

Agar Anda bisa mempunyai waktu yang lapang untuk berkonsultasi dengan Dokter tanpa harus memikirkan antrian panjang yang menunggu giliran. Karena Dokter yang sering direkomendasikan orang biasanya mempunyai pasien yang banyak.

3. LAYANAN

Bukan hanya jarak dan kenyamanan saja yang menjadi poin-poin untuk kita memilih Dokter Anak yang sesuai, tapi jangan lupakan layanan yang disediakan oleh tempat praktek atau RS tempat Beliau berpraktek.

Layanan tersebut misalnya apakah vaksin yang disediakan lengkap, ruang tunggu yang nyaman, ruang menyusui yang memadai, toilet yang bersih, dan tempat parkir yang luas.

Saat si Kecil masih berusia di bawah 2 tahun, maka ia mendapatkan imunisasi yang cukup 'sering'. Jika di tempat praktek Dokter vaksin yang tersedia lengkap, maka kita tidak akan kesulitan saat ingin memberikan imunisasi untuk si Kecil.

4. KARAKTER

Saya memilih Dokter Anak yang mempunyai karakter ramah bukan hanya untuk pasien namun juga terhadap sesama Dokter, perawat, satpam, dan staf-staf yang bekerja di RS atau tempat praktek Beliau.

Dengan begitu Saya tahu bahwa Dokter Anak tersebut memang bawaannya ramah dan tidak dibuat-buat. Selain itu, Saya juga memilih Dokter Anak yang religius. Dengan karakter religiusnya memungkinkan Beliau akan memberi nasehat-nasehat religius yang menenangkan saat diperlukan.

5. UP TO DATE

Ilmu kedokteran selalu mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu. Maka seiring dengan perkembangan zaman, Dokter Anak yang direkomendasikan adalah Dokter Anak yang up to date ilmunya melalui seminar-seminar dan workshop Kedokteran.

6. PRINSIP

Jika Anda mempunyai beberapa prinsip kesehatan yang ingin diterapkan untuk si Kecil misalnya mengenai vaksin apa saja yang diperlukan atau hanya sekedar dianjurkan sesuai keadaan, pro ASI, dan pembatasan penggunaan antibiotik, maka pilihlah Dokter Anak yang mempunyai kesamaan prinsip dengan Anda.

7. BIAYA

Jika Anda mengikuti program asuransi kesehatan atau sudah mendapatkan program asuransi kesehatan dari tempat Anda atau suami bekerja, biasanya biaya tidak menjadi masalah.

Namun, biaya juga perlu dipertimbangkan jika Anda menggunakan dana pribadi untuk membayar jasa konsultasi Dokter atau obat-obatan.

Cara memilih Dokter Anak yang sesuai bagi Anak Anda ini Saya tulis berdasarkan pengalaman Saya sebagai orang tua. Adakah tips-tips lain menurut Anda dalam memilih Dokter Anak yang sesuai?

Monggo di-share di kolom komentar ya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.








You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.