Waspadai Makanan Ini Saat Hamil

by - May 16, 2016


makanan terlarang saat hamil

Blog dr.Dini - Masa kehamilan adalah masa yang sangat rentan bagi kita dan janin yang sedang dalam kandungan kita.

Salah-salah makan bisa menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin, bahkan dapat berakibat fatal yang menyebabkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Waspadai makanan ini saat hamil.



1. Makanan Instan

Tak bisa dipungkiri bahwa keinginan makan makanan tertentu saat hamil sepertinya sulit untuk ditahan. Namun, bijaklah memilih makanan yang bergizi.

 Ingatlah bahwa ada janin dalam kandungan kita yang sedang bertumbuh yang memerlukan zat gizi yang berguna untuk mendukung perkembangannya.

Makanan instan mengandung sedikit zat gizi bila dibandingkan dengan makanan segar. Terlebih lagi, makanan instan hampir selalu menyertakan bahan pengawet atau penyedap rasa (MSG).

Meskipun bahan pengawet  dan penyedap rasa tersebut memang khusus untuk makanan, namun saat hamil, zaat tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Jadi sebaiknya kita memilih makanan yang baik untuk kehamilan.


2. Makanan Pedas

Makan makanan yang pedas biasanya sangat menyegarkan untuk bunda hamil. Saat kehamilan masih muda, keluhan mual muntah masih sering dirasakan. Nah, biasanya makanan pedas misalnya rujak, asinan, dll, dianggap dapat menghilangkan keluhan mual muntah tersebut.

Meskipun pada beberapa bunda hamil, cara memakan makanan pedas untuk mengatasi mual muntah ini bisa berhasil. Namun sebenarnya, ketika hamil, daya kerja usus meningkat karena pengaruh perubahan  hormon steroid.

Peningkatan kontraksi usus akibat perubahan hormon steroid ketika hamil ini memberi dampak mudahnya bunda hamil terserang diare. Apalagi jika bunda hamil makan makanan pedas yang akan meningkatkan gas dan asam lambung, tentu diare ini akan lebih sering dan lebih mudah terjadi.

3. Makanan Kurang Matang

Makanan kurang matang misalnya daging steak atau sate bisa mengandung bakteri Escherichia coli dan Toxoplasma gondii yang dapat menimbulkan infeksi pada janin atau dapat menyebabkan keguguran.

Jika Anda ingin memakan steak atau sate, usahakan dagingnya sudah direbus terlebih dahulu sampai matang untuk memastikan bahwa kuman-kuman tersebut sudah benar-benar mati.

4. Ikan Laut

Sebenarnya sangat baik untuk bunda hamil mengkonsumsi ikan laut segar yang kaya akan protein. Ikan laut segar juga mengandung DHA untuk meningkatkan kecerdasan janin sejak dalam kandungan.

Sayangnya, laut kita sudah banyak yang tercemar oleh logam-logam berat, misalnya merkuri. Biasanya merkuri ini bisa mengendap dan bertahan dalam tubuh ikan-ikan besar seperti ikan tuna, mackarel, dan hiu.

Jadi waspadailah  makan ikan laut yang besar karena dikhawatirkan di dalam ikan-ikan tersebut mengandung merkuri, kecuali jika Bunda tinggal di daerah yang lautnya masih virgin (tidak tercemar limbah).

5. Nanas

Buah nanas dikatakan mengandung zat bromelain. Dalam jumlah tertentu, zat bromelain ini mempunyai efek melunakkan serviks atau leher rahim yang akhirnya dapat memicu persalinan prematur atau keguguran.

Memang hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun sebaiknya kita tetap waspada terhadap buah nanas ini.

Jadi kita konsumsi yang aman-aman saja untuk kehamilan kita ya.

Inilah artikel WASPADAI MAKANAN INI SAAT HAMIL.

Semoga bermanfaat. 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.