Sejarah Akupunktur Medik di Indonesia

by - April 14, 2016

akupunktur medik

Blog dr.Dini - Praktik akupunktur medik saat ini sangat berkembang luas di masyarakat. Terapi akupunktur diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit dengan efek samping yang minimal.

Akupunktur berasal dari kata accus yang berarti jarum dan puncture yang berarti penusukan. Metode pengobatan akupunktur ini dilakukan dengan penusukan pada titik-titik akupunktur di permukaan tubuh.

Akupunktur sudah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu di Cina sebagai bagian dari TCM (Traditional Chinese Medicine). Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, akupunktur berkembang di kalangan kedokteran, yaitu Akupunktur Medik yang berlandaskan neuroscience ( medical principle and evidence based).

Akupunktur medik merupakan ilmu akupunktur yang berkembang dari ilmu akupunktur klasik di mana penerapan dan dasar pemikirannya secara biomedik yang meliputi neuro-endokrin imunologi.
Berbagai penelitian dan penerapan akupunktur medik banyak dilakukan di Cina, negara asal akupunktur, dan di negara-negara Barat yang merupakan promotor penelitian akupunktur secara biomedik.

Di Indonesia juga sudah diterapkan ilmu akupunktur medik, dengan salah satunya terdapat program pendidikan dokter spesialis akupunktur medik di FKUI-RSCM.

Di Indonesia akupunktur mulai dikenal pada institusi kesehatan formal dengan ditetapkannya RS Dr Cipto Mangunkusumo oleh Menteri Kesehatan sebagai Pilot Proyek Penelitian dan Pengembangan Ilmu Akupunktur oleh Departemen Kesehatan pada tahun 1963.

Pendidikan Ilmu Akupunktur diberikan oleh tim pengajar Dokter Ahli Akupunktur RRC yang pada waktu itu mengobati Presiden Sukarno kepada para dokter dari berbagai bagian FKUI/RSCM (a.l. Penyakit Dalam, Saraf, Anak, THT, dll). Untuk memberikan pelayanan akupunktur kepada masyarakat kemudian dibentuk Sub Bagian Akupunktur Bagian Penyakit Dalam FKUI/RSCM dengan dipimpin oleh Prof. Dr. Oei Eng Tie.

Selanjutnya berkembang menjadi Bagian Akupunktur, saat ini menjadi Departemen Akupunktur. Sebagai salah satu Departemen Medik di RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Departemen Akupunktur memberikan pelayanan maupun konsultasi dengan berdasarkan prinsip medik dan evidence based.

Sejak tahun 1967 Departemen Kesehatan mengirimkan dokter-dokter dari instansi pemerintah dan swasta untuk mengikuti pendidikan keahlian akupunktur di RSCM.

Pada tahun 2003 dalam Muktamar IDI XXV ditetapkan bahwa Dokter Ahli Akupunktur lulusan RSCM setara dengan dokter spesialis lainnya. Kolegium Kedokteran Indonesia telah menetapkan pula adanya Dokter Spesialis Akupunktur Medik dengan singkatan Sp.AK.

Inilah Sejarah Akupunktur Medik di Indonesia. Semoga bermanfaat.


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.