Sirih Untuk Kecantikan

by - April 14, 2016

sirih untuk acne, sirih untuk jerawat, betle leaves for acne

Blog dr.Dini - Bunda, siapa sih yang tidak kenal dengan daun sirih ? Daun dengan nama latin Piper betle ini merupakan tanaman asli Indonesia, yang tumbuh merambat pada batang pohon lain.

Nenek moyang kita mempunyai budaya untuk mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang, tembakau, dan kapur.

Belakangan, kebiasaan nenek moyang kita ini dikaitkan dengan angka kejadian penyakit kanker mulut "Squamous Cell Carcinoma" yang ganas.

Namun Dr.Kamala Krishaswamy, The President of Nutrition Society of India, mengatakan bahwa penggunaan daun sirih tanpa campuran apa-apa, tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Yang menimbulkan kanker itu jika penggunaannya dicampur dengan tembakau.

Beliau juga mengatakan bahwa daun sirih merupakan sumber yang baik bagi kalsium, karoten, zat besi, yang sangat membantu dalam proses penyerapan makanan dalam saluran cerna.

Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Minyak atsiri dari daun sirih dapat membunuh kuman, bersifat antioksidan, dan bersifat fungisida (anti jamur).
Sirih dapat juga menghilangkan bau badan dan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Sirih dapat menghentikan perdarahan. Inilah alasan kenapa orang tua kita menggulung daun sirih dan meletakkan pada lubang hidung seorang anak yang mengalami mimisan (epistaksis).

Daun sirih juga dapat mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan yang abnormal, seperti telah kita ketahui, Bunda,  bahwa keputihan dapat terjadi karena proses tubuh yang normal atau karena penyakit.


Selain masalah kesehatan, daun sirih juga dapat mengatasi masalah kecantikan loh.

Kandungan antioksidan dan flavonoid alami yang terkandung dalam daun sirih sangat bermanfaat bagi kulit.

Daun sirih mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga wajah yang kasar dan kusam akibat penumpukan keratin, dapat kembali halus dan bersinar.

Banyak penelitian yang telah dilakukan mengenai manfaat daun sirih ini bagi kesehatan dan kecantikan.

Daya kerja daun sirih bagi kecantikan kulit pernah diteliti oleh University of Calcutta, yang mengungkapkan bahwa daun sirih mempunyai efek mencegah proses degenerasi (kerusakan) sel.

Daun sirih juga pernah diteliti oleh Jawarharlal Nehru University, Delhi, yang mengungkapkan bahwa daun sirih memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit.
 
Inilah Cara Penggunaan Daun Sirih Untuk Kecantikan : 

1. Merebus kurang lebih 10 helai daun sirih dengan 1 liter air.

Membasuh wajah setiap malam sebelum tidur dengan air hangat rebusan daun sirih dapat mengatasi kulit wajah yang kusam dan kasar akibat penumpukan keratin (sel-sel kulit yang mati), mengatasi kulit berminyak, dan menghilangkan jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, daun sirih dapat direbus dengan mencampurkan garam sebanyak 2 sendok teh. Jerawat biasanya akan mengering dan mengelupas jika perawatan ini rutin dilakukan.

2. Menumbuk daun sirih dan menjadikannya sebagai masker.

Campurkan daun sirih yang telah halus dengan madu secukupnya lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan wajah.

Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu selama 1 bulan. Maka kulit wajah terasa lebih halus dan bersinar.

3. Meminum air rebusan daun sirih.

Meminum air rebusan daun sirih dua kali sehari pada pagi dan malam hari dapat mengatasi kulit yang berjerawat.
 
Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.