Sarang Burung Walet : Nilai Nutrisi, Manfaat, dan Cara Mengolah di Rumah

by - April 14, 2016

sarang burung waletcara mengolah sarang burung walet

Web Bunda - Bunda, sarang burung walet masih merupakan suplemen termahal di dunia, di mana harga per kilo nya untuk grade SSSS sekitar 18 juta, sedangkan untuk produk sarang burung walet hancuran harga per kilonya sekitar 6 juta.


Sarang burung walet dibuat dari air liur burung walet (Collocalia vestita) di mana sarangnya ini berguna untuk bertenggernya burung walet.



Burung walet hidup dalam ruangan gelap misalnya gua di daerah pantai, dan dapat dibudidayakan oleh manusia dengan membangun rumah besar yang kosong dengan jendela berukuran kecil tempat keluar masuknya burung walet.




NILAI NUTRISI SARANG BURUNG WALET


Sebuah penelitian di Thailand menemukan nilai nutrisi yang terkandung dalam sarang burung walet yang ada di Thailand.


Sarang burung walet mempunyai nilai nutrisi utama di antaranya :

  1. Protein sebanyak 61-66,9% dengan asam amino esensial sebanyak 15,9-31,6 mg / gram protein. Asam amino yang mengandung sulfur yang terdapat dalam sarang burung walet adalah metionin dan sistein. Sedangkan asam amino lainnya adalah glutamin.
  2. Karbohidrat sebanyak 25,4-31,4%.
  3. Mineral natrium, kalsium, magnesium, kalium, dll.

WHO (World Health Organization) merekomendasikan sarang burung walet sebagai sumber nutrisi yang baik untuk asupan asam amino esensial metionin dan sistein.


Asam amino esensial adalah asam amino yang diperlukan oleh tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Jadi kita harus mengkonsumsinya dari luar.


MANFAAT SARANG BURUNG WALET


Dalam TCM (Traditional Chinese Medicine), sarang burung walet sudah dikonsumsi untuk pengobatan sejak zaman dahulu, saat masih berdiri Dinasti Yuan, kerena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.


Jika diberikan pada orang yang sedang sakit akan mempercepat penyembuhan penyakitnya.


Sarang burung walet menjadi obat herbal termahal karena proses panen sarang burung walet yang sulit dan begitu banyak diminati orang, akhirnya jumlah sarang burung walet relatif "jarang" dan relatif "sulit' ditemukan.


Manfaat sarang burung walet yang dipercaya adalah :


1. Dalam TCM, sarang burung walet yang dikonsumsi oleh anak-anak secara rutin dapat meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anak-anak menjadi jarang sakit.


2.  Sarang burung walet berfungsi untuk memperbaiki nafsu makan, memperbaiki fungsi pencernaan, dan memperlancar pembuangan usus besar.


3. Sarang burung walet dipercaya bisa memperbaiki kerusakan lapisan epidermis kulit sehingga berguna juga untuk mencegah penuaan dini.


4. Sarang burung walet digunakan untuk pengobatan batuk kronis dan asma.


5. Untuk berbagai penyakit, sarang burung walet digunakan untuk memicu pertahanan tubuh untuk melawan penyakit tersebut.


Berbagai manfaat sarang burung walet ini, sayangnya belum evidence based medicine. Mengingat nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya banyak pula ditemukan juga pada sumber protein yang lain, masih dipertanyakan dimanakah letak keistimewaan sarang burung walet.


Manfaat sarang burung walet ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya melawan penyakit meskipun sudah jelas nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan.


CARA MENGOLAH SARANG BURUNG WALET DI RUMAH


Sarang burung walet harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah dengan cara :

  1. Cuci sarang burung walet dengan air yang mengalir,
  2. Lalu rendam sarang burung walet selama 1 jam,
  3. Bersihkan bulu-bulu dan kotoran yang masih menempel pada sarang burung walet,
  4. Bilas sampe bersih, baru kemudian bisa diolah.

Setelah bersih sarang burung walet bisa dipotong-potong kecil atau dibiarkan panjang. Namun, lebih mudah untuk memakannya dalam potongan kecil.


Menurut Saya, sarang burung walet terasa seperti rumput laut, hanya saja dengan tekstur yang lebih lunak. Warnanya transparan dan tidak ada rasa. Biasanya, Saya menambahkan sedikit gula pasir untuk perisa.


Sarang burung walet lebih baik dikonsumsi pada saat perut kosong, misalnya ketika sarapan pagi, saat perut benar-benar kosong, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat terserap sempurna oleh saluran pencernaan kita.


Bagi sebagian orang, rasanya aneh untuk memakan air liur burung walet, namun percaya pada khasiatnya, kita dapat menyiasatinya dengan cara membuat bubur nasi yang dicampur sarang burung walet.


Saya membuatnya dengan cara merebus air terlebih dahulu sampai mendidih lalu masukkan beras yang sudah dibersihkan sampai menjadi bubur, setelah itu masukkan sarang burung walet yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil.


Bubur nasi campur sarang burung walet diberi gula sedikit untuk menambah selera. Kira-kira memasak sarang burung walet jangan sampai mendidih, karena pada suhu 100 derajat celcius, diperkirakan sebagian nutrisinya akan rusak.


Sarang burung walet grade SSSS yang Saya sebutkan di atas adalah sarang burung walet premium dengan warna paling putih. Warna yang keabu-abuan, hitam, atau merah disebutkan terjadi karena oksidasi lingkungan dan paparan zat kimiawi.


Berhati-hatilah saat mengkonsumsi sarang burung walet, Bunda, karena pada sebagian orang dapat menimbulkan alergi. Dan lagi, sebaiknya jangan memakan sarang burung walet yang berwarna kekuning-kuningan sebab dikhawatirkan sarang burung walet tersebut sudah terkontaminasi oleh jamur.


Semoga bermanfaat, ya, Bunda.




You May Also Like

1 komentar

  1. Apakah bapak ibu menjual sarang walet dalam bentuk kotor dan bersih? sudi kiranya menghubungi saya.
    Terima Kasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.