Tips Merawat Kaki Diabetes Mellitus

by - April 15, 2016


kaki diabetes

Web Bunda - Kontrol darah yang buruk  pada penderita diabetes mellitus dapat menimbulkan banyak komplikasi, salah satunya adalah luka pada kaki (ulcus diabetica) yang tak kunjung sembuh, yang dapat menyebabkan kaki diabetes tersebut terpaksa diamputasi.

Tahukah, Bunda, bahwa untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes melitus, penderita diabetes mellitus harus menjaga kontrol darah, diet seimbang, olahraga teratur, dan merawat kakinya.

Tips merawat kaki Diabetes Melitus meliputi :


1. Usahakan kadar gula darah Anda selalu dalam angka normal. Untuk memantau kadar gula darah Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

2. Senantiasa periksa kaki Anda, jangan sampai ada luka yang tidak Anda sadari. Diabetes mellitus dapat menyerang saraf (neuropati diabetes) yang menyebabkan penderita diabetes tidak merasakan sakit bila terluka akhirnya luka tersebut baru disadari setelah bertambah parah.

3. Bersihkan kaki setiap hari dan keringkan terutama di daerah sela-sela jari agar terhindar dari infeksi jamur yang biasanya terjadi di sela-sela jari kaki.

4. Untuk mencegah kulit kering pakailah pelembab (body lotion). Karena kulit yang kering dapat menimbulkan rasa gatal dan rasa gatal memicu Anda untuk menggaruk. Garukan bisa menimbulkan luka kecil yang berdampak pada timbulnya infeksi. Namun usahakan pelembab tersebut tidak 8mengenai area sela jari kaki. Karena bila terlalu lembab bisa memicu pertumbuhan jamur di sela jari kaki.

5. Hindari terjadinya penekanan pada kaki misalnya sepatu yang terlalu ketat atau terlalu lama memakai sepatu yang tidak ergonomis untuk penderita diabetes. Saat ini sudah banyak beredar sepatu khusus diabetes atau diskusikan hal ini kepada dokter keluarga Anda. Biasanya sepatu yang dianjurkan adalah sepatu yang ukurannya pas dan berbahan sintesis yang berventilasi.

6.  Hindari mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas untuk mencegah kaki melepuh.

7. Pakai selalu alas kaki bila memungkinkan untuk mencegah kaki menginjak benda-benda yang menyebabkan luka.

8. Jangan duduk sambil menyilangkan kaki apalagi dalam waktu lama. Lebih baik Anda duduk dengan kaki lurus dan tidak lebih rendah dari tubuh anda (duduk selonjoran lebih tepatnya ☺). Karena hal tersebur membuat darah sulit mengalir melalui pembuluh darah balik ke jantung. Hal ini dapat memperburuk dampak akibat mikroangiopati dari diabetes (ulkus diabetik).

Ulkus kaki pada penderita diabetes mellitus yang terinfeksi melibatkan banyak mikroorganisne seperti bakteri staphilokokus, streptokokus, kuman batang gram negatif, dan kuman anaerob.

Pengobatan ulkus kaki diabetik sangatlah kompleks ,lama (bisa mencapai 28-40 hari) dan sering melibatkan banyak ahli, misalnya dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis bedah plastik,  dokter spesialis bedah vaskular, dokter spesialis rehabilitasi medik, dan lain-lain.

Oleh karena itu, lakukanlah perawatan kaki diabetes melitus jika Anda seorang diabetesi.

Semoga bermanfaat ya, Bunda.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.