Menarik ! Program Pasca Sarjana Kedokteran Anti Aging Medicine

by - April 14, 2016


Blog dr.Dini - Mungkin Anda pernah mendengar bahwa ada program pasca sarjana kedokteran dengan jurusan Anti Aging Medicine di Indonesia.

Jurusan Anti Aging Medicine ini tergolong baru dan tidak semua universitas menyelenggarakan program pendidikan S2 jurusan ini. Sejauh yang Saya tahu, program pasca sarjana Anti Aging Medicine diselenggarakan di Universitas Udayana Bali, Universitas Padjajaran Bandung, dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Dari namanya, tentu saja jurusan ini sangat menarik, bukan? Saya sendiri sangat tertarik dan berminat sekolah lagi mengambil jurusan ini # Mudah-mudahan ada kesempatan, Amin.

Kita kenalan yuk dengan Anti Aging Medicine yang oke banget ini.

Kita patut berbangga bahwa Indonesia adalah negara pertama di dunia yang menghadirkan program studi kedokteran Anti Aging Medicine ini.  Universitas Udayana Bali mendirikan program magister Anti Aging Medicine pada tahun 2007.

Pendiri program studi ini adalah Prof.Dr.dr.Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, yang saat ini menjabat sebagai ketua pusat studi Anti Aging Medicine Universitas Udayana Bali.

Untuk prakarsanya, mendirikan program studi Anti Aging Medicine di Indonesia, Prof.Dr.dr.Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS mendapat piagam penghargaan rekor dunia dari  MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Demikian pula, Universitas Udayana telah menerima piagam rekor dunia sebagai universitas pertama di dunia yang menyelenggarakan program magister Anti Aging Medicine.

Program studi Anti Aging Medicine di Indonesia didirikan dengan dukungan dari American Academy of Anti Aging Medicine (AAAAM) dan European Society For Regenerative and Anti Aging Medicine (ESAAM).

 Selain program S2, di Universitas Udayana juga terdapat program Doktoral untuk jurusan Anti Aging Medicine ini loh.

Gelar Doktoral Anti Aging pertama di Indonesia diraih oleh Dr.dr.AA.GP.Wiraguna, SpKK (K).

Dari nama jurusannya, terbayang betapa menariknya tema perkuliahan yang diberikan. Anti Aging Medicine mencakup ilmu tentang anti penuaan yang erat kaitannya dengan kecantikan, diet (gizi), olahraga, terapi genetika, terapi hormon, dan seksologi.

Sebenarnya penuaan adalah hal yang alamiah terjadi pada setiap manusia, namun bukan berarti suatu proses penuaan menurunkan kualitas hidup kita.

Dan, ternyata proses penuaan itu tidak terjadi secara tiba-tiba, namun melalui berbagai tahapan, sehingga kita memiliki kesempatan untuk menghambatnya, misalnya dengan mengatur menu diet yang sehat dan perawatan wajah dengan pelembab dapat menghambat terjadinya penuaan.

Cepat lambatnya penuaan dipengaruhi oleh genetika/keturunan (30%) dan 70% dipengaruhi oleh gaya hidup.

Di sinilah peran adanya ilmu Anti Aging Medicine ini, untuk mengatur gaya hidup dan menangani kondisi-kondisi tertentu yang berkaitan dengan proses penuaan.

Semoga Ilmu Kedokteran Anti Aging ini berkembang terus di Indonesia.

Inilah informasi tentang Menarik ! Program Pasca Sarjana Kedokteran Anti Aging Medicine. Semoga bermanfaat.











You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak. Untuk mendapatkan kunjungan balik, silakan gunakan Name/URL. Komentar akan dipublikasi setelah dimoderasi. Komentar berupa link aktif atau spam tidak akan muncul.

Recommended for You

loading...
Copyright 2017.Blog dr.Dini.All Right Reserved. Powered by Blogger.