Tes Kehamilan Positif Tapi Hasil USG Belum Terlihat Janin

by - May 19, 2016

Blog dr.Dini - Tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin ? Kejadian ini bisa terjadi, dan dapat terjadi pada siapa saja.


tes kehamilan, tes pack


Biasanya kejadiannya diawali ketika Anda mengalami telat haid dari periode haid yang biasa terjadi setiap siklusnya. Lalu ketika Anda melakukan tes urin untuk kehamilan (tes pack) menunjukkan hasil positif.

Tanda-tanda awal kehamilan juga mungkin sudah terlihat seperti amenorea (terhentinya siklus haid), tes kehamilan positif, morning sickness (mual dan muntah di pagi hari yang bukan karena sakit maag atau gangguan pencernaan lain), tanda-tanda anemia seperti mudah mengantuk, lemas, dll.



Namun setelah melakukan pemeriksaan USG, jangankan terlihat janin, kantung kehamilan pun tidak terlihat. Yang ada hanya penebalan dinding endometrium rahim untuk mempersiapkan proses implantasi (peleburan) hasil pembuahan antara sperma dan sel telur.

Mengapa ini bisa terjadi?

Seperti yang Saya katakan sebelumnya bahwa hasil tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin, dapat terjadi pada siapa saja.

Hal ini disebabkan karena pengukuran tes urin untuk kehamilan adalah mendeteksi adanya hormon kehamilan HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon HCG sudah terbentuk 5 hari - 16 hari setelah terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.

Jadi ketika sperma berhasil membuahi sel telur, maka akan terbentuk embrio, kemudian bagian dari embrio ini yaitu trofoblas, akan memproduksi hormon kehamilan HCG. Yang akan memberikan hasil positif pada tes kehamilan ini adalah keberadaan hormon HCG ini.

Jika saat hormon HCG sudah terbentuk dan hasil tes kehamilan positif, namun proses implantasi (peleburan/penempelan) hasil konsepsi atau embrio ke dalam endometrium rahim belum terjadi, maka hasil USG belum dapat memperlihatkan adanya kantung kehamilan atau embrio.

Peristiwa tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin ini juga bisa disebabkan karena alasan lain selain karena embrio hasil pembuahan belum melakukan implantasi/penempelan pada dinding endometrium rahim.

Tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin dapat terjadi karena memang Anda tidak hamil.

Hal ini bisa saja terjadi karena alat tes kehamilan yang Anda pakai tidak akurat atau terjadi kesalahan interpretasi dari alat tes kehamilan Anda.

Kesalahan interpretasi hasil tes urin untuk kehamilan ini dapat terjadi ketika :
  1. Anda terlalu lama mencelupkan alat tes tersebut ke dalam urin melebihi batas waktu yang diinstruksikan dalam kemasan alat tersebut. Jika batas waktu untuk melakukan tes urin terlampau lama, maka penyerapan urin bisa salah diinterpretasikan sebagai hasil positif (false positive).
  2. Alat tes urin untuk kehamilan memang tidak akurat karena sudah kadaluarsa.
  3. Kehamilan di luar kandungan tau kehamilan ektopik.
  4. Anda mengalami missed abortion atau chemical pregnancy sebelumnya yang tidak disadari.
Missed abortion , Chemical pregnancy ? Maksudnya keguguran?

Beberapa hasil proses pembuahan sel telur oleh sperma yang membentuk embrio, tidak semuanya berhasil melakukan proses implantasi/penempelan pada dinding endometrium rahim.

Jika Anda melakukan tes kehamilan hasilnya positif namun hasil USG belum terlihat janin atau hasil USG tidak pernah terlihat janin pada pemeriksaan 2-4 minggu berikutnya maka ini disebut chemical pregnancy.

Chemical pregnancy adalah ketika hormon HCG sudah terbentuk oleh embrio 5-16 hari setelah pembuahan, yang akan memberikan hasil positif pada tes kehamilan, namun proses implantasi embrio ke dinding endometrium rahim tidak berhasil sehingga kehamilan tidak terjadi. 

Berbeda dengan chemical pregnancy, missed abortion adalah terjadinya keguguran secara spontan namun tidak disadari.

Kehamilan dapat terjadi dan bisa saja tidak disadari oleh sebagian ibu. Oleh karena suatu hal, embrio yang berhasil melakukan proses implantasi ke dinding endometrium rahim, tidak berkembang, dan akhirnya terjadi keguguran, yang dikira sebagai menstruasi biasa.

Kadar HCG bisa bertahan beberapa hari setelah keguguran. Jadi, jika Anda mendapatkan hasil tes kehamilan positif namun tidak hamil,  kemungkinan telah terjadi missed abortion sebelumnya.

Kesimpulannya, jika seandainya Anda mengalami hasil tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin, maka tunggulah untuk melakukan tes kehamilan 2-4 minggu yang akan datang.

Jika tes kehamilan positif tapi hasil USG belum terlihat janin ini disebabkan karena belum terjadi implantasi embrio ke dinding endometrium rahim, diharapkan 2-4 minggu kemudian, sudah bisa terlihat kantung kehamilan saat melakukan USG.

USG transvaginal bisa melihat janin yang berusia muda, kurang dari 12 minggu. Dari pengalaman pribadi Saya, USG transvaginal sudah bisa melihat janin kita ketika usia kehamilan 7 minggu.

Jika hasil tes kehamilan dalam hal ini hormon HCG masih saja positif padahal tidak terjadi kehamilan, kemungkinan dapat terjadi karena missed abortion, chemical pregnancy, atau penyakit trofoblast (mola hidatidosa).

Inilah Mengapa Tes Kehamilan ositif Tapi Hasil USG Belum Terlihat Janin.

Semoga bermanfaat.






 



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.