Manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Bagi Bayi dan Ibu

by - May 23, 2016

inisiasi menyusui dini, IMD

Web Bunda - Bunda, manfaat inisiasi menyusui dini (IMD) ini sudah banyak dibuktikan oleh berbagai macam penelitian dari berbagai negara. Karena itu, penolong persalinan selalu berusaha semaksimal mungkin guna mencapai keberhasilan inisiasi menyusui dini (IMD) ini. 

Apa saja manfaat inisiasi menyusui dini (IMD) bagi bayi dan ibu?
Ini DIA, manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bagi Bayi dan Ibu ;

1. Mencegah Hipotermia
Dada ibu menghangatkan bayi dengan tepat. Kulit ibu akan menghasilkan hangat yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Ini adalah proses alamiah inisiasi menyusui dini yang tidak dapat terganti oleh alat penghangat bayi apapun. 

Kehangatan saat inisiasi menyusui dini ini akan menurunkan risiko kematian bayi baru lahir akibat hipotermia (kedinginan).

2. Membunuh Bakteri Jahat

Kita pernah mendengar iklan salah satu produk di media televisi, bahwa bakteri yang baik akan melawan bakteri jahat, ya kan, Bunda? Hal itu berlaku juga saat melakukan inisiasi menyusui dini.

Dari ASI ibu yang keluar pertama kali (lebih tepatnya disebut kolostrum), bayi akan memperoleh bakteri yang tidak berbahaya atau bakteri baik. Bakteri baik ini akan berkoloni di dalam usus bayi dan juga dalam kulit bayi untuk melawan bakteri jahat dari lingkungan.

3. Mencegah Alergi

Bayi yang memperoleh kolostrum atau ASI akan terhindar dari risiko alergi. Jika bayi baru lahir sudah diberikan makanan lain selain ASI, misalnya susu formula, hal itu dapat memicu terjadinya alergi pada bayi.

Susu formula mengandung protein yang bukan berasal dari manusia (protein hewani) yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh usus bayi. Sehingga bayi dapat mengalami alergi.

4. Produksi Hormon Oksitosin

Saat bayi menyusu, dalam tubuh ibu akan terjadi proses biokimiawi, di mana tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini sangat berperan dalam kelancaran pengeluaran ASI.

Selain itu, hormon oksitosin akan menstimulasi perasaan bahagia, membuat ibu menjadi lebih tenang, rileks, dan mencintai bayinya. Ibu menjadi 'lupa' akan rasa sakit persalinan, karena hormon oksitosin meningkatkan ambang nyeri pada tubuh ibu.

Hormon oksitosin juga mempengaruhi kontraksi rahim saat nifas. Rahim yang berkontraksi dengan baik dapat mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan, mempercepat pengecilan rahim, sehingga rahim lebih cepat kembali seperti ke keadaannya sebelum hamil.

Saat inisiasi menyusui dini dilakukan, hormon oksitosin yang akan diproduksi tubuh ibu semakin cepat yang sangat bermanfaat untuk pemulihan masa nifas ibu.

5. Meningkatkan Ketahanan Hidup Bayi

Secara alamiah, inisiasi menyusui dini (IMD) bermanfaat untuk membantu anak manusia menciptakan daya Survival nya untuk bertahan hidup.

Jika kita tidak memberikan kesempatan untuk bayi baru lahir untuk melakukan inisiasi menyusui dini, maka sebenarnya kita sudah menghilangkan kemampuan survival alami pada satu generasi manusia. 

6. Antibodi Alami

Bayi akan mendapatkan kolostrum pertamanya saat inisiasi menyusui dini. Bayi akan mendapatkan antibodi alami yang sangat berharga baginya untuk mencegah berbagai macam penyakit di kehidupannya di masa yang akan datang.

Ketika bayi mendapat kesempatan untuk melakukan inisiasi menyusui dini, maka ia akan mendapatkan imunisasi alami terhadap bakteri-bakteri jahat saat ia baru dilahirkan.

7. Keberhasilan ASI Eksklusif

Keberhasilan ASI eksklusif dapat mudah dicapai bagi bayi yang diberi kesempatan inisiasi menyusui dini. Hal ini dipengaruhi oleh refleks bayi untuk mendapatkan makanannya (ASI) untuk bertahan hidup. 

Demikianlah manfaat inisiasi menyusui dini (IMD) bagi bayi dan ibu.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.