Terapi Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badan

by - April 02, 2016

akupunktur slimming

Blog dr.Dini -Memiliki tubuh yang sempurna adalah impian setiap wanita. Sebenarnya keberhasilan menjaga dan mempertahankan berat badan agar tetap ideal sangat tergantung pada usaha masing-masing.

Jadi bukan tidak mungkin, berat badan yang ideal dapat kita pertahankan namun harus dengan 'usaha' yang benar-benar serius, apalagi bagi wanita yang sudah berumah tangga dan sudah pernah melahirkan anak.

Wanita, identik dengan kegemukan, apalagi bagi wanita  yang gagal menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Namun, bukan saja hanya wanita yang mengalami problem obesitas ini. Pria yang sudah terlanjur gemuk, terutama karena faktor genetik, biasanya gagal menurunkan berat badan tanpa niat yang kuat dan sikap dispilin yang keras.

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah melebihi batas normal adalah sangat mudah.

Anda dapat menghitung nilai indeks massa tubuh (IMT). Jika IMT > 22,9 berarti overweight dan jika IMT > 30 artinya obesitas.

Jika 'alarm' overweight Anda sudah menyala, itulah sebenarnya saat yang tepat untuk memulai menurunkan berat badan sebelum berkelanjutan ke tahap 'obesitas'.

Program penurunan berat badan dapat dilakukan dengan cara :
  1. Akupunktur,
  2. Diet,
  3. Olahraga,
  4. Herbal,
  5. Obat Penurun Berat Badan,
  6. Tanam Benang,
  7. Radiofrequency,
  8. Liposuction atau sedot lemak,
  9. dan terapi lainnya.
Anda dapat memilih program penurunan berat badan dengan cara yang Anda sukai.

Akupunktur, diet, dan olahraga sebenarnya merupakan pasangan yang tidak bisa dipisahkan untuk dapat menurunkan berat badan secara aman, efektif, dan bertahan lama.

Untuk menurunkan berat badan dengan program diet saja, juga bisa berhasil, jika Anda benar-benar mempunyai niat dan sikap disiplin yang kuat. Namun, sayangnya banyak yang gagal karena tidak sabar akan hasilnya, akhirnya putus asa, dan program diet pun terhenti.

Atau sebagian individu memilih diet cepat dan instan dengan tambahan obat-obatan yang tidak semua individu tahan akan efek sampingnya. Ketahuilah bahwa diet cepat belum tentu sehat, loh.

Jika Anda menjalani terapi akupunktur, motivasi Anda akan menguat untuk menjalani program diet, karena hasilnya akan jelas terlihat, ketimbang jika program diet hanya dilakukan sendiri. Memang hasil penurunan berat badan akan bervariasi setiap orang.

Mengapa bisa begitu ?

Penyebab terjadinya kegemukan bukan selalu hanya akibat asupan makan yang berlebihan disertai dengan pengeluaran energi yang kurang saja. Penyebab obesitas bisa karena :
  1. faktor genetik (keturunan),
  2. pola makan yang salah, makan malam lebih aktif daripada makan siang,
  3. penggunaan obat-obatan,misalnya obat antihipertensi, steroid, antidepresan,
  4. gangguan psikologis, stres memicu pola makan yang bertambah, dan
  5. gangguan hormon.
Untuk kegemukan akibat faktor genetik diperlukan modalitas terapi yang lain selain akupunktur dan diet, diperlukan konsultasi dengan ahli Gizi dan ahli Penyakit Dalam.

Sedangkan untuk mengatasi kegemukan akibat faktor psikologis dan hormonal, dapat diatasi dengan akupunktur dan diet.

Alasannya adalah :

1. Titik Akupunktur Tertentu Bisa Menyeimbangkan Hormon

Beberapa titik-titik akupunktur di kaki membantu menyeimbangkan kinerja hormon dalam tubuh kita, sehingga daya kerja hormon tidak menstimulasi terjadinya obesitas ini.

2. Akupunktur Melepaskan Morfin Alami Yang Dapat Menghilangkan Stres

Saat titik akupunktur distimulasi, maka akan mengeluarkan beta endorfin dalam tubuh. Beta Endorfin adalah morfin alami dalam tubuh yang membantu menghilangkan stres. Morfin alami ini tidak berbahaya karena terdapat dalam tubuh kita sendiri.

Jika masalah hormon dan masalah psikologis sudah terbantu dengan terapi akupunktur, maka untuk menjalani program diet akan sangat menyenangkan, karena hasil penurunan berat badan dapat lebih cepat terlihat.

Memang untuk menurunkan berat badan dengan terapi akupunktur ini memerlukan proses dan tidaklah bersifat instan. Penurunan berat badan akan terjadi secara bertahap dan biasanya langsung dalam dirasakan setelah terapi 1 kali saja.

Terapi akupunktur ini sangat aman, efektif, dan jika diet makanan seimbang dengan kebutuhan kalori hasilnya akan bertahan lama.

Jika Anda ingin hasil yang sangat instan, pilihannya adalah Liposuction atau sedot lemak. Setelah operasi sedot lemak selesai, maka langsung dapat terlihat hasilnya saat itu juga. Saran Saya, untuk melakukan Liposuction , Anda harus berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik.

Terapi Radiofrequency untuk menurunkan berat badan dapat juga dilakukan, namun jika tidak dibarengi dengan diet, berat badan dapat naik lagi. Radiofrequency biasanya digunakan untuk membakar lemak pada area tertentu, misalnya perut.

Terapi Radiofrequency bisa dikombinasikan dengan akupunktur.

Obat dan Herbal penurun berat badan memang marak beredar. Sebagian obat-obatan dan herbal ampuh untuk menurunkan berat badan namun hasil berbagai studi penelitian menunjukan bahwa pasien yang menggunakan obat penurun berat badan hanya mengalami penurunan berat badan 10% saja jika tidak dibarengi oleh diet, olahraga, perubahan perilaku, atau akupunktur.

Inilah informasi tentang Terapi Akupunktur Untuk Menurunkan Berat Badan. Semoga bermanfaat.








You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.