Perkembangan Janin Minggu Ke-1 Sampai Minggu Ke-12

by - April 20, 2016


janin 6 minggu
image : en.wikipedia.org - Janin minggu ke-6
Blog dr.Dini - Kehamilan adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi setiap Bunda. Saat pemeriksaan USG dilakukan, kita selalu tidak sabar untuk melihat perkembangan bayi kita di dalam sana. 

Nah, inilah perkembangan janin saat kehamilan berusia 1 minggu sampai 12 minggu.


PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-1


Pada usia kehamilan minggu pertama, perkembangan janin belum dapat dijabarkan, karena usia kehamilan dihitung mulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Minggu ke-1 usia kehamilan adalah saat di mana Bunda tengah mengalami haid pada hari pertama.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-2


Setelah masa haid berakhir, biasanya selama 7 hari, biasanya masa subur (ovulasi) terjadi 2 minggu sebelum periode haid berikutnya. Meskipun demikian, pembuahan bisa terjadi kapan saja, tergantung keajaiban.

Pada minggu kedua ini jika keajaiban terjadi bisa terjadi pembuahan. Pembuahan adalah saat di mana satu sperma, di antara berjuta-juta sperma yang masuk ke dalam saluran telur (tuba falopi), berhasil membuahi sel telur yang telah matang.

Sperma yang berhasil memasuki sel telur mengeluarkan suatu zat biokimiawi yang berperan untuk mencegah sel sperma yang lain untuk masuk ke dalam sel telur.

Sperma yang masuk dalam sel telur ini akan melebur dan mengeluarkan kode genetik yang dibawanya termasuk kode genetik untuk pembentukan jenis kelamin. 

Kode genetik x untuk jenis kelamin perempuan dan kode genetik y untuk jenis kelamin laki-laki.

Sperma dan sel telur akan membentuk zigot yang terus menerus membelah membentuk suatu kumpulan sel yang berbentuk seperti anggur, disebut morula. Morula terus bergulir berjalan dari saluran telur menuju ke dinding rahim (endometrium).

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-3


Pada minggu ke-3 tepat 7 hari setelah pembuahan (fertilisasi) terjadi, morula berhasil sampai di endometrium (dinding rahim). Morula terus menerus membelah menjadi ratusan sel bernama blastokista. Dan saat blastokista terbentuk, masa haid akan terhenti, sementara selama kehamilan.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-4


Pada minggu ke-4, blastokista berubah menjadi calon bayi bernama embrio dan struktur penyokong embrio. Embrio ini mempunyai 3 lapisan yang nantinya akan berkembang menjadi organ-organ.
Embrio membentuk lapisan endoderm, mesoderm, dan ektoderm. 

Lapisan endoderm adalah lapisan terdalam, nantinya membentuk organ pankreas, paru-paru, saluran pencernaan, dan hati.

Lapisan mesoderm adalah lapisan yang terletak di tengah-tengah yang nantinya akan membentuk orgen jantung dan pembuluh darah, tulang, otot, dan ginjal.

Lapisan ektoderm adalah lapisan paling luar yang nantinya membentuk sistem saraf, lensa mata, rambut, kulit, dan email gigi.

Pada minggu ke-4, embrio yang terbentuk akan menghasilkan hormon kehamilan yaitu HCG (Human Chorionic Gonadothropin) yang memberikan hasil positif jika Bunda melakukan tes urin.

Jika Bunda merasakan adanya kehamilan dan belum mendapatkan hasil positif pada testpack, jangan khawatir, mungkin itu terjadi karena produksi hormon HCG belum memadai untuk memberikan hasil positif pada testpack. Cobalah melakukan tes urin kembali 2 minggu kemudian.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-5


Janin membentuk neural tube pada minggu ke-5. Neural tube atau yang disebut sebagai tabung saraf terbentuk pada punggung janin. Tabung saraf bagian atas nantinya akan membentuk otak dan bagian bawah membentuk tulang belakang.

Bagian tengah janin membentuk tonjolan organ jantung dan aorta (pembuluh darah).

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-6


Tabung saraf yang terbentuk pada minggu ke-5 akan menutup pada kehamilan minggu ke-6. Pada bagian kepala janin, terbentuk sepasang pigmen mungil kanan dan kiri, yang membentuk vesicle opticus yang nantinya menjadi organ mata.

