Suami mengalami Varikokel ?

by - April 14, 2016

varikokel, varicocele

Blog dr.Dini - Bunda, apakah suami mengalami varikokel ? Ini yang patut Bunda ketahui ketika suami mengalami varikokel.

Varikokel adalah sebuah kelainan pembuluh darah balik (vena pada pleksus pampiniformis) yang berhubungan dengan testis, dimana kelainan tersebut dapat berupa vena memanjang, memendek, melebar atau berkelok-kelok, menyebabkan aliran darah tidak lancar di daerah sekitarnya.

Varikokel ini terdapat pada pria sebanyak 15%.

Kebanyakan Varikokel tidak menimbulkan gejala. Namun pada beberapa individu, Varikokel dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri kantong skrotum. Nyeri akibat Varikokel dapat ringan sampai berat, timbul saat aktivitas, dan berkurang saat berbaring.



Varikokel tidak mempengaruhi saluran kemih dan fungsi ereksi , namun mempengaruhi infertilitas pada pria. Didapatkan 21-41% pria dengan infertilitas (kemandulan) ternyata menderita Varikokel.

Salah satu pengobatan Varikokel adalah dengan pembedahan. Selain karena mandul, biasanya keluhan penderita Varikokel adalah nyeri hebat, sehingga diputuskan untuk dioperasi.

Keberhasilan pembedahan terbilang baik. Setelah pembedahan, peningkatan volume testis dan kualitas semen meningkatkan 50-80% , dengan keberhasilan kehamilan sebesar 20-50%.

Namun operasi Varikokel dapat gagal atau mengalami kekambuhan sebanyak 5-20%.

Varikokel dapat disebabkan oleh berbagai faktor namun faktor genetik tampaknya memegang peranan. Orang tua yang mengalami Varikokel cenderung menurunkan sifat pembuluh-pembuluh darah yang mudah melebar pada anaknya.

Suhu yang tinggi di sekitar skrotum akan menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya melebar dan memudahkan terjadi Varikokel. Suhu yang tinggi ini dapat akibat dari pemakaian celana ketat dengan bahan yang kurang berpori. Selain itu meletakan alat elektronik di sekitar skrotum, misalnya Handphone atau Laptop, dapat meningkatkan suhu .

Saat Varikokel terjadi, peningkatan suhu dapat muncul pada testis menyebabkan proses pembentukan sperma terganggu (spermatogenesis), sehingga menyebabkan kemandulan pada suami.

Biasanya pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat juga mempengaruhi timbulnya Varikokel, misalnya aktivitas mengangkat beban berat atau supir traktor, dapat menimbulkan terjadinya Varikokel.

Jika suami Bunda mengeluh sakit pada daerah kantong skrotum atau terlihat gambaran pembuluh darah yang berkelok-kelok atau membesar, segera hubungi Dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menentukan apakah keluhan tersebut Varikokel atau bukan.

Selain itu, Pemeriksaan penunjang lain yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosa Varikokel ini adalah Angiografi/Venografi, USG, MRI, CT Scan, atau Nuclear Imaging.

Semoga bermanfaat, ya, Bunda.







You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.