Tahap Membersihkan Wajah Yang Benar

by - April 14, 2016

cara cuci muka yang benar

Blog dr.Dini - Cleansing adalah prosedur pembersihan wajah yang dipakai pertama kali dan yang paling penting pada saat kita akan melakukan treatment kecantikan wajah yang berikutnya, Bunda. Apa pun perawatan wajah yang akan kita lakukan baik di rumah maupun di salon/klinik kecantikan, selalu diawali dengan cleansing.

Cleansing sangat penting karena di samping fungsinya yang membersihkan wajah dari kotoran atau sisa produk kecantikan yang menempel pada wajah, cleansing juga sangat mempengaruhi efektifnya penyerapan serum atau moisturizer yang diaplikasikan pada wajah.


Cleansing paling sedikit dilakukan 2 kali sehari, idealnya dengan menggunakan :
  1. Cleansing cream/milk/lotion (susu pembersih wajah)
  2. Facial wash
  3. Toner
Inilah Tahap Membersihkan Wajah Yang Benar :



1. MAKE-UP REMOVER

Sebaiknya gunakan make-up remover sebelum melakukan cleansing bagi Bunda yang menggunakan make-up.

2. CLEANSING MILK/LOTION/CREAM

Melakukan pembersihan wajah yang terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering dan sensitif. Maka sebaiknya lakukan pembersihan wajah 2 kali sehari saja atau dapat ditambah frekuensinya setelah melakukan pekerjaan yang sangat berdebu atau berkeringat.


Pada umumnya bahan dasar cleanser ini adalah emulsi minyak dan air dengan bahan aditif seperti parfum atau deterjen (pada facial foam).

Produk Cleanser yang lebih banyak mengandung minyak daripada air (water in oil emulsions) atau biasa disingkat w/o, membentuk produk susu pembersih yang kental, creamy.

Sedangkan, produk cleanser yang banyak mengandung air dibandingkan minyak ( oil in water emulsions ) atau disingkat o/w biasanya produk pembersih berupa cairan, yang lebih encer dan ringan.

Setelah melakukan cleansing dengan clenasing milk/lotion/cream atau kita biasa menyebutnya susu pembersih, kita akan melanjutkan tahap cleansing selanjutnya yaitu dengan facial wash/ facial foam.

3. FACIAL WASH

Facial wash yang baik adalah yang sedikit mengandung deterjen. Banyak Bunda kita yang menyukai busa sabun wajah yang banyak, karena semakin banyak busa akan semakin bersih wajah kita. Itu tidak benar.


Yang benar sabun wajah yang baik adalah sabun wajah yang membersihkan, melembabkan, tidak mengiritasi kulit, tidak mengandung parfum, dan tidak mengandung banyak deterjen.

Air yang digunakan untuk mencuci wajah yang paling baik adalah air hangat-hangat kuku atau yang suhunya menyerupai suhu ruangan, tidak terlalu hangat, atau terlalu dingin, apalagi terlalu panas.

Karena air yang terlalu dingin atau terlalu hangat dapat mengiritasi kulit bahkan dapat mempengaruhi pembuluh darah kecil (kapiler).Perbedaan suhu yang ekstrem antara kulit kita dengan air dapat mengiritasi, menyebabkan reaksi peradangan (kemerahan), membuat kulit kering, dan meyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil.

4. TONER

Toner berguna untuk mendinginkan dan menyegarkan kulit wajah setelah wajah selesai dibersihkan dengan make up remover, cleansing milk, dan facial wash.

Sebenarnya istilah Toner yang Saya kenal adalah penyegar yang diformulasikan khusus untuk kulit yang kering. Toner mengandung air dan humectant seperti gliserin untuk menarik air, sehingga akan memberikan kelembaban pada kulit, mengurangi penguapan air , dan mengembalikan kadar PH kulit.

Penyegar untuk kulit berminyak disebut Astringent. Astringent adalah Toner yang lebih keras , banyak mengandung alkohol , dengan kegunaannya untuk membantu mengangkat minyak yang tersumbat dalam pori-pori, agar tidak menyebabkan pori-pori wajah yang besar.

Astringent cocok untuk kulit yang berminyak. Di samping dapat membersihkan minyak yang tertinggal meskipun setelah cuci muka, Astringent biasanya berfungsi sebagai pembunuh bakteri.

Penyegar untuk kulit sensitif adalah skin bracers atau Refresher. Kandungan yang paling sering adalah air mawar. Konsentrasi alkohol pada refresher sangat rendah sehingga kurang efektif untuk mengangkat minyak/lemak. Biasanya refresher ditambahkan zat lain yang berfungsi menghaluskan kulit seperti ekstrak chamomile dan allantoin.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.
 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.