Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

by - April 14, 2016

busui puasa

Web Bunda - Bunda, tetap berpuasa di bulan suci Ramadhan ketika sedang dalam masa laktasi adalah pilihan masing-masing individu.

Namun bayi pun memiliki hak untuk mendapatkan ASI. Oleh karena itu, bila usia bayi di bawah 6 bulan, bunda menyusui tidak dianjurkan berpuasa mengingat bayi sedang dalam tahap ASI eksklusif. Bayi tidak mendapatkan makanan apapun selain ASI.

Nah untuk bunda menyusui dan usia bayi di atas 6 bulan, bila ingin berpuasa, tentu tidak mengapa, mengingat bayi sudah mendapatkan makanan tambahannya.

Namun bunda menyusui harus memperhatikan hal-hal tertentu supaya ASI yang masih dibutuhkan bayi tidak "kering" dan bunda menyusui tidak lemas kehilangan tenaga.

   Inilah tips puasa untuk ibu menyusui.

1. Makan tetap 3x sehari, saat berbuka puasa, setelah sholat tarawih, dan saat sahur dengan pola gizi seimbang.

2. Tambahkan menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya ubi jalar, jagung, oatmeal, beras merah atau beras coklat, kentang. Karbohidrat kompleks akan lebih lama diserap oleh tubuh sehingga akan memberikan energi dan rasa kenyang yang lebih lama. Ini berguna agar ibu menyusui tidak lemas saat tengah hari berpuasa.

3. Minum air 8-10 gelas per hari. Minum air hangat akan membantu melancarkan ASI.

4. Makan sayur dan buah lebih banyak saat berbuka puasa dan malam hari. Perbanyak makanan yang mengandung protein pada saat sahur. Makanan yang mengandung protein misalnya daging sapi, ayam, ikan.

5. Minum suplemen untuk ibu menyusui bila diperlukan.

   Insya Allah, bunda menyusui akan sehat segar bugar saat berpuasa Ramadhan bila memperhatikan asupan gizi seimbang, bukan hanya untuk kesehatan bunda menyusui yang sedang berpuasa namun juga untuk bayi yang disusuinya. ☺

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.
 
Sumber : AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)
      


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.