Jantung janin mulai berdenyut pada minggu ini dan akan terus berdetak sampai akhir hayat. Bunda dapat melihat denyut janin berdetak pada pemeriksaan USG. 

Jika pada pemeriksaan USG abdominal (dari perut) belum terlihat denyut jantung janin ini, maka dengan pemeriksaan USG transvaginal pastinya dapat jelas terlihat. Momen ini sangat membahagiakan bagi para orang tua, mengetahui denyut jantung janin positif adanya.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-7


Perubahan fisik janin sudah jelas pada minggu ke-7 ini. Saat ini terbentuk wajah, tubuh, tangan, dan kaki bayi. Bahkan tangan janin telah dapat dibedakan antara struktur lengan dan bahu.
Tulang ekor yang sudah terbentuk pada minggu ke-6 kehamilan akan lebih jelas terlihat pada minggu ke-7, meskipun nantinya tulang ekor ini akan menyusut dan menghilang pada usia kehamilan minggu ke-10.

Saluran pencernaan mulai jelas terlihat dengan adanya perkembangan usus bagian depan. Paru-paru janin juga mulai berkembang. Pigmen mungil yang nantinya akan berkembang menjadi organ mata kini lebih jelas terlihat.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-8


Calon jari-jari tangan dan jari-jari kaki mulai terbentuk pada minggu ke-8. Lengan mulai fleksi (melekuk) pada bagian siku dan pergelangan tangan. Pada wajah janin sudah membentuk calon ujung hidung, bibir atas, kelopak mata, dan daun telinga. 
Terlihat sistem pencernaan janin di mana terbentuk usus halus yang panjang, bahkan usus halus dapat menjulur hingga ke tali pusat karena rongga perut janin tidak cukup untuk menampungnya. Keadaan ini disebut sebagai hernia fisiologik.

Hambatan perkembangan janin yang terjadi pada minggu ini dapat menyebabkan terjadinya hernia umbilikalis bawaan.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-9


Punggung janin yang melengkung sebelumnya kini agak tegak meskipun posisi kepala janin masih menekuk ke arah dada. Jari-jari tangan bayi sudah terpisah satu sama lain. Calon mata bayi sudah berkembang lebih lanjut namun masih tertutup membran.
Otot-otot janin telah berkembang pesat dan pada pemeriksaan USG tampak pergerakkan janin.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-10


Organ-organ yang sudah terbentuk yaitu hati, paru-paru, gunjal, usus, dan otak mulai berfungsi dan  saling berhubungan. Buah hati bunda sudah tampak seperti manusia yang mungil dengan perkembangan otak yang sangat pesat.

Panjang buah hati bunda pada minggu ke-10 ini berkisar antara 32 mm - 43 mm dengan berat badan rata-rata 4 gram. 

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-11


Pada usia kehamilan minggu ke-11, berarti usia janin kira-kira 9 minggu, panjang badannya kira-kira 41 mm- 53 mm dengan berat 7-13 gram. Di usia ini, rambut dan kuku buah hati bunda sudah mulai tumbuh.

Bayi sudah mulai bergerak secara aktif. Posisi buah hati bunda masih bebas berputar-putar karena ukuran tubuhnya masih mungil. Perkembangannya sangat pesat minggu ini. Perkembangan telinga, dagu, hidung sudah hampir terbentuk sempurna. 

Organ reproduksi sudah berkembang namun pada usia kehamilan minggu ke-11, jenis kelamin janin masih belum jelas terlihat.

PERKEMBANGAN JANIN MINGGU KE-12


Saat ini, sang buah hati mempunyai panjang kira-kira 5,4 -7,3 cm dengan berat badan 14-22 gram. Jari-jari kaki dan tangan buah hati bunda kini sudah benar-benar terpisah. Wajah bayi juga sudah terbentuk sempurna, seperti hidung, kelopak mata, telinga, dan dagu.
Makin hari bayi bunda makin membesar. Aktivitas pergerakkannya juga semakin sering seperti menendang, menggerak-gerakkan tangan, seiring bertambahnya denyut jantung janin.

Usus yang tadinya masih keluar ke tali pusat, kini sepenuhnya sudah berada dalam rongga perut bayi. 

Demikianlah perkembangan janin minggu ke-1 sampai minggu ke-12.  


Semoga bermanfaat.



You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.