Kondisi Normal Yang Dialami Bunda Setelah 2-6 Jam Pasca Persalinan

by - May 17, 2016

Blog dr.Dini - Setelah melahirkan bayi, kita akan mengalami hal-hal yang merupakan tanda-tanda normal proses nifas setelah melahirkan.

2-6 jam pasca persalinan, 2-6 jam setelah melahirkan

Kondisi normal yang dialami bunda setelah 2-6 jam pasca persalinan ini menjadi parameter atau penilaian petugas penolong persalinan untuk memonitor kondisi kesehatan bunda.

Monitoring untuk menilai kondisi normal yang dialami bunda setelah 2-6 jam pasca persalinan ini dilakukan oleh petugas penolong persalinan untuk medeteksi secara dini apabila terdapat tanda-tanda yang dapat membahayakan kesehatan bunda pasca persalinan.

Beberapa keadaan bunda pasca persalinan yang dapat membahayakan nyawa, misalnya terjadinya perdarahan hebat karena adanya sisanya plasenta atau kontraksi rahim yang tidak adekuat.

Inilah kondisi normal yang dialami bunda setelah 2-6 jam pasca persalinan.

1. Sadar sepenuhnya

Setelah menjalani proses melahirkan yang sangat melelahkan biasanya bunda akan tertidur setelah melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Namun, normalnya setelah 2-6 jam pasca persalinan, bunda sudah bangun dari tidur dan sadar sepenuhnya. Bunda memberikan perhatian pada buah hati dan berkenan untuk memberikan ASI.

Bunda akan merasa haus dan lapar. Karenanya, setelah 2-6 jam pasca persalinan bunda ingin makan dan minum sesuatu.

2. Darah Nifas (Lokia)

Darah nifas yang keluar setelah 2-6 jam pasca persalinan biasanya berwarna merah kehitaman, atau dalam bahasa medis disebut lokia rubra.

Normalnya daraf nifas tidak berbau, tidak ada gumpalan darah besar, dan jumlah darah nifas yang keluar dapat ditampung dengan pembalut tiap 2-4 jam sekali.

Waspada tanda-tanda perdarahan setelah melahirkan misalnya seperti darah nifas yang berwarna merah terang, berbau busuk, terdapat gumpalan darah beku, dan jumlah perdarahan banyak (memerlukan penggantian pembalut tiap beberapa menit hingga 2 jam).

3. Tekanan Darah

Meskipun kadang terdapat kenaikan tekanan darah dalam 1 sampai 3 hari pasca persalinan, namun normalnya tekanan darah setelah 2-6 jam pasca persalinan adalah di bawah 140/90 mmHg.

4. Kandung Kemih

Normalnya bunda akan buang air kecil 2 jam setelah persalinan. Jika bunda dapat berdiri dan berjalan, hendak pergi ke toilet untuk berkemih, dan sebaiknya ditemani.

Jika sampai 4 jam pasca persalinan, bunda tidak juga buang air kecil, kemungkinan petugas penolong persalinan akan melakukan kateterisasi untuk mengosongkan kandung kemih.

Kandung kemih harus kosong maksimal 4 jam pasca persalinan karena kandung kemih yang penuh dapat menghalangi kontraksi rahim. Kontraksi rahim pasca persalinan yang terhalang dapat memicu terjadinya perdarahan.

5. Kondisi Rahim

Rahim tetap teraba keras dari permukaan kulit perut bagian bawah dan tetap berkontraksi baik. Normalnya, makin sering rahim berkontraksi makin kecil ukuran rahim sampai ia kembali ke ukuran semula sebelum hamil.

Di dalam jalan lahir tidak terdapat robekan, pembengkakan karena terkumpulnya darah dalam jalan lahir, dan tidak tampak sesuatu keluar dari jalan lahir (prolapsus uteri, tampak bagian rahim keluar melalui jalan lahir/vagina).

Inilah artikel tentang Kondisi Normal Yang Dialami Bunda Setelah 2-6 Jam Pasca Persalinan. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Jika Anda menyukai dan merasa bahwa artikel ini bermanfaat, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan blog ini dengan cara klik tombol di bawah ini :




You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.