Yang Harus Dipersiapkan Ketika Bunda Melahirkan

by - April 17, 2016

Blog dr.Dini - Apa yang harus dipersiapkan ketika bunda melahirkan sebaiknya kita rampungkan ketika usia kandungan kita mendekati 8 Bulan. Bahkan banyak pula bunda-bunda yang lainnya mempersiapkan barang-barang jelang persalinan ketika usia kehamilan memasuki 7 Bulan.

persiapan melahirkan, persiapan persalinan

Alasannya, meskipun kita tidak mengharapkan persalinan prematur terjadi pada bayi kita, namun kita tidak bisa memastikan hal itu tidak akan terjadi.

Jadi, jika tiba-tiba terjadi persalinan prematur, Bunda dan keluarga tidak bingung untuk mempersiapkan barang-barang apa saja yang diperlukan dan bisa langsung fokus saja pada proses persalinan sang buah hati.

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan ketika Bunda melahirkan itu tergantung dengan kebutuhan masing-masing Bunda, namun mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi acuan untuk Bunda jelang persalinan.

Inilah yang harus dipersiapkan ketika Bunda melahirkan.


PERSIAPAN BUAH HATI

1. Bedong bayi 6 lembar kain

Bunda biasanya dirawat selama 3 hari di RS jika melahirkan secara normal. Jika bunda melahirkan secara Sectio Caesarea biasanya dirawat selama 4-5 hari tergantung keadaan bunda dan bayi.

Biasanya RS menyediakan bedong untuk dipinjamkan pada bayi-bayi baru lahir, namun untuk antisipasi jika rumah sakit tidak bisa meminjamkan bedong lebih baik kita bawa bedong sendiri, Bunda.

2. Popok bayi atau diapers new born

Sediakan beberapa lembar kain popok bayi secukupnya kira-kira, 10 lembar kain. Bayi baru lahir biasanya membutuhkan banyak popok karena biasanya akan buang air kecil dan pup lebih sering.

Jika bunda memutuskan untuk menggunakan diapers gunakanlah diapers yang khusus untuk bayi baru lahir (new born). New born diapers biasanya mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk kulit bayi baru lahir.

3. Baju bayi

Bunda, baju bayi yang dibawa ke rumah sakit, lebih baik baju bayi yang memiliki kancing di depan. Baju jumpsuit tanpa kancing di depan atau kaos yang tidak berkancing tidak disarankan bayi baru lahir.

4. Perlengkapan bayi lainnya

Bawalah selimut bayi sebanyak 2 lembar untuk berjaga-jaga jika suhu ruangan di rumah sakit dingin. Topi bayi jangan lupa, Bunda, untuk melindungi kepala bayi yang masih lunak. Sarung tangan bayi juga direkomendasikan agar tubuh bayi tidak terluka akibat kukunya sendiri.

5. Perlengkapan mandi

Bawalah perlengkapan mandi bayi seperti sabun bayi, baby cream, minyak telon, dan baby oil kemasan kecil untuk memudahkan saat membawanya ke rumah sakit. Tidak disarankan pemakaian bedak pada bayi baru lahir karena dikhawatirkan saat aplikasi bedak, bedak malah terhirup oleh bayi.

Di beberapa rumah sakit bahkan menyediakan perlengkapan mandi untuk bayi. Saat memilih rumah sakit untuk proses persalinan bunda nanti, sebaiknya tanyakan dahulu, Bunda, apa saja yang disediakan dari rumah sakit, sehingga bunda bisa memilah apa saja yang tersedia di rumah sakit tidak perlu bawa dari rumah lagi.

6. Pompa ASI, botol susu, sendok bayi

Untuk beberapa bunda yang baru melahirkan, kadang ASI sangat sulit untuk diberikan pada bayi. Terkadang diperlukan pompa ASI agar ASI dapat mudah keluar dan diberikan pada bayi dengan menggunakan botol susu atau sendok bayi (yang terbuat dari plastik bebas BPA).

7. Satu stel pakaian untuk pulang

Untuk pulang, pakaian yang diperlukan bayi adalah baju bayi, popok bayi, sarung tangan, kaus kaki, bedong, topi, dan selimut ciput.


PERSIAPAN BUNDA

1. Baju daster kancing depan (baju menyusui)

Baju daster kancing depan sangat nyaman dipakai untuk ibu yang baru saja melahirkan dan sangat mudah untuk menyusui bayi. Bawalah kira-kira 6 stel untuk 3 hari selama bunda dirawat di rumah sakit.

2. Pakaian dalam

Pakaian dalam berupa BH dan celana dalam.

Persiapkan celana dalam secukupnya yang kira-kira cukup selama tinggal di rumah sakit.

BH khusus menyusui dibawa kira-kira 6 buah. Saat bunda membeli BH menyusui sebaiknya membeli ukuran yang lebih besar dari ukuran BH bunda sebelum melahirkan.

Alasannya, bayi baru lahir terkadang menyusu ASI sedikit-sedikit sedangkan produksi ASI berjalan terus, hal ini bisa membuat payudara membengkak atau yang disebut breast engorgement.

Memakai BH yang pas-pasan ukurannya dapat membuat nyeri dan membuat saluran ASI menjadi tertekan.


3. Pad BH

Bunda memerlukan pad untuk diselipkan pada BH yang berguna untuk menahan ASI yang menetes ketika bunda menyusui bayi. Biasanya jika memberikan ASI dari payudara kanan, payudara kiri akan meneteskan ASI juga.

Adanya pad akan membantu agar BH tidak basah terkena ASI.

4. Sarung Panjang

Sediakan sarung panjang sebanyak 2 buah sebagai persiapan jika rumah sakit tidak menyediakan. Biasanya memang disediakan dari rumah sakit dan ujung-ujungnya kain panjang ini tidak terpakai, Bunda.

5. Pembalut khusus bersalin

Pembalut khusus bersalin biasanya berukuran lebih besar, lebih tebal, dan teksturnya lebih lembut daripada ukuran pembalut biasa.

6. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi standar seperti sabun, sikat gigi, odol, shampo, sabun wajah. Tambahan lagi bawa sabun mencuci pakaian untuk berjaga-jaga.

7. Korset atau gurita

Gurita biasanya dipakai di bagian perut ibu setelah melahirkan. Namun korset saat ini lebih digemari karena praktis.

8. Perlengkapan tata rias dan pakaian untuk pulang

Saat pulang ke rumah agar bunda tidak terlihat pucat kenakanlah sedikit tata rias yang sederhana untuk bertemu keluarga besar yang menanti kedatangan bunda dan buah hati di rumah.

Demikianlah yang harus dipersiapkan ketika bunda melahirkan. Persiapan lainnya yang  wajib dibawa namun sering terlupa karena panik, misalnya : DOMPET dan PONSEL.

Dompet dan ponsel bisa saja terlupakan saat panik, padahal tanpa dompet akan sulit untuk melakukan pendaftaran/administrasi rumah sakit terutama apabila bunda dan keluarga tidak menggunakan asuransi. Dan tanpa ponsel, akan sangat sulit melakukan komunikasi.

Pastikan juga di dalam dompet tidak tertinggal seperti KTP, kartu ATM, atau kartu asuransi.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.