Tips Memilih Kosmetik Untuk Kulit Sensitif

by - April 14, 2016

Blog dr.Dini - Kulit sensitif mudah mengalami kemerahan, teriritasi, dan meradang. Jenis kulit kering hampir menyerupai kulit yang sensitif, sehingga perawatan kulit kering dan sensitif pun hampir mirip.


Kulit sensitif tidak dapat sembarangan memakai kosmetik karena jenis kulit yang bisa saja teriritasi akibat kosmetik yang tidak sesuai. Pemilihan kosmetik untuk kulit sensitif pun menjadi tidak mudah mengingat kulit bisa saja meradang walaupun dengan produk kosmetik yang ringan sekalipun.

Inilah Tips memilih Kosmetik Untuk Kulit Sensitif :


1. Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif : Tidak Mengandung Parfum (Fragrance Free)


Parfum yang terdapat dalam kosmetik apapun, misalnya facial wash, bedak, blush on, pelembab, tabir surya, dll, bersifat iritan terhadap kulit. Sifat iritatif parfum yang terdapat dalam kosmetik ini dapat menjadi 'bencana besar' bagi kulit yang hipersensitif.


Reaksi iritatif yang biasanya disebabkan produk kosmetik berparfum ini berupa rasa gatal, rasa perih, rasa panas, kulit kemerahan, atau mengelupas. Kulit dapat mengalami dermatitis alergi/ eksema, atau rosasea (kemerahan).

Bagi Anda yang tidak memiliki kulit hipersensitif, bukan berarti parfum yang terdapat dalam kosmetik tidak mengiritasi kulit , namun reaksi iritasinya tidak terlihat secara kasat mata, namun secara mikroskopis tetap terlihat adanya reaksi inflamasi (peradangan).

Reaksi iritasi tersebut dapat sangat singkat dan hilang dengan sendirinya bagi bunda yang memiliki kulit tidak sensitif.

2. Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif : PH Yang Seimbang (PH Balanced)


PH adalah derajat ratio asam / basa suatu lingkungan/keadaan. PH netral adalah 7. PH di bawah angka 7 menunjukkan suatu keadaan asam, PH di atas angka 7 menunjukkan suatu keadaan basa.

Permukaan kulit kita mempunyai PH dalam ambang batas 5,6 - 6,5 , dengan kata lain kulit kita mempunyai sifat asam lemah karena angka PH 6,5 hampir menuju PH netral yaitu angka 7,0.

Produk kosmetik yang baik adalah yang mempunyai PH yang seimbang terhadap kulit kita. Mengapa?


Pada kulit kita terdapat sebuah 'pertahanan' yang menjaga kulit agar tidak mudah teriritasi dan rusak, disebut acid mantle.

Acid mantle mempertahankan keseimbangan kadar minyak, kelembaban kulit, dan berfungsi menyesuaikan pertahanan kulit terhadap keadaan lingkungan.

Jika keadaan lingkungan sekitar kulit bersifat terlalu asam atau terlalu basa, maka kerusakan acid mantle akan terjadi. Hal ini terjadi jika kita menggunakan produk kosmetik yang tidak seimbang PH nya.

Jika acid mantle telah rusak, maka fungsi pertahanan kulit akan terganggu. Kelembaban kulit tidak terjaga lagi sehingga dapat menyebabkan kulit kering, sensitif, mudah teriritasi, terjadi dermatiti/eksema, bahkan kulit dapat mengalami penuaan dini, yang ditandai dengan adanya kerutan, fine lines, atau wrinkles.


Sebagai contoh, facial wash yang terlalu banyak mengandung deterjen, yang busanya banyak, biasanya bersifat basa. Jika kita memakainya berlebihan, maka acid mantle, akan terganggu fungsinya sebagai pertahanan kulit.

3. Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif : Berbahan Dasar Alami (Natural Product)


Kosmetik yang berbahan dasar organik (tumbuh-tumbuhan) dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki kulit hipersensitif.Kosmetik yang natural tidak mengiritasi kulit dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari

Sekarang banyak produk kosmetik yang terbuat dari bahan yang natural. Mereka menambahkan zat-zat organik yang sangat berguna bagi kesehatan kulit seperti vitamin E, minyak kelapa, minyak zaitun, serta antioksidan alami.

Keuntungan lain jika kita memilih kosmetik yang natural adalah :

  1. Kosmetik natural berbahan dasar tumbuh-tumbuhan yang tidak melakukan uji pada binatang (No Animal Testing). Karena bahan-bahannya sudah sangat jelas aman bagi manusia sehingga tidak memerlukan uji keselamatan pada binatang lagi. Lagipula tubuh kita tidak sama dengan tubuh binatang.
  2. Kosmetik yang biasa mengandung bahan-bahan kimiawi, pengawet, pewarna buatan, yang bersifat iritatif terhadap kulit. 
  3. Produk kosmetik dari bahan natural tidak mengandung racun. Kenyataannya banyak produsen kosmetik yang 'nakal' memasukkan mercury,arsenik, dan cadmium dalam produk mereka. Logam berat ini sangat sulit didetoksifikasi tubuh dan akan mengendap dalam kulit untuk jangka waktu yang lama.
  4. Produk natural tidak bersifat komedogenik, artinya tidak menyebabkan terbentuknya komedo, karena produk natural tidak menyumbat pori dan dapat dengan mudah dibersihkan dengan pembersih wajah.
Jika Anda ingin beralih ke kosmetik yang berbahan natural, tentu saja, Anda harus yakin membelinya di tempat yang menjamin keasliannya.

Inilah TIPS MEMILIH KOSMETIK UNTUK KULIT SENSITIF.

Semoga bermanfaat.


 



 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.