Manfaat Asupan Protein Untuk Bunda Hamil

by - May 22, 2016

Blog dr.Dini - Manfaat asupan protein untuk bunda hamil sangat mutlak. Mengingat protein adalah zat gizi makronutrien yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah banyak, terutama untuk bunda hamil dan bayi yang dikandungnya.


Berbagai penelitian sudah banyak membuktikan bahwa bunda hamil yang kekurangan asupan protein berisiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Kenapa ?

Karena protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan berbagai enzim dan hormon yang sangat berperan dalam metabolisme tubuh, menjaga kekebalan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Jika asupan protein ibu hamil tidak mencukupi maka metabolisme yang berjalan di dalam tubuh ibu hamil tidak berjalan optimal. Saat kehamilan terjadi, metabolisme tubuh Bunda yang tidak berjalan optimal ini tentu saja mempengaruhi metabolisme janin yang ada di dalam rahim ibu hamil.


Terlebih lagi, manfaat asupan protein untuk bunda hamil adalah sbb ;

  1. manfaat asupan protein ibu hamil untuk pembentukan jaringan tubuh janin, 
  2. manfaat asupan protein ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, 
  3. manfaat asupan protein ibu hamil untuk pembentukan plasenta dan jaringan penyokong janin, 
  4. manfaat asupan protein ibu hamil untuk memproduksi cairan ketuban, dan 
  5. manfaat asupan protein ibu hamil untuk mengatur peningkatan volume darah pada kehamilan.
Jadi, jika bunda hamil sampai kekurangan asupan protein, tentu akan sangat berpengaruh bagi bunda hamil dan janin yang dikandungnya. Pengaruh kekurangan asupan protein untuk bunda hamil yang paling terlihat saat kehamilan adalah berat badan janin yang tidak sesuai dengan usia kehamilan Bunda.

Berat badan janin yang kurang dari normal ini dapat diketahui ketika Bunda memeriksakan si Kecil ke Dokter ObGyn. Melalui pemeriksaan USG yang dilakukan oleh Dokter, berat badan janin dapat dengan mudah diketahui.

Untuk mengantisipasi agar Bunda jangan sampai kekurangan asupan protein, maka konsumsilah selalu bahan-bahan makanan yang mengandung protein hewani atau protein nabati di setiap jadwal makan Bunda.


Makan pagi, siang, dan sore harus selalu disertai bahan makanan yang mengandung protein, di samping bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak.

Asupan protein nabati dapat Bunda dapatkan dari bahan makanan seperti tahu, tempe, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang almond, gandum, biji bunga matahari, wijen, beras merah, dan polong-polongan.


Asupan protein hewani dapat Bunda dapatkan dari bahan makanan seperi daging, telur, ikan, susu, dan daging unggas.

Asupan protein nabati dan hewani sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara seimbang atau bergantian. Protein nabati dan protein hewani sama-sama mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan tubuh kita.

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh namun sangat diperlukan, oleh karena itu, asam amino esensial ini hanya bisa didapatkan jika kita memakan makanan sumber protein.

Protein hewani mengandung asam amino esensial lengkap, sedangkan protein nabati mengandung asam amino esensial yang tidak selengkap protein hewani. Karena itu, kita memerlukan keduanya, baik protein nabati dan protein hewani.


Jika Bunda vegetarian, sangat baik berkonsultasi dengan ahli Gizi untuk menu diet yang sesuai agar asupan protein untuk ibu hamil dapat mencapai porsi yang optimal. Singkatnya, jangan sampai kekurangan asam amino esensial yang sangat diperlukan bagi Bunda dan janin dalam kandungan.

Demikianlah artikel manfaat asupan protein untuk bunda hamil.


Semoga bermanfaat.



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.