Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

by - April 14, 2016

Blog dr.Dini - Setiap wanita mendambakan kulit yang indah. Kulit yang indah juga merupakan cerminan dari kulit yang sehat. Jika kulit kurang sehat maka ia akan terlihat kusam, tidak bercahaya, dan tentu saja, tidak indah.

tips merawat kulit agar tetap sehat, perawatan kulit sehat, how to keep your skin healthy

Bagaimana cara merawat kulit agar tetap sehat ?.

Inilah Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat.


1. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Diet Seimbang


Kulit kita mendapatkan nutrisi dari makanan yang kita makan. Diet yang seimbang dengan nutrisi yang mempengaruhi kesehatan kulit tentu akan membuat kulit sehat dan indah.

Nutrisi yang diperlukan oleh kulit adalah vitamin A, B, C, protein, dan asam lemak esensial.

Maka bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, jangan kosongkan menu asam lemak dalam makanan Anda sama sekali. Karena hal tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi sangat kering.


Anda dapat menambahkan asupan asam lemak esensial omega 3,6, dan 9 yang aman seperti yang terkandung dalam ikan salmon, ikan tuna, atau kedelai.

2. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Konsumsi Air Yang Cukup


Meminum air paling sedikit 8 gelas per hari tentu sudah kita ketahui sejak lama, namun kebutuhan konsumsi air tiap individu itu berbeda-beda.

Seseorang yang gemuk dan seseorang yang kurus tentu sangat berbeda kebutuhan akan airnya. Demikian juga seseorang yang bekerja di luar ruangan dan di dalam ruangan. Seseorang yang bekerja dengan AC seharian juga berbeda kebutuhan airnya.


Inilah kebutuhan harian asupan air menurut Dr.dr.Luciana B Sutanto, Ms.SpGK :

Bayi – umur 25 tahun: 
(1). 100mL/kg untuk 10kg pertama 
(2). 50mL/kg untuk 10kg lanjutnya 
(3). 20mL/kg untuk tiap kg di atas 20kg
Umur 25-55 tahun: 35mL/kg Berat badan
Umur 55-65 tahun: 30mL/kg Berat badan
Umur > 65 tahun: 25mL/kg Berat badan
Jadi jika seseorang berusia 25 Tahun dengan berat badan 50 Kg maka kebutuhan harian airnya adalah 35 mL x 50 Kg = 1750 mL.

Berbeda dengan seseorang dengan usia yang sama dengan berat badan 80 Kg yang membutuhkan air sebanyak 35 mL x 80 Kg = 2800 mL.

Demikian dengan seseorang yang seharian bekerja dalam ruangan ber-AC. Ia akan membutuhkan asupan air lebih banyak daripada seseorang yang berkeringat sesekali.

Karena ternyata, keringat yang keluar dapat menjaga kulit kita tetap lembab. Ada beberapa racun dalam kulit yang ikut keluar pula bersama dengan keringat, yang tidak akan keluar selain melalui keringat. Jadi, berkeringat itu baik.


Jumlah asupan air yang memadai akan mempertahankan kadar air dan memelihara kelembaban kulit, di samping membuang kotoran dan racun dalam tubuh.

3. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Tidur Yang Cukup


Tidur yang cukup baik bagi kesehatan kulit. Mengapa ?

Saat kita kurang tidur atau tidur kita tidak berkualitas, tidak nyenyak, maka tubuh kita akan mengeluarkan hormon stres, yaitu kortisol.

Hormon kortisol akan meningkatkan stres dan berbagai reaksi peradangan pada tubuh, termasuk pada kulit. Inilah mengapa tidur yang kurang efektif dikaitkan dengan penyakit kulit dermatitis atopik, akne, dan psoriasis, seperti yang dikatakan oleh Jessica Krant,MD,MPH, asisten di klinik seorang Professor ahli Dermatologi di SUNY Downstate Medical Center and Founder of Art of Dermatology in NewYork.

Di saat kita tidur lelap, hormon pertumbuhan, atau disebut Growth Hormone akan menstimulasi regenerasi kulit. Maka jika kita kurang tidur, proses regenerasi sel kulit tidak memadai, akhirnya proses penuaan dini akan terjadi.


4. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Jangan Terpapar Asap Rokok


Merokok dapat mempercepat terjadinya proses penuaan pada kulit. Efek yang diberikan rokok pada kulit adalah :

    1. Berkurangnya elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kendur,
    2. Mempercepat timbulnya garis halus dan kerutan pada kulit,
    3. Kulit menjadi kering sehingga terlihat kusam dan tidak bercahaya,
    4. Merusak pembuluh darah sehingga tampak pelebaran pembuluh darah di kulit seperti cacing-cacing kecil (teleangiektasis).

Mengapa rokok menyebabkan penuaan dini ? Inilah jawabannya :

    1. Karena panas dari rokok secara langsung 'membakar' kulit,
    2. Perubahan serat elastin dalam kulit yang berfungsi mempertahankan kekenyalan kulit,
    3. Mengecilnya pembuluh darah akibat merokok, sehingga asupan makanan untuk kulit menjadi berkurang karena pembuluh darah mengecil,
    4. Merokok menyebabkan kolagen dalam kulit berkurang,
    5. Rokok menurunkan kadar vitamin A dalam kulit yang sangat baik bagi kesehatan kulit,
    6. Rokok mengurangi kelembaban kulit.
Perokok pasif pun akan mempunyai efek yang sama terhadap kulit mereka tergantung intensitas (seberapa lama) dan frekuensi (seberapa sering) terpapar asap rokok.

5. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Olahraga Yang Teratur


Mengapa olahraga dapat merawat kulit ?

  1. Karena pada saat kita berolahraga, kita akan berkeringat, keringat keluar membuang sampah dan racun dalam tubuh, demikian pula kotoran-kotoran dan minyak yang tersumbat dalam pori-pori kulit ikut keluar. 
  2. Saat kita berolahraga, aktivitas jantung meningkat, Jantung akan memompa darah dengan lebih cepat, aliran darah meningkat. Aliran darah yang meningkat akan membawa oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit untuk beregenerasi. 
  3. Hormon endorfin akan keluar saat kita berolahraga. Kita akan merasa rileks dalam menjalani hidup, dan itu akan terpancar pula pada kulit kita.
  4. Kelenturan kulit juga dapat meningkat ketika kita rajin berolahraga. Kulit tidak cepat kendur dan kekenyalan kulit akan bertahan, hal itu karena olahraga dapat memicu produksi kolagen.

6. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Menggunakan Pelembab dan Tabir Surya


Hal-hal di sekitar kita dapat merusak kulit tanpa kita sadari. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin bagi kulit akan merusak. Polusi udara, Paparan Sinar Matahari, bahkan kosmetik dapat merusak kulit.

Lindungi kulit Anda dengan pelembab, agar tidak terpapar langsung dengan hal-hal tersebut. 

Kulit juga memerlukan tabir surya yang diaplikasikan setelah pelembab. Tabir surya akan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Efek buruk sinar UV matahari dapat menyebabkan flek-flek hitam (hiperpigmentasi), penuaan dini, bahkan kanker kulit (melanoma).


Pilih tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saran Saya, pilih tabir surya minimal SPF 30, jika Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan. Dengan SPF 30, maka tabir surya ini bertahan 300 menit, yaitu 5 jam, dengan waktu pengaktifan 30 menit di awal pemakaian dan waktu peluruhan 30 menit di akhir pemakaian.


Jadi SPF 30 itu akan aktif selama 4 jam saja, maka Anda perlu mengulangi pemakaiannya setelah 4 jam kemudian.

Atau anda boleh memilih tabir surya SPF 50 untuk perlindungan lebih lama, namun semakin tinggi SPF maka dapat memicu timbulnya komedo. 

Jika jenis kulit Anda berminyak, sebaiknya jangan memilih tabir surya dengan SPF 50.

7. Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat : Mencuci Wajah dengan Benar


Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Cucilah wajah dua kali sehari.

Sebelum mencuci wajah, hapuslah terlebih dahulu make-up Anda dengan make-up remover. Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan cleansing milk untuk membersihkan sekaligus membuka pori-pori kulit.Setelah itu gunakan facial wash dan kemudian toner.


Langkah-langkah tersebut di atas adalah cara memcuci wajah dengan benar.

Ketika Anda mencuci wajah dengan facial wash, hendaknya wajah jangan digosok apalagi dengan keras. Namun bersihkan wajah Anda dengan gerakan tangan memutar mirip dengan gerakan saat Anda melakukan massage. 

Toner berfungsi untuk menutup pori-pori yang yang terbuka, di samping mendinginkan dan menyegarkan kulit.

Demikianlah Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat. 

Semoga bermanfaat.















You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.