Pengobatan Vitiligo Dengan Akupunktur

by - April 14, 2016

Blog dr.Dini - engobatan vitiligo dengan akupunktur adalah evidence based medicine. Sudah banyak pasien vitiligo disembuhkan dengan terapi akupunktur.



Salah satu evidence based medicine yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Cipto Mangunkusumo Jakarta oleh Slamat F, 1984 adalah dari 40 orang pasien vitiligo yang diterapi akupunktur didapatkan hasil perbaikan pada 90% pasien, berupa perubahan warna kulit dan timbulnya pulau-pulau pigmen melanin.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan vitiligo?

Vitiligo adalah penyakit kulit yang ditandai dengan adanya bercak-bercak putih (bukan panu) yang sangat tegas, yang dapat meluas ke seluruh tubuh, disebabkan oleh kekurangan pigmen melanin dalam kulit.

Vitiligo disebut-sebut mempunyai hubungan yang erat dengan penyakit gangguan imun, diabetes melitus, anemia pernisiosa, yang pada keadaan tersebut terjadi perusakan atau disfungsi (tidak berfungsinya) sel melanosit, sel pembentuk pigmen melanin (pembentuk warna pada kulit).
Penyebab terjadinya vitiligo masih belum diketahui.

Faktor genetik dan gangguan autoimun merupakan faktor risiko terjadinya vitiligo. Dan karena faktor genetika dan penyakit autoimun tidak dapat disembuhkan, akupunktur bisa menjadi pilihan, dan terbukti kelainan kulit akibat vitiligo hilang bila rutin menjalani terapi akupunktur.

Mengapa pengobatan vitiligo dengan akupunktur menjadi pilihan?


Sudah banyak evidence based medicine yang membuktikan secara klinis bahwa akupunktur dapat menghilangkan vitiligo.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Zhang Q pada 80 orang pasien vitiligo selama 3-10 hari, didapatkan hasil  1 orang sembuh, 5 pasien perbaikan 50%, 10 pasien perbaikan parsial.

Tentu saja, angka perbaikan vitiligo tidak begitu fantastis pada penelitian Zhang Q karena pasien vitiligo masih membutuhkan terapi akupunktur yang lebih panjang.

Pada beberapa kasus, vitiligo samar-samar, warna kulit hampir merata, setelah pasien menjalani terapi akupunktur 2 kali seminggu, atau 3 hari sekali, selama 2 minggu pertama , dan kulit mengalami repigmentasi total, warna kulit normal, setelah 6 bulan akupunktur.

Bagaimana mekanisme kerja akupunktur untuk pengobatan vitiligo?


Pada saat dilakukan pengobatan vitiligo dengan akupunktur, penusukan jarum meregulasi sistem imun sehingga aktivitas dari sel Limfosit T dalam keadaan stabil. Untuk penyakit autoimun yang mendasari vitiligo, hal ini sangat berpengaruh.

Perlu diketahui, penyakit autoimun adalah penyakit yang ditimbulkan akibat sel imun (daya tahan tubuh) seseorang menyerang sel tubuhnya sendiri.

Dengan akupunktur, aktivitas sel imun menjadi stabil, dengan kata lain tidak menyerang sel tubuhnya sendiri, sehingga timbulnya vitiligo dapat dihentikan, dikurangi, sampai dihilangkan.

Selain menghentikan aktivitas sel imun yang menyerang sel tubuh sendiri, pengobatan vitiligo dengan akupunktur menjadi efektif, karena akupunktur mempengaruhi proses repigmentasi (pewarnaan kulit kembali) pada kulit yang vitiligo dan mencegah pembentukan vitiligo baru.

Akupunktur mempengaruhi proses pembentukan melanin menjadi normal.

Berapa lama pengobatan vitiligo dengan akupunktur ini dilakukan?


Akupunktur dilakukan 2 kali seminggu selama 12 sesi terapi, kemudian istirahat selama 1 bulan, lalu mulai terapi akupunktur kembali sampai warna kulit normal dan merata.

Pada beberapa pasien, vitiligo hilang setelah 12 sesi akupunktur namun pada pasien yang lainnya pengobatan vitiligo dengan akupunktur baru berhasil selama 6 bulan.

Hasil yang didapatkan pada tiap orang berbeda. Nilai keberhasilan pengobatan vitiligo dengan akupunktur ini juga sangat variatif. Meski demikian sebagian besar pengobatan vitiligo dengan akupunktur ini memberikan keberhasilan terapi yang memuaskan.

Inilah artikel Pengobatan Vitiligo dengan Akupunktur. Semoga bermanfaat.


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.