Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu

by - May 19, 2016

manfaat menyusui

Web Bunda - Bunda, manfaat menyusui bayi bagi ibu sangat banyak. Selain untuk memenuhi hak bayi untuk mendapatkan ASI, terutama ASI eksklusif, sejak bayi dilahirkan, aktivitas menyusui juga berpengaruh besar dlam mencegah kematian bayi akibat diare.

Berdasarkan hasil penelitian Khrist Grafiela Josefa dan Ani Margawati, 2011, dan Citra Puspitaningrum, 2006, didapatkan bahwa bayi yang sering mendapatkan susu formula akan lebih sering terserang diare jika dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif.

Dan risiko kematian bayi akibat diare 3,94 kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif. Di Amerika, angka kematian bayi berkurang sebanyak 21% pada bulan pertama jika bayi mendapatkan ASI eksklusif.


Kandungan gizi yang terdapat dalam ASI mampu memberikan kekebalan tubuh, mengoptimalkan pertumbuhan, perkembangan, serta kecerdasan bayi, yang tidak dimiliki oleh susu formula.

Apa saja manfaat menyusui bayi bagi ibu?

Inilah manfaat menyusui bayi bagi ibu.

Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu

1. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Sebagai Kontrasepsi Alami

ASI eksklusif dapat membantu ibu untuk mendapatkan metode kontrasepsi alami selama 20-30 minggu bahkan lebih. Dengan catatan, ASI diberikan on demand atau setiap bayi membutuhkannya, tanpa penundaan, dan tanpa makanan tambahan untuk bayi selama 6 bulan pertamanya.

Biasanya selama 6 bulan, metode kontrasepsi alami ini akan berhasil, jika :
  • frekuensi memberikan ASI untuk bayi sangat teratur, paling lama tiap 2 jam sekali, 
  • ibu belum mendapatkan menstruasi, dan 
  • jumlah ASI mencukupi kebutuhan bayi sehingga bayi tidak membutuhkan makanan tambahan lainnya (susu formula).
2. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Untuk Mencegah Terjadinya Perdarahan

Ibu yang menyusui bayinya akan melepaskan lebih banyak hormon oksitosin dalam tubuhnya yang bermanfaat untuk kontraksi rahim.

Kontraksi otot rahim berguna untuk menurunkan risiko perdarahan pasca persalinan . Ibu yang menyusui akan lebih cepat pulih dari masa nifas karena titik-titik perdarahan dalam rahim usai melahirkan lebih cepat menghilang karena kontraksi otot rahim ini.

3. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Untuk Menurunkan Berat Badan

Kenaikan berat badan saat hamil dapat segera menurun hingga kembali ke berat badan seperti sebelum hamil jika ibu menyusui bayinya.

Ibu yang tidak menyusui bayinya secara eksklusif akan berdampak pada retensi berat badan, artinya berat badan yang mengalami kenaikan saat hamil, akan bertahan.

Penurunan berat badan ibu akan berhasil jika ibu menyusui bayi secara penuh, bukan parsial (ibu memberikan ASI dan susu formula juga untuk bayi).

4. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Untuk Mencegah Diabetes Melitus Tipe-2

Ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif dan penuh memiliki risiko yang sangat kecil untuk terserang penyakit Diabetes Melitus tipe-2 di kemudian hari.

Kecuali, jika ibu mengalami diabetes gestasional (diabetes dalam kehamilan), maka risiko terserang Diabetes Melitus tipe-2 akan meningkat.

5. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Untuk Mencegah Kanker Payudara

Hasil penelitian The Lancet Medical Journal tahun 2002 menemukan bahwa risiko terjadinya kanker payudara menurun sebanyak 4,3 % pada ibu-ibu yang menyusui bayinya.

Selain dapat mencegah atau menurunkan risiko kanker payudara, ibu yang menyusui bayinya juga memiliki risiko yang kecil untuk terserang kanker ovarium perimenopause, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Manfaat ini akan meningkat dengan lamanya ibu memberikan ASI pada bayinya, apakah selama 6 bulan saja, atau sampai 2 tahun.

6. Manfaat Menyusui Bayi Bagi Ibu Untuk Menciptakan Bonding

Aktivitas menyusui ini dapat menciptakan kedekatan atau bonding antara ibu dan bayi sejak dilahirkan. Bayi merasa tenang dan terlindungi ketika ia berada dalam dekapan ibunya.

Bayi senang mendengarkan irama detak jantung ibu yang terdengar familiar baginya, yang sering ia dengarkan sejak dalam kandungan.

Aktivitas menyusui ini turut membentuk karakter anak di masa yang akan datang. Jika sejak kecil, ia merasa terlindungi, disayangi, dan kebutuhannya terpenuhi, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Itulah beberapa manfaat menyusui bayi bagi ibu. Jika Bunda ingin menambahkan manfaat menyusui bayi bagi ibu yang belum saya sebutkan dalam artikel ini, silakan ya Bunda tambahkan di kolom komentar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.