Tips Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

by - April 15, 2016

Blog dr.Dini - Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Medical Association (JAMA) yang dilakukan pada 9000 orang pasien di eropa menemukan bahwa penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) secara drastis dan agresif hingga mencapai 81 mg/dl dengan obat statin dosis tinggi (dua kali lipat atau tiga kali lipat dari dosis biasa ), dapat menurunkan risiko terserang atherosklerosis dan penyakit jantung dibandingkan dengan terapi statin dosis biasa.

berenang, kolesterol darah

Meskipun demikian, penurunan kadar kolesterol darah yang tinggi (di atas 240mg/dl) secara drastis bukan tidak menimbulkan efek samping.

Efek samping berupa nyeri otot, sering lupa, dan peningkatan kadar enzim hati (SGOT, SGPT), pada beberapa orang justru menghentikan pengobatan mereka karena tidak tahan terhadap efek sampingnya.


Pola hidup sehat berupa diet makanan sehat yang rendah lemak dan tinggi serat dapat dilakukan di samping olahraga atau aktivitas fisik yang teratur, untuk dapat menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi, dengan dosis obat statin yang biasa atau bahkan bisa saja tidak mengkonsumsi obat statin sama sekali.

Menurut Prof.Dr.dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, KAI, kadar kolesterol total darah dikatakan berbahaya jika lebih dari 240 mg/dL sehingga perlu penurunan kolesterol segera dengan statin dan pola hidup sehat.

Sedangkan kadar kolesterol total 200-239 mg/dL dapat dikendalikan dengan pola hidup sehat. Kadar kolesterol total yang aman adalah di bawah 200 mg/dL.

Berikut adalah tips untuk menurunkan kadar kolesterol darah :

1. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat.
 
   - Makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol jahat (LDL).

   - Makanan yang mengandung lemak jenuh, misalnya :
  • mentega
  • daging merah, yaitu daging sapi, daging kambing, daging kerbau, dll
  • susu atau produk susu (keju) walaupun susu rendah lemak sekalipun (low-fat), dan goreng-gorengan (minyak sayur).
    -Makanan yang mengandung lemak trans adalah makanan dalam kemasan yang mengandung hydrogenated fat dalam komposisinya.

    -Makanan tinggi kolesterol jahat (LDL), misalnya :
  • kuning telur
  • jeroan (hati, ampela, jantung, usus) sapi, kambing, kerbau, dll
  • otak
  • kerang
    Makanan yang mengandung kolesterol jahat itu bisa digantikan dengan makanan yang mengandung kolesterol baik (HDL) dan asam lemak omega-3 sebagai sumber protein, misalnya :
  • ikan salmon
  • ikan sardines
  • ikan mackerel
2. Makan makanan tinggi serat terutama serat yang mudah larut.

    Serat yang mudah larut dalam darah, misalnya :
  • oat, bengkoang, wortel, umbi-umbian merah
  • buah berry, misalnya strawberry, blueberry, rasberry
  • manggis, jeruk, pear, aprikot, apel
     
3. Konsumsi protein nabati dari kacang-kacangan dan polong-polongan.

    Kacang merah dan kacang kedelai adalah makanan kaya protein nabati, pengganti protein hewani dari daging merah, dll.

    Kacang polong dan makanan polong-polongan lainnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya kanker.

    Namun, mengkonsumsi polong-polongan hendaknya tidak lebih dari 1 ons per hari karena makanan ini termasuk makanan tinggi kalori (kurang lebih 175 kalori per ons) yang bisa menaikkan berat badan.

4. Menurunkan Berat Badan Yang Berlebihan.

    Menurunkan berat badan yang overweight sangat baik bagi kesehatan, tidak hanya dapat menstabilkan kolesterol, namun dapat juga mencegah penyakit sindrom metabolik lainnya karena kelebihan berat badan.

    Hendaknya selalu memperhatikan indeks massa tubuh (IMT), apakah berada di kisaran berat badan yang ideal untuk mencegah beberapa penyakit akibat overweight, misalnya dislipidemia, hiperkolesterolemia, Diabetes Mellitus type II, Hipertensi, serangan jantung, stroke, gout, dan berbagai jenis kanker.

5. Aktivitas fisik atau olahraga teratur.

    Beberapa aktivitas fisik atau olahraga yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah adalah sbb.
  • Olahraga aerobik. Jantung memompa darah lebih kuat dan lebih cepat sehingga metabolisme tubuh dan pembakaran lemak pun berjalan lebih cepat.
  • Olahraga yang dapat mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh melalui peningkatan enzim tertentu, misalnya bersepeda, berenang, dan berlari.
  • Sebuah penelitian mengatakan bahwa latihan Yoga dapat membantu menormalkan kadar kolesterol jahat sebanyak 14-35% dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 
Inilah Tips Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Darah.

Semoga Bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